Peningkatan Hasil Belajar Dengan Menerapkan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Papan Pintar Kelas Iv Di Sdn Kalicari 01
Keywords:
Problem Based Learning, media papan pintar, hasil belajarAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah permasalahan akan rendahnya hasil siswa kelas IV pada
pembelajaran pendidikan Pancasila masih banyak siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan
minimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar dengan
menerapkan model Problem Based Learning berbantuan media papan pintar pada pembelajaran
pendidikan Pancasila kelas IV di SDN Kalicari 01. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah
penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN
Kalicari 01 yang berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 13 perempuan dan 15 laki-laki. Teknik
pengumpulan data menggunakan teknik non tes dan tes. Alat pengumpulan data berupa lembar
observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil
penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar, pada pra siklus menunjukkan nilai rata-
rata 61, siswa yang mendapatkan nilai diatas atau di angka 70 ada sebanyak 11 siswa, dengan
menunjukkan presentase 39%. Pada siklus 1 menunjukkan peningkatan dengan nilai rata-rata 73, siswa
yang mendapatkan nilai diatas atau di angka 70 sebanyak 18 siswa, dengan menunjukkan presentase
64%. Pada siklus 2 menunjukkan peningkatan pada hasil belajarnya yaitu dengan nilai rata-rata 84,
siswa yang mendapatkan nilai diatas atau di angka 70 terdapat 22 dengan menunjukkan presentase
79%. Hal ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning
berbantuan media papan pintar dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran pendidikan
Pancasila siswa kelas IV SDN Kalicari 01 Semarang.
References
Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model
Pembelajaran Problem Based
Learning untuk Meningkatkan
Hasil Belajar IPS Siswa SD.
Jurnal Imiah Pendidikan Dan
Pembelajaran, 5(2), 353–361.
https://doi.org/10.23887/jipp.v5i
36230
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur
Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Chasanah, A., Azizah, M., Nuroso, H., &
Nugraha, Y. F. (2023). Keefektifan
Penggunaan Media Papan
Pintar (PAPIN) Terhadap Hasil
Belajar Mata Pelajaran Ipa Kelas III
SDN Plamongansari 02
Semarang. Jurnal Pendidikan Dan
Konseling (JPDK), 5, 1584–1587.
Chentiya, Z. (2021). Media Papan Pintar
Terhadap Kemampuan Mengenal
Lambang Bilangan Anak
Usia 5-6 TAHUN. Edukids, 18(229),
–111.
https://doi.org/10.17509/edukids.v1
i2.33992
Dewi, L. P. C. D., Pramartha, I. P. A.,
Dewi, N. P. V. F., Indirayani, A.
A. I. R., & Suastika, I. N. (2022).
Sumber Belajar Pendidikan
Kewarganegaraan Mengenai
Negara Kesatuan Republik
Indonesia di Sekolah Dasar.
Jurnal Kewarganegaraan, 6(2),
–2676
Hamalik, Oemar. 2013. Kurikulum dan
Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Murtono.2017.Model-model
Pembelajaran Inovatif. Ponorogo.
Wade Group
Pramitasari, I. (2021). Media Papan Pintar
Pancasila sebagai Upaya
Peningkatan Hasil Belajar Siswa
Kelas II SD Negeri 2 Payaman
Nganjuk. 2(1), 68–76.
Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik
dan Terpadu Teori, Praktik, dan
Penilaian. Jakarta: Rajawali Pers.
Suprijono, Agus. 2014. Cooperative
Learning Teori & Aplikasi PAIKEM.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Suryosubroto, B. 2010. Beberapa Aspek
Dasar-Dasar Kependidikan.
Jakarta: Rineka Cipta.
Trianto, 2013. Mendesain Model
Pembelajaran Inovatif, Progresif,
Konsep, Landasan dan
Impelementasinya pada Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
Jakarta: Kencana Prenada Media
Group.
Undang-undang Republik Indonesia No.
Tahun 2003 tentang Sistem
Pendidikan Nasional.
Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S.
Pentingnya Media Dalam
Pembelajaran Guna Meningkatkan
Hasil Belajar Di Sekolah Dasar.
Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 2
(1), 23-27.
Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.
V2i1.77
Winataputra, Udin. 2012. Teori Belajar dan
Pembelajaran. Jakarta:
Universitas Terbuka.