266. Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Model Problem Based Learning Berbantu Media Visual Papan Pintar Kelas IV SDN 2 Gayamsari Semarang

Authors

  • Istika Praja Wulandari Universitas PGRI Semarang
  • Ngurah Ayu Nyoman Universitas PGRI Semarang
  • Loli Gunawan Adi SD N Gayamsari 02 Semarang

Keywords:

Hasil Belajar, Papan Pintar, Siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran bahasa indonesa tema 6 satu titik dengan model Project Based Learning (PBL) berbantu media papan pintar kelas IV SDN 2 Gayamsari Semarang, Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan tindakan awal yaitu dengan lembar pengamatan, kemudian melaksanakan pretest,berlanjut ke siklus 1 dan siklus 2. Penelitian ini terlihat menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada tema 6 satu titik ,hal ini terbuti dengan data dari hasil penelitian lembar pengamatan yang dilakukan pada pretest kepada siswa yang mendapatan niilai tidak tuntas 22 siswa atau 74% sedangkan yang tuntas sebanyak 8 atau 26% . Kemudian peneliti melanjutkan pada siklus 1 yang mendapatkan hasil siswa tidak tuntas 10 atau 33% dan yang tuntas sebanyak 20 atau 67% hal tersebut sudah mengalami peningkatan dari hasil prestes, akan tetapi untuk memenuhi kategori ketuntasan yang telah ditentukan maka dilanjutkan pada siklus 2 dengan mendapatkan hasil siswa tidak tuntas 9 siswa atau 30% sedangkan yang tuntas sebanyak 23 atau 76% .dari hasil tersebut terjadi peningkatan kembali pada siklus 2 sehingga telah terjadi peningkatan yang diinginkan.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Wulandari, I. P., Nyoman, N. A., & Adi, L. G. (2023). 266. Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Model Problem Based Learning Berbantu Media Visual Papan Pintar Kelas IV SDN 2 Gayamsari Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2344–2353. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4380

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)