319. Peningkatan Hasil Belajar Tematik Menggunakan Model PBL Melalui Eksperimen Kelas V SDN Sendangmulyo 02

Authors

  • Afrokhi Hasan
  • Aryo Andri Nugroho
  • Yenny Rachmawati

Keywords:

Problem Based Learning, Praktikum

Abstract

Latar belakang penelitian ini kurangnya pemahaman pada mata pelajaran Tematik peserta didik kelas V SDN Sendangmulyo 02 mendorong dilakukannya penelitia tindakan kelas. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Tematik sehingga pemahaman peserta didik dapat meningkat. Dalam upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik maka diperlukan model dan media pembelajaran yang sesuai. Salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan adalah Problem Based Learning melalui eksperimen. Prosedur penelitian yang digunakan mengikuti prosedur PTK yang dilaksanakan dalam 2 siklus dan diawali dengan kegiatan Pra siklus. Pada tiap tahap dilakukan perbaikan Modul Ajar dan media sehingga dapat diketahui persentase keberhasilan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning melalui eksperimen. Hasil penelitian dengan digunakannya model Problem Based Learning menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didk yang signifikan. Pada tahap pra siklus, diketahui bahwa nilai rata-rata peserta didik 60 dengan prosentase 21,4%. Kemudian Pada siklus I, nilai rata-rata meningkat lagi menjadi 79 dengan prosentase meningkat menjadi 75%. Pada siklus II, nilai rata-rata meningkat lagi menjadi 84 dan prosentase menjadi 96,43%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning melalui eksperimen dapat meningkatan hasil belajar peserta didik pada

Tematik kelas V.

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Hasan, A. ., Nugroho, A. A. ., & Rachmawati, Y. . (2023). 319. Peningkatan Hasil Belajar Tematik Menggunakan Model PBL Melalui Eksperimen Kelas V SDN Sendangmulyo 02. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2844–2851. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4227

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>