Peningkatan Minat Belajar Pendidikan Pancasila berbantuan Media Monkatar di SDN Panggung Lor
Keywords:
Minat, Monopoli, BelajarAbstract
Siswa mengalami kesulitan dalam menerima materi yang disampaikan oleh guru sehingga minat belajar siswa masuk dalam kategori kurang. Selain itu dalam proses pembelajaran guru belum menggunakan media pembelajaran yang dapat menarik minat belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan minat belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila berbantuan media monkatar di SDN Panggung Lor. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Panggung Lor yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan minat belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila berbantuan media monkatar di SDN Panggung Lor mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dari rata-rata minat belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila berbantuan media monkatar dengan persentase 82,10% dengan kategori sangat baik dan telah mencapai indicator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu ≥62,50% dengan kategori baik.
References
Ardhani, A. D., Ilhamdi. M. L., Istiningsih, S., (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas IV SD. Jurnal Pijar MIPA. 16(2). 170-175.
Aqib, Zaenal. 2014. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arifin, Zainal. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Dalyono. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Fauzia, H. A. (2018). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar matematika SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40-47.
Ibda, F. (2012). Pendidikan Moral Anak Melalui Pengajaran Bidang Studi PPKn dan Pendidikan Agama. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 12(2), 338–347.
Kurniawati, E., (2021). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PPKn. Pedagