321. Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas I SD N Glonggong
Keywords:
Problem Based Learning, Hasil Belajar, Audio VisualAbstract
Latar Belakang dari peneilitian ini yaitu siswa kurang antuasias dan bersemangat saat mengikuti pembelajaran karena kurang menariknya model dan media pembelajaran yang digunakan oleh guru sehingga berpengaruh terhadap menurunnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan berbantuan media Audio Visiual. Penelitian Tindakan kelas dilaksanakan di SD N Glonggong Kecamatan Jakenan., Kabupaten Pati, dengansubjek penelitian kelas I dengan jumlah peserta didik 36. Peneilitian ini berlangsung selama 2 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan di setiap siklusnya menerapkan empat Langkah yaitu perencanaan atau (planning), pelaksanaan Tindakan (action), observasi (observasion), dan refleksi (thinking). Variable terikat dalampenelitian ini yaitu hasil belajar peserta didik dan variable bebasnya yaitu model Problem Based Learning berbantumedia Audio Visual. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi dengan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik setelah menerapkan model pembelaran Problem Based Learning berbantu media Power Point pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 58 dengan persentase ketuntasan mencapai 44%. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan memperoleh nilai rata-rata 72 dengan persentase 78%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berbantu media Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada peserta didik kelas I SDN Glonngong Pati.