Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Flash Card Siswa Kelas V SDN Pedurungan Kidul 01 Semarang

Authors

  • Ayu Tri Ambarwati Universitas PGRI Semarang

Keywords:

media flash card, hasil belajar, model problem based learning

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas 5A
Sekolah Dasar melalui media Flash Card dalam pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SDN
Pedurungan Kidul 01. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui dua
siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan (panning), tindakan (acting), pengamatan (observing),
dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian ini adalah 27 siswa kelas 5A SDN Pedurungan Kidul 01.
Teknik pengambilan data meliputi observasi, test dan dokumentasi selama 2 siklus. Teknik analisis data
berupa kuantitatif dan kualitatif. Pada tiap tahap dilakukan perbaikan modul ajar dan media sehingga
dapat diketahui keberhasilan penggunaan media flash card pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila
yang menujukkan adanya peningkatan tiap siklusnya, dilihat dari hasil nilai evaluasi siswa yang telah
melaksanakan eksperimen. Dengan demikian hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas V SDN
Pedurungan Kidul 01 melalui Problem Based Learning berbantuan media flash card mengalami
peningkatan.

References

Agustin, V. N. (2013). Peningkatan

Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa

Melalui Model Problem Based

Learning ( PBL ). 2(4), 36–44

Amir, A. (2016). PENGGUNAAN MEDIA

GAMBAR DALAM

PEMBELAJARAN MATEMATIKA.

Jurnal Eksakta, 2(1), 34–40.

Amir, Z., & Risnawati. (2015). PSIKOLOGI

PEMBELAJARAN MATEMATIKA

(pp. 515–527).

http://repository.uin-

suska.ac.id/10388/1/Psikologi

Pembelajaran Matematika.pdf

Arjanggi, F. D., Sudargo, S., & Kartinah,

K. (2021). Efektivitas Model

Pembelajaran Problem Based

Learning dan Model

Pembelajaran Inkuiri Berbasis

Proyek Terhadap Hasil Belajar

Siswa Kelas VIII SMP. Imajiner:

Jurnal Matematika dan

Pendidikan Matematika, 3(4),

-295.

Depdiknas. (2004). Kerangka Dasar

Kurikulum 2004, Jakarta.

Efendi, Y., & Sa’diyah, H. (2020).

Penerapan Nilai-Nilai Pancasila

Dalam Lembaga Pendidikan. JPK

N

o

Nila

i

Jumla

h

Siswa

Presentas

e

Ket

≥ 70 24 88,8 % Tunta

s

≤ 70 3 11,2 % Belum

Tunta

s

Julmah 27 100 %

Nilai Rata-rata 81

Nilai Terendah 100

Nilai Tertinggi 20

(Jurnal Pancasila dan

Kewarganegaraan), 5(1), 54-65.

Eismawati, E., Koeswanti, H. D., Radia, E.

H., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S.

(2019). Peningkatan hasil belajar

matematika melalui model

pembelajaran problem based

learning ( PBL ) siswa kelas 4 SD.

(2), 71–78.

Faisal, D., Restian, A., & Supradana, A.

(2023). PENINGKATAN HASIL

BELAJAR PENDIDIKAN

PANCASILA MELALUI MODEL

PROBLEM BASED LEARNING

KELAS I SDN TANJUNGSARI 2

KOTA BLITAR DALAM MERDEKA

BELAJAR. Pendas: Jurnal Ilmiah

Pendidikan Dasar, 8(1), 2161-2173

Fitrianingtyas, T., Hudayati, Y. M., &

Untari, R. (2022). Upaya

Meningkatkan Preatasi Belajar IPA

Melalui Pembelajaran Problem

Based Learning ( PBL ) Berbantuan

Media Gambar Kelas IV Sekolah

Dasar. 4(3), 112–118.

Fitriyani, E. dan Nulanda, P.Z. Efektivitas

Media Flash Cards Dalam

Meningkatkan Kosakata Bahasa

Inggris. Psympathic: Jurnal

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W.,

Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi,

N. H. (2022). Relevansi Kurikulum

Merdeka Belajar dengan Model

Pembelajaran Abad 21 dalam

Perkembangan Era Society 5.0.

Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan,

(2), 3011–3024.

https://doi.org/10.31004/edukatif.v

i2.2589

Kurniati, A. (2016). Pengembangan Modul

Matematika Berbasis Kontekstual

Terintegrasi Ilmu Keislaman. Jurnal

Pendidikan Matematika Dan Ilmu

Pengetahuan Alam, 4(1), 43–58.

