Penerapan Model Quantum Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dalam Eksperimen Sederhana melalui Game pada Materi Proses Fotosintesis di Kelas IVa SD Islam Al Madina
Keywords:
model pembelajaran quantum learning, eksperimen sederhana dan gameAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh pemahaman umum tentang bagaimana pembelajaran diterapkan. Di SD Islam Al MAdina Semarang, Indonesia, siswa kelas IVA mengikuti eksperimen sederhana pada proses fotosintesis menggunakan model pembelajaran quantum learning untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian tindakan kelas (PTK), suatu bentuk penelitian yang terdiri dari empat Perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi merupakan tahapan dalam setiap siklus. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan satu pertemuan setiap siklusnya. Lembar kerja siswa digunakan untuk mengumpulkan data penelitian. Metode analisis kuantitatif dan kualitatif digunakan dalam proses analisis data. Berdasarkan hasil belajar, telihat dari pra siklus 14 % siswa tuntas dan 86% siswa tidak tuntas. Siklus I memperoleh ketuntasan sebesar 61% dan 39% tidak tuntas. Sedangkan, pada siklus II dilakukan refleksi sehingga mengalami peningkatan dari siklus I dengan capaian ketuntasan sebesar 93% siswa tuntas dan 7% siswa tidak tuntas. Dengan menerapkan model Quantum Learning pada eksperimen sederhana menggunakan Game dapat membuat siswa senang dalam mengikuti pembeajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata Pelajaran IPAS khususnya materi proses fotosintesis di kelas IVA SD Islam Almadina Semarang.
References
Aditama, W. B., Zohdi, S., Mukarromah, A., & Mujaddid, A. (2022). Implementasi Quantum Learning Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Journal of Science and Education Research, 1(1), 38-42.
Amanabella, M. (2019). Pendidikan Karakter Dalam Meningkatkan Perilaku Siswa Kelas IV di MIN 9 Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Anggara, A., & Rakimahwati, R. (2021). Pengaruh Model Quantum learning terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3020-3026.
Aprilia, T., Sutrio, S., & Sahidu, H. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Quantum Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), 72-78.
Arifah, S. N., Fernando, Y., & Rusliyawati, R. (2022). Upaya Meningkatkan Citra Diri Melalui Game Edukasi Pengembang Kepribadian Berbasis Mobile. Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak, 3(3), 295-315.
Chakim, M. M. L., Kusumaningsih, W., & Nugroho, A. A. (2022, December). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Melalui Game Edukasi Pada Materi Barisan dan Deret. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Vol. 7, pp. 273-280).
Djabba, R., & Halik, A. (2019). Penerapan Model Quantum Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Publikasi Pendidikan, 9(1), 69-71.
Djenawa, A. (2020). Penerapan model pembelajaran quantum learning untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(1), 22-30.
Faidah, S. T. R., Rohimah, T. R., Supriatno, B., & Anggraeni, S. (2022). Analisis dan Rekonstruksi Kegiatan Laboratorium: Pengaruh Konsentrasi Karbondioksida pada Laju Fotosintesis Hydrilla Verticilata. Jurnal Basicedu, 6(5), 8493-8505.
Gasila, Y., Fadillah, S., & Wahyudi, W. (2019). Analisis hasil belajarSains siswa dalam menyelesaikan soal IPA di SMP Negeri Kota Pontianak. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 6(1), 14-22.
Hafizhah, I., Wardana, I. A., & Setiabudi, D. I. (2022). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Quantum Learning Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Psikomotorik Pada Pelajaran Matematika. Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Pendidikan, 1(1), 11-21.
Imanda, S., & Fitriliana, F. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI FOTOSINTESIS. JOURNAL OF EDUCATION SCIENCE, 8(2), 227-233.
Irodatin, N. (2021). MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI FOTOSINTESIS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI. Pedagogy: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 38-45.
Lubaba, M. N., & Alfiansyah, I. (2022). Analisis penerapan profil pelajar pancasila dalam pembentukan karakter siswa di sekolah dasar. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(3), 687-706.
Mardana, V. S., Rijal, M., & Darwis, R. (2023). Efektivitas Media Pembelajaran Alam Sekitar terhadap Minat dan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Fotosintesis. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(3), 736-743.
Maulidi, A. (2022). Implementasi model pembelajaran quantum learning dalam meningkatkan motivasi belajar. Fakta: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 13-22.
Nugroho, C. Y. R., Hariyatmi, H., & Supriyanto, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Metode Eksperimen pada Siswa Kelas IV Semester Genap SDN 01 Tawangmangu Tahun 2020/2021. Educatif Journal of Education Research, 3(4), 37-44.
Nurfiyanti, P. E., Yennita, Y., & Jumiarni, D. (2018). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI FOTOSINTESIS DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIIIA SMPN 2 LEBONG UTARA. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 2(2), 1-7.
Priyani, N. E., & Nawawi, N. (2020). Pembelajaran IPA berbasis ethno-stem berbantu mikroskop digital untuk meningkatkan hasil belajarsains di sekolah perbatasan. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 99-104.
Riati, T., & Farida, N. (2017). Pengaruh model pembelajaran quantum learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP PGRI 02 Ngajum. Pi: Mathematics Education Journal, 1(1), 15-21.
Setiawan, A., Praherdhiono, H., & Sulthoni, S. (2019). Penggunaan Game Edukasi Digital Sebagai Sarana Pembelajaran Anak Usia Dini. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(1), 39-44.
Sudirman, D., Agustina, F., & Candra, P. (2014). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Game Tournament) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII pada Materi Fotosintesis di SMPN 31 Batam. SIMBIOSA, 3(2).
Suryani, A., Siahaan, P., & Samsudin, A. (2015). Pengembangan instrumen tes untuk mengukur hasil belajarsains siswa SMP pada materi gerak. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains, 2015, 217-220.
Swandewi, N. L. P., Gita, I. N., & Suarsana, I. M. (2019). Pengaruh model quantum learning berbasis masalah kontekstual terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMA. Jurnal Elemen, 5(1), 31-42.
Tarigan, Y. S. R. B. (2022). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM LEARNING MATA PELAJARAN IPA TEMA 3 SUBTEMA 1 BAGIAN–BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA DI KELAS IV SD NEGERI 040463 KABANJAHE TP 2021/2022 (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS QUALITY BERASTAGI).
Tresnawati, C., Aryanti, F., & Suhaerah, L. (2022). Flipped Learning Dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Materi Fotosintesis Dimasa Pandemik Covid-19. Biosfer: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 7(1), 41-49.
Wiranata, R. A., & Sujana, I. W. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pemecahan Masalah Kontekstual Materi Masalah Sosial Kelas IV SD. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 30-38.
Yuliati, Y. (2016). Peningkatan hasil belajarsains siswa sekolah dasar melalui model pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(2).
Yustiningsih, M. (2019). Intensitas cahaya dan efisiensi fotosintesis pada tanaman naungan dan tanaman terpapar cahaya langsung. Bio-Edu: Jurnal Pendidikan Biologi, 4(2), 44-49.
Zahara, F., & Fuadiyah, S. (2021, September). Pengaruh Cahaya Matahari Terhadap Proses Fotosintesis. In Prosiding Seminar Nasional Biologi (Vol. 1, No. 1, pp. 1-4)