Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Media Papinpan (Papan Pintar Pancasila) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II

Authors

  • Emi Zulfa, Arfilia Wijayanti, Espiyati , Rini Puji Astuti Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Problem Based Learning (PBL), Media Papan Pintar Pancasila, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based
Learning (PBL) berbantuan media PAPINPAN untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas
II A SDN Gayamsari 02 Semarang. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas
(PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas II A di SDN Gayamsari 02 Semarang yang
berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pembelajaran PPKn materi simbol dan nilai- nilai
Pancasila berdasarkan hasil nilai ulangan harian pada prasiklus 42,85% (tuntas) dan 57,14%
(tidak tuntas). Penerapan model Problem Based Learning berbantu media PAPINPAN (Papan
Pintar Pancasila) hasil belajar kognitif meningkat siklus I memperoleh ketuntasan sebesar
67,85% (tuntas) dan 32,14% (tidak tuntas). Sedangkan pada siklus II dilakukan refleksi
sehingga mengalami peningkatan dari siklus I dengan siklus II dengan capaian ketuntasan
sebesar 86% (tuntas) dan 14,28% (tidak tuntas). Dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media PAPINPAN dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SDN Gayamsari 02 Semarang.

References

Afandi, M. (2014). Pentingnya penelitian

tindakan kelas bagi guru dalam

pembelajaran di sekolah

dasar. Jurnal ilmiah pendidikan

dasar, 1(1), 1-19.

Aji, W. N. (2018, December). Aplikasi

Tiktok Sebagai Media Pembelajaran

Bahasa dan Sastra Indonesia.

In Prosiding Seminar Nasional

Pertemuan Ilmiah Bahasa Dan

Sastra Indonesia (Vol. 431, No. 2,

pp. 431-440).

Arikunto, Suharsimi dkk. 2008. Penelitian

Tindakan kelas. Jakarta: Bumi

Aksara.

Febrilianti, E. R. (2019). Penerapan Media

Kantong Ajaib Doraemon Untuk

Meningkatkan Kompetensi

Mengenal Sila-Sila Dan Lambang

Pancasila Pada Siswa SD Kelas

I. Tunas Nusantara, 1(1).51-62.

Fitria, Y., & Indra, W.

(2020). Pengembangan model

pembelajaran PBL berbasis digital

untuk meningkatkan karakter

peduli lingkungan dan literasi

sains. Deepublish.

Hayyuningtyas, K., & Batubara, H. H.

(2021). Pengembangan Media

Pembelajaran Interaktif Berbasis

Powerpoint dan Ispring di Android

untuk Meningkatkan Efektifitas

Pembelajaran IPA di Kelas 3

SD. MUBTADI: Jurnal Pendidikan

Ibtidaiyah, 3(1), 61-69.

Istianah, A., Mazid, S., Hakim, S., &

Susanti, R. (2021). Integrasi nilai-

nilai pancasila untuk membangun

karakter pelajar pancasila di

lingkungan kampus. Jurnal

Gatranusantara, 19(1), 62-70.

Kilauwati, N., Denny, Y. R., & Darman, D.

R. (2018, November). Penerapan

Model Problem Based Learning

Dengan Game Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Pada Konsep Gerak Harmonis

Sederhana. In Prosiding Seminar

Nasional Pendidikan Fisika

Untirta (Vol. 1, No. 1).

Munawwarah, S. (2022). Penggunaan

Media Papan Pintar Pancasila

dalam Pembelajaran Tematik

Muatan PKn Kelas II di MIN 2

Kapuas.

Musyadad, V. F., Supriatna, A., & Parsa, S.

M. (2019). Penerapan model

pembelajaran problem based

learning dalam meningkatkan hasil

belajar siswa pada pelajaran IPA

pada konsep perubahan lingkungan

fisik dan pengaruhnya terhadap

daratan. Jurnal Tahsinia

,

(1), 1

-13.

Nuriana, D. (2018). Kendala guru dalam

memberikan penilaian sikap siswa

pada proses pembelajaran

berdasarkan kurikulum

Madrosatuna: Journal of

Islamic Elementary School

,

(2),

Pramitasari, I. (2021). Media Papan Pintar

Pancasila sebagai Upaya

Peningkatan Hasil Belajar Siswa

Kelas II SD Negeri 2 Payaman

Nganjuk. PTK: Jurnal Tindakan

Kelas

,

(1), 68

-76.

Radiusman, R. (2020). Studi Literasi:

Pemahaman konsep anak pada

pembelajaran

matematika. FIBONACCI: Jurnal

Pendidikan Matematika Dan

Matematika

,

(1), 1

-8.

Rahmadani, R. (2019). Metode Penerapan

Model Pembelajaran Problem

Based Learnig (Pbl). Lantanida

Journal

,

(1), 75

-86.

Rahmat, E. (2018). Penerapan model

pembelajaran problem based

learning (PBL) untuk

meningkatkan prestasi belajar

siswa. Jurnal Penelitian

Pendidikan

, 18(2), 144

-159.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Zulfa, E. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Media Papinpan (Papan Pintar Pancasila) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2518–2524. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5408

Issue

Section

Prosiding 2023