109. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Model Problem Based Learning (PBl) Berbantu Media PAPINTU (Papan Pintar Waktu) Pada Peserta Didik Kelas II SD Negeri Brumbung

Authors

  • Alfi Chasanah
  • Harto Nuroso
  • Joko Siswanto

Keywords:

Model Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar, (PAPINTU) Media Papan Pintar Waktu

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar melalui penggunaan model Problem Based Learning (PBL) berbantu Media PAPINTU (Papan Pintar Waktu). Peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain Mc. Taggart berbentuk spiral yang memiliki empat tahapan seperti perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Adapun teknik yang digunakan dalam penelitian ini seperti observasi, test serta dokumentasi. Dalam penelitian ini, instrument yang digunakan diantaranya yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), test dan dokumentasi. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif komporatif atau teknik analisis data dengan perbandingan antara pra siklus, siklus I dan siklus II. Sedangkan indikator dalam penelitian ini adalah 80% ketuntasan dengan nilai KKM > 70. Hasil dari penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan Problem Based Learning (PBL) berbantu media PAPINTU (Papan Pintar Waktu) dapat  meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil ini terbukti setelah peneliti menerapkan Problem Based Learning (PBL) berbantu media PAPINTU (Papan Pintar Waktu) presentase ketuntasan pada hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan pra siklus sebesar 35%, sedangkan siklus I mengalami peningkatan 69% dan pada siklus II mengalami peningkatan 87%.

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Chasanah, A. ., Nuroso, H. ., & Siswanto, J. . (2023). 109. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Model Problem Based Learning (PBl) Berbantu Media PAPINTU (Papan Pintar Waktu) Pada Peserta Didik Kelas II SD Negeri Brumbung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 994–1000. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4401

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)