Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Snowbrawl untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VI

Authors

  • Dwi Pamungkas Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Minat Belajar, PBL, Snowbrawl

Abstract

Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang menempatkan peserta didik sebagai pusat pembelajaran dan melibatkan mereka secara aktif dalam proses pembelajaran. Jangan sampai pembelajaran yang berlangsung hanya guru saja yang aktif menjelaskan dan menjadi pusat pembelajaran, sedangkan peserta didik hanya mengikuti secara pasif. Karena proses pembelajaran yang baik akan menghasilkan hasil belajar yang baik pula. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran menggunakan model problem based learning berbantuan media game snowbrawl di kelas IVA SDN Tambakrejo 01 Kota Semarang. Fokus penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didk dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kurt Lewin. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IVA SDN Tambakrejo 01 Kota Semarang tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 25 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model problem based learning berbantuan media game snowbrawl dapat meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan pada skor perolehan angket minat belajar sebelum tindakan 57% pada kategori rendah menjadi 86% setelah tindakan pada kategori tinggi. Hasil belajar peserta didik sebelum tindakan pada kategori cukup dengan skor 68% menjadi 72% pada siklus I pada kategori baik. Sedangkan peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 12% menjadi 84% pada kategori baik.

References

Aini & Saras. 2013. Pocketbook as Media of Learning to Improve Students’ Learning Motivation. Jurnal Pendidikan Akuntansi. Volume XI(2):68-75.

Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem based learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353.https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.36230

Aryanti, A. (2015). Perbandingan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Kemandirian Belajar Antara Siswa Yang Memperoleh Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pembelajaran Penemuan Terbimbing. UPI REPOSITORY, 12–26.

http://repository.upi.edu/id/eprint

/17635

Asri, E. Y. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 5.

http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index

. php/MTK/article/view/12246

Billah, F. A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) terhadap Minat Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 12 Pamulang.UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Edokpolor, J. E. (2016). Onstructivist Approaches : Emerging Paradigm for the Teaching and Learning of. Nigerian Journal of Business Education, 3(1), 149–158. http://www.nigjbed.com.ng/index. p hp/nigjbed/article/view/16.

Eismawati, E., Koeswanti, H. D., & Radia,

E. H. (2019). Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran problem based learning (PBL) siswa kelas 4 SD. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 71-

Nadia, A. I., Afiani, K. D. A., & Naila, I. (2022). Penggunaan Aplikasi Wordwall untuk meningkatkan hasil belajar matematika selama pandemi covid-19. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia 12(1), 33-43.

Yuliani, Y., Iriawan, S. B., & Robandi, B. (2019). Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Penemuan Terbimbing di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 69-78. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v4i1.20531

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Pamungkas, D. . (2023). Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Snowbrawl untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VI. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2812–2822. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5441

Issue

Section

Prosiding 2023