Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Flash Card Siswa Kelas V SDN Pedurungan Kidul 01 Semarang
Keywords:
media flash card, hasil belajar, model problem based learningAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas 5A
Sekolah Dasar melalui media Flash Card dalam pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SDN
Pedurungan Kidul 01. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui dua
siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan (panning), tindakan (acting), pengamatan (observing),
dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian ini adalah 27 siswa kelas 5A SDN Pedurungan Kidul 01.
Teknik pengambilan data meliputi observasi, test dan dokumentasi selama 2 siklus. Teknik analisis data
berupa kuantitatif dan kualitatif. Pada tiap tahap dilakukan perbaikan modul ajar dan media sehingga
dapat diketahui keberhasilan penggunaan media flash card pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila
yang menujukkan adanya peningkatan tiap siklusnya, dilihat dari hasil nilai evaluasi siswa yang telah
melaksanakan eksperimen. Dengan demikian hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas V SDN
Pedurungan Kidul 01 melalui Problem Based Learning berbantuan media flash card mengalami
peningkatan.
References
Agustin, V. N. (2013). Peningkatan
Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa
Melalui Model Problem Based
Learning ( PBL ). 2(4), 36–44
Amir, A. (2016). PENGGUNAAN MEDIA
GAMBAR DALAM
PEMBELAJARAN MATEMATIKA.
Jurnal Eksakta, 2(1), 34–40.
Amir, Z., & Risnawati. (2015). PSIKOLOGI
PEMBELAJARAN MATEMATIKA
(pp. 515–527).
suska.ac.id/10388/1/Psikologi
Pembelajaran Matematika.pdf
Arjanggi, F. D., Sudargo, S., & Kartinah,
K. (2021). Efektivitas Model
Pembelajaran Problem Based
Learning dan Model
Pembelajaran Inkuiri Berbasis
Proyek Terhadap Hasil Belajar
Siswa Kelas VIII SMP. Imajiner:
Jurnal Matematika dan
Pendidikan Matematika, 3(4),
-295.
Depdiknas. (2004). Kerangka Dasar
Kurikulum 2004, Jakarta.
Efendi, Y., & Sa’diyah, H. (2020).
Penerapan Nilai-Nilai Pancasila
Dalam Lembaga Pendidikan. JPK
N
o
Nila
i
Jumla
h
Siswa
Presentas
e
Ket
≥ 70 24 88,8 % Tunta
s
≤ 70 3 11,2 % Belum
Tunta
s
Julmah 27 100 %
Nilai Rata-rata 81
Nilai Terendah 100
Nilai Tertinggi 20
(Jurnal Pancasila dan
Kewarganegaraan), 5(1), 54-65.
Eismawati, E., Koeswanti, H. D., Radia, E.
H., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S.
(2019). Peningkatan hasil belajar
matematika melalui model
pembelajaran problem based
learning ( PBL ) siswa kelas 4 SD.
(2), 71–78.
Faisal, D., Restian, A., & Supradana, A.
(2023). PENINGKATAN HASIL
BELAJAR PENDIDIKAN
PANCASILA MELALUI MODEL
PROBLEM BASED LEARNING
KELAS I SDN TANJUNGSARI 2
KOTA BLITAR DALAM MERDEKA
BELAJAR. Pendas: Jurnal Ilmiah
Pendidikan Dasar, 8(1), 2161-2173
Fitrianingtyas, T., Hudayati, Y. M., &
Untari, R. (2022). Upaya
Meningkatkan Preatasi Belajar IPA
Melalui Pembelajaran Problem
Based Learning ( PBL ) Berbantuan
Media Gambar Kelas IV Sekolah
Dasar. 4(3), 112–118.
Fitriyani, E. dan Nulanda, P.Z. Efektivitas
Media Flash Cards Dalam
Meningkatkan Kosakata Bahasa
Inggris. Psympathic: Jurnal
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W.,
Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi,
N. H. (2022). Relevansi Kurikulum
Merdeka Belajar dengan Model
Pembelajaran Abad 21 dalam
Perkembangan Era Society 5.0.
Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan,
(2), 3011–3024.
https://doi.org/10.31004/edukatif.v
i2.2589
Kurniati, A. (2016). Pengembangan Modul
Matematika Berbasis Kontekstual
Terintegrasi Ilmu Keislaman. Jurnal
Pendidikan Matematika Dan Ilmu
Pengetahuan Alam, 4(1), 43–58.
Lestari, P. A., & Kristiantari, M. G. R.
(2022). Media Gambar Berseri
Berorientasi Problem Based
Learning pada Materi Pendidikan
Pancasila Kelas IV Sekolah Dasar.
(2), 225–233.
Muzayyanahl, A., & Azizahl, M. (2023).
PENINGKATAN HLASIL BELAJAR
MATEMATIKA MATERI
PENGURANGAN MENGGUNAKAN
MEDIA PAPAN BERHLITUNG
PADA PESERTA DIDIK KELAS I SD
NEGERI SAWAHL BESAR
Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD
STKIP Subang, 9(2), 3145-3153.
Muwartono, & Sukidjo. (2015).
PENINGKATAN HASIL BELAJAR
IPS DENGAN MODEL PROBLEM
BASED LEARNING BERBANTUAN
MEDIA STIMULAN GAMBAR. 2(1),
–41.
Nahdiyah, U., Arifin, I., & Juharyanto, J.
(2022). Pendidikan profil pelajar
pancasila ditinjau dari konsep
kurikulum merdeka. Semnas
Manajemen Strategik
Pengembangan Profil Pelajar
Pancasila pada PAUD dan
Pendidikan Dasar, 1(1).
Nugraha, A. J., Suyitno, H., &
Susilaningsih, E. (2017). Analisis
Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau
dari Keterampilan Proses Sains dan
Motivasi Belajar melalui Model PBL.
Journal of Primary Education, 6(1),
–43.
Pramesti, U. D. (2015). PENINGKATAN
PENGUASAAN KOSAKATA
PENDIDIKAN PANCASILA DALAM
KETERAMPILAN MEMBACA
MELALUI TEKA-TEKI SILANG
(Penelitian Tindakan di Kelas VI SDN
Surakarta 2, Kecamatan
Suranenggala, Kabupaten Cirebon,
Jawa Barat). Puitika, 11(1), 82.
https://doi.org/10.25077/puitika.11.
82--93.2015
Sanjaya, D. H. W. (2016). Penelitian
tindakan kelas. Prenada Media.
Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D.
(2022). Penelitian tindakan kelas.
Media Nusa Creative (MNC
Publishing).
Siregar, R. (2017). Penggunaan Media
Gambar Untuk Meningkakan Hasil
Belajar IPA Pada Siswa Sekolah
Dasar. Jurnal Pendidikan Sosial,
Sains Dan Humaniora
Sulfemi, W. B., & Minati, M. (2018).
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
SISWA KELAS 3 SD
MENGGUNAKAN MODEL
PICTURE AND PICTURE DAN
MEDIA GAMBAR SERI 1Wahyu
Bagja Sulfemi , 2Hilga Minati 1STKIP
Muhammadiyah Bogor 2 SD Negeri
Pitara 2 Kota Depok A . Pendahuluan
Pendidikan sadar. Jurnal Pendidikan
Sekolah Dasar,
(2), 228
–242.
Sundari, N. (2016). Penggunaan Media
Gambar Dalam Meningkatkan
Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran
Pengetahuan Sosial Di Sekolah
Dasar. EduHumaniora | Jurnal
Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 5(1).
https://doi.org/10.17509/eh.v5i1.28
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan
Pembelajaran di Sekolah Dasar.
Prenadamedia Group.
Undang
-Undang Pasal 39 Nomor 2 Tahun
tentang Sistem Pendidikan
Nasional
Yektyastuti, R., & Ikhsan, J. (2016).
Pengembangan Media Pembelajaran
Berbasis Android pada Materi
Kelarutan untuk Meningkatkan
Performa Akademik Siswa SMA.
Jurnal Inovasi Pendidikan IPA,
(1),
–99.
Yuberti. (2014). Teori Pembelajaran dan
Pengembangan Bahan ajar Dalam
Pendidikan.
Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model
Pembelajaran Problem Based
Learning (PBL): Efeknya Terhadap
Pemahaman Konsep dan Berpikir
Kritis. Indonesian Journal of Science
and Mathematics Education,
(3),
–408.
https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3
.4366