Peningkatan Hasil Belajar Dengan Menerapkan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Papan Pintar Kelas Iv Di Sdn Kalicari 01

Authors

  • Dyah Saraswati Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Problem Based Learning, media papan pintar, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah permasalahan akan rendahnya hasil siswa kelas IV pada
pembelajaran pendidikan Pancasila masih banyak siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan
minimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar dengan
menerapkan model Problem Based Learning berbantuan media papan pintar pada pembelajaran
pendidikan Pancasila kelas IV di SDN Kalicari 01. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah
penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN
Kalicari 01 yang berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 13 perempuan dan 15 laki-laki. Teknik
pengumpulan data menggunakan teknik non tes dan tes. Alat pengumpulan data berupa lembar
observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil

penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar, pada pra siklus menunjukkan nilai rata-
rata 61, siswa yang mendapatkan nilai diatas atau di angka 70 ada sebanyak 11 siswa, dengan

menunjukkan presentase 39%. Pada siklus 1 menunjukkan peningkatan dengan nilai rata-rata 73, siswa
yang mendapatkan nilai diatas atau di angka 70 sebanyak 18 siswa, dengan menunjukkan presentase
64%. Pada siklus 2 menunjukkan peningkatan pada hasil belajarnya yaitu dengan nilai rata-rata 84,
siswa yang mendapatkan nilai diatas atau di angka 70 terdapat 22 dengan menunjukkan presentase
79%. Hal ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning
berbantuan media papan pintar dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran pendidikan
Pancasila siswa kelas IV SDN Kalicari 01 Semarang.

References

Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model

Pembelajaran Problem Based

Learning untuk Meningkatkan

Hasil Belajar IPS Siswa SD.

Jurnal Imiah Pendidikan Dan

Pembelajaran, 5(2), 353–361.

https://doi.org/10.23887/jipp.v5i

36230

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur

Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Chasanah, A., Azizah, M., Nuroso, H., &

Nugraha, Y. F. (2023). Keefektifan

Penggunaan Media Papan

Pintar (PAPIN) Terhadap Hasil

Belajar Mata Pelajaran Ipa Kelas III

SDN Plamongansari 02

Semarang. Jurnal Pendidikan Dan

Konseling (JPDK), 5, 1584–1587.

Chentiya, Z. (2021). Media Papan Pintar

Terhadap Kemampuan Mengenal

Lambang Bilangan Anak

Usia 5-6 TAHUN. Edukids, 18(229),

–111.

https://doi.org/10.17509/edukids.v1

i2.33992

Dewi, L. P. C. D., Pramartha, I. P. A.,

Dewi, N. P. V. F., Indirayani, A.

A. I. R., & Suastika, I. N. (2022).

Sumber Belajar Pendidikan

Kewarganegaraan Mengenai

Negara Kesatuan Republik

Indonesia di Sekolah Dasar.

Jurnal Kewarganegaraan, 6(2),

–2676

Hamalik, Oemar. 2013. Kurikulum dan

Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Murtono.2017.Model-model

Pembelajaran Inovatif. Ponorogo.

Wade Group

Pramitasari, I. (2021). Media Papan Pintar

Pancasila sebagai Upaya

Peningkatan Hasil Belajar Siswa

Kelas II SD Negeri 2 Payaman

Nganjuk. 2(1), 68–76.

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik

dan Terpadu Teori, Praktik, dan

Penilaian. Jakarta: Rajawali Pers.

Suprijono, Agus. 2014. Cooperative

Learning Teori & Aplikasi PAIKEM.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Suryosubroto, B. 2010. Beberapa Aspek

Dasar-Dasar Kependidikan.

Jakarta: Rineka Cipta.

Trianto, 2013. Mendesain Model

Pembelajaran Inovatif, Progresif,

Konsep, Landasan dan

Impelementasinya pada Kurikulum

Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

Jakarta: Kencana Prenada Media

Group.

Undang-undang Republik Indonesia No.

Tahun 2003 tentang Sistem

Pendidikan Nasional.

Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S.

Pentingnya Media Dalam

Pembelajaran Guna Meningkatkan

Hasil Belajar Di Sekolah Dasar.

Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 2

(1), 23-27.

Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.

V2i1.77

Winataputra, Udin. 2012. Teori Belajar dan

Pembelajaran. Jakarta:

Universitas Terbuka.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Saraswati, D. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Dengan Menerapkan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Papan Pintar Kelas Iv Di Sdn Kalicari 01. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1669–1676. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5303

Issue

Section

Prosiding 2023