Lestari, P. A., & Kristiantari, M. G. R.

(2022). Media Gambar Berseri

Berorientasi Problem Based

Learning pada Materi Pendidikan

Pancasila Kelas IV Sekolah Dasar.

(2), 225–233.

Muzayyanahl, A., & Azizahl, M. (2023).

PENINGKATAN HLASIL BELAJAR

MATEMATIKA MATERI

PENGURANGAN MENGGUNAKAN

MEDIA PAPAN BERHLITUNG

PADA PESERTA DIDIK KELAS I SD

NEGERI SAWAHL BESAR

Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD

STKIP Subang, 9(2), 3145-3153.

Muwartono, & Sukidjo. (2015).

PENINGKATAN HASIL BELAJAR

IPS DENGAN MODEL PROBLEM

BASED LEARNING BERBANTUAN

MEDIA STIMULAN GAMBAR. 2(1),

–41.

Nahdiyah, U., Arifin, I., & Juharyanto, J.

(2022). Pendidikan profil pelajar

pancasila ditinjau dari konsep

kurikulum merdeka. Semnas

Manajemen Strategik

Pengembangan Profil Pelajar

Pancasila pada PAUD dan

Pendidikan Dasar, 1(1).

Nugraha, A. J., Suyitno, H., &

Susilaningsih, E. (2017). Analisis

Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau

dari Keterampilan Proses Sains dan

Motivasi Belajar melalui Model PBL.

Journal of Primary Education, 6(1),

–43.

Pramesti, U. D. (2015). PENINGKATAN

PENGUASAAN KOSAKATA

PENDIDIKAN PANCASILA DALAM

KETERAMPILAN MEMBACA

MELALUI TEKA-TEKI SILANG

(Penelitian Tindakan di Kelas VI SDN

Surakarta 2, Kecamatan

Suranenggala, Kabupaten Cirebon,

Jawa Barat). Puitika, 11(1), 82.

https://doi.org/10.25077/puitika.11.

82--93.2015

Sanjaya, D. H. W. (2016). Penelitian

tindakan kelas. Prenada Media.

Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D.

(2022). Penelitian tindakan kelas.

Media Nusa Creative (MNC

Publishing).

Siregar, R. (2017). Penggunaan Media

Gambar Untuk Meningkakan Hasil

Belajar IPA Pada Siswa Sekolah

Dasar. Jurnal Pendidikan Sosial,

Sains Dan Humaniora

Sulfemi, W. B., & Minati, M. (2018).

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

SISWA KELAS 3 SD

MENGGUNAKAN MODEL

PICTURE AND PICTURE DAN

MEDIA GAMBAR SERI 1Wahyu

Bagja Sulfemi , 2Hilga Minati 1STKIP

Muhammadiyah Bogor 2 SD Negeri

Pitara 2 Kota Depok A . Pendahuluan

Pendidikan sadar. Jurnal Pendidikan

Sekolah Dasar,

(2), 228

–242.

Sundari, N. (2016). Penggunaan Media

Gambar Dalam Meningkatkan

Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran

Pengetahuan Sosial Di Sekolah

Dasar. EduHumaniora | Jurnal

Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 5(1).

https://doi.org/10.17509/eh.v5i1.28

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan

Pembelajaran di Sekolah Dasar.

Prenadamedia Group.

Undang

-Undang Pasal 39 Nomor 2 Tahun

tentang Sistem Pendidikan

Nasional

Yektyastuti, R., & Ikhsan, J. (2016).

Pengembangan Media Pembelajaran

Berbasis Android pada Materi

Kelarutan untuk Meningkatkan

Performa Akademik Siswa SMA.

Jurnal Inovasi Pendidikan IPA,

(1),

–99.

Yuberti. (2014). Teori Pembelajaran dan

Pengembangan Bahan ajar Dalam

Pendidikan.

Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model

Pembelajaran Problem Based

Learning (PBL): Efeknya Terhadap

Pemahaman Konsep dan Berpikir

Kritis. Indonesian Journal of Science

and Mathematics Education,

(3),

–408.

https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3

.4366

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Tri Ambarwati, A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Flash Card Siswa Kelas V SDN Pedurungan Kidul 01 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1661–1668. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5302

Issue

Section

Prosiding 2023