Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik melalui Model PBL Berbantu Media Board Game Kelas V

Authors

  • Faradila Indah Megawati Universits PGRI Semarang

Keywords:

Keaktifan Belajar, Model Problem Based Learning, Media Board Game

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik yang cenderung pasif karena pembelajaran cenderung berpusat pada guru. Sehingga diperlukan penerapan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan media sebagai sumber belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan peserta didik kelas V B SDN Sendangmulyo 02. Populasi dan sampel pada penelitian adalah peserta didik kelas V B SDN Sendangmulyo 02 Semarang dengan jumlah sebanyak 28 peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik non tes antara lain observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis Miles yang terdiri atas empat tahapan yang harus dilakukan di antaranya perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus dan setiap siklus terdiri atas dua kali pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata keaktifan belajar peserta didik pada siklus I yaitu 73% dengan kategori baik dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 76% dengan kategori sangat baik. Rata-rata keseluruhan persentase dalam keaktifan belajar sudah mencapai 75% lebih, sehingga peneliti menetapkan bahwa penelitian ini sudah mencapai keberhasilan. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning berbantu media Board Game dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik.

References

Arikunto, S. 2017. Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Dewantara Jagad Aditya dan Nurgiansah T Heru. 2021. Peningkatan Keaktifan Belajar Melalui Penerapan Model Picture And Picture dalam Pembelajaran PPKn di Sekolah Dasar. Jurnal Publikasi Pendidikan, 11 (3), 234-241.

Falaakh, Iqliima Filasthiin, dkk. 2019. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII A SMP Negeri 16 Surakarta. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematikan (JPMM) Solusi, 3 (1), 80-90.

Farida, Hidayatul., dkk. 2021. Penerapan Model Snowball Throwing Tema Lingkungan Sahabat Kita sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar. Jurnal Pendidikan Dasar, 2 (1), 118-125.

Nafiah, Yunin Nurun. 2014. Penerapan Model Problem Based Learning untuk meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4 (1), 125-143.

Normala Rahmadano & Indri Anugraheni. 2017. Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika melalui Pendekatan Problem Based Learning bagi Siswa Kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7 (3), 241-250.

Nurrohim, dkk. 2022. Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Model Problem Based Learning pada Mata Pelajaran PKN Kelas IV Sekolah Dasar Negeri. SITTAH: Journal of Primary Education, 3 (1), 60-75.

Nurrohim, Suyoto, dan Anjarini Titi. 2022. Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Model Problem Based Learning pada Mata Pelajaran PKN Kelas IV Sekolah Dasar Negeri. SITTAH: Journal og Primary Education, 3 (1), 60-75.

Prasetyo Apri Dwi dan Abduh Muhammad. 2021. Peningkatan Keaktifan Belajar Melalui Model Discovery Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5 (4), 1717-1724.

Puspitasari Jennes Choirunnissa dkk. 2022. Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Model PBL Materi Nilai-Nilai Budaya Masyarakat Praaksara di Kelas VII SMPN 1 Jebus Kab. Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung. Jurnal Pemikiran Kesejahteraan dan Pendidikan Sejarah, 20 (1), 98-111.

Shoimin, Aris. 2014. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Suarni. 2017. Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Organisasi Pelajaran PKN Melalui Pendekatan Pembelajaran PAKEM untuk Kelas IV SD Negeri 064988 Medan Johor T.A. 2014/2015. Journal of Physics and Science Learning (PASCAL), 1 (2), 129-140.

Sudjana, N. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdikarya.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Susantyo, Salmaa Ainun dkk. 2023. Peningkatan Keaktifan Belajar dan Hasil Belajar PPKn Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas 3 SD Negeri Gedongtengen. Dikdaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9 (4), 405-414.

Wati, K, Armida, dkk. (2019). Meningkatkan Keaktifan Belajar Melalui Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Tematik pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ittihad Kota Jambi. http://repository.uinjambi.ac.id/2568/

Wibowo Nugroho. 2016. Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar di SMK Negeri 1 Saptosari. Jurnal Electornics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO), 1(2), 128-139.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Megawati, F. I. (2023). Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik melalui Model PBL Berbantu Media Board Game Kelas V. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 1711–1718. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5309

Issue

Section

Prosiding 2023