Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Media Papinpan (Papan Pintar Pancasila) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II
Keywords:
Problem Based Learning (PBL), Media Papan Pintar Pancasila, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Problem Based
Learning (PBL) berbantuan media PAPINPAN untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas
II A SDN Gayamsari 02 Semarang. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas
(PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas II A di SDN Gayamsari 02 Semarang yang
berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pembelajaran PPKn materi simbol dan nilai- nilai
Pancasila berdasarkan hasil nilai ulangan harian pada prasiklus 42,85% (tuntas) dan 57,14%
(tidak tuntas). Penerapan model Problem Based Learning berbantu media PAPINPAN (Papan
Pintar Pancasila) hasil belajar kognitif meningkat siklus I memperoleh ketuntasan sebesar
67,85% (tuntas) dan 32,14% (tidak tuntas). Sedangkan pada siklus II dilakukan refleksi
sehingga mengalami peningkatan dari siklus I dengan siklus II dengan capaian ketuntasan
sebesar 86% (tuntas) dan 14,28% (tidak tuntas). Dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantuan media PAPINPAN dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SDN Gayamsari 02 Semarang.
References
Afandi, M. (2014). Pentingnya penelitian
tindakan kelas bagi guru dalam
pembelajaran di sekolah
dasar. Jurnal ilmiah pendidikan
dasar, 1(1), 1-19.
Aji, W. N. (2018, December). Aplikasi
Tiktok Sebagai Media Pembelajaran
Bahasa dan Sastra Indonesia.
In Prosiding Seminar Nasional
Pertemuan Ilmiah Bahasa Dan
Sastra Indonesia (Vol. 431, No. 2,
pp. 431-440).
Arikunto, Suharsimi dkk. 2008. Penelitian
Tindakan kelas. Jakarta: Bumi
Aksara.
Febrilianti, E. R. (2019). Penerapan Media
Kantong Ajaib Doraemon Untuk
Meningkatkan Kompetensi
Mengenal Sila-Sila Dan Lambang
Pancasila Pada Siswa SD Kelas
I. Tunas Nusantara, 1(1).51-62.
Fitria, Y., & Indra, W.
(2020). Pengembangan model
pembelajaran PBL berbasis digital
untuk meningkatkan karakter
peduli lingkungan dan literasi
sains. Deepublish.
Hayyuningtyas, K., & Batubara, H. H.
(2021). Pengembangan Media
Pembelajaran Interaktif Berbasis
Powerpoint dan Ispring di Android
untuk Meningkatkan Efektifitas
Pembelajaran IPA di Kelas 3
SD. MUBTADI: Jurnal Pendidikan
Ibtidaiyah, 3(1), 61-69.
Istianah, A., Mazid, S., Hakim, S., &
Susanti, R. (2021). Integrasi nilai-
nilai pancasila untuk membangun
karakter pelajar pancasila di
lingkungan kampus. Jurnal
Gatranusantara, 19(1), 62-70.
Kilauwati, N., Denny, Y. R., & Darman, D.
R. (2018, November). Penerapan
Model Problem Based Learning
Dengan Game Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Pada Konsep Gerak Harmonis
Sederhana. In Prosiding Seminar
Nasional Pendidikan Fisika
Untirta (Vol. 1, No. 1).
Munawwarah, S. (2022). Penggunaan
Media Papan Pintar Pancasila
dalam Pembelajaran Tematik
Muatan PKn Kelas II di MIN 2
Kapuas.
Musyadad, V. F., Supriatna, A., & Parsa, S.
M. (2019). Penerapan model
pembelajaran problem based
learning dalam meningkatkan hasil
belajar siswa pada pelajaran IPA
pada konsep perubahan lingkungan
fisik dan pengaruhnya terhadap
daratan. Jurnal Tahsinia
,
(1), 1
-13.
Nuriana, D. (2018). Kendala guru dalam
memberikan penilaian sikap siswa
pada proses pembelajaran
berdasarkan kurikulum
Madrosatuna: Journal of
Islamic Elementary School
,
(2),
Pramitasari, I. (2021). Media Papan Pintar
Pancasila sebagai Upaya
Peningkatan Hasil Belajar Siswa
Kelas II SD Negeri 2 Payaman
Nganjuk. PTK: Jurnal Tindakan
Kelas
,
(1), 68
-76.
Radiusman, R. (2020). Studi Literasi:
Pemahaman konsep anak pada
pembelajaran
matematika. FIBONACCI: Jurnal
Pendidikan Matematika Dan
Matematika
,
(1), 1
-8.
Rahmadani, R. (2019). Metode Penerapan
Model Pembelajaran Problem
Based Learnig (Pbl). Lantanida
Journal
,
(1), 75
-86.
Rahmat, E. (2018). Penerapan model
pembelajaran problem based
learning (PBL) untuk
meningkatkan prestasi belajar
siswa. Jurnal Penelitian
Pendidikan
, 18(2), 144
-159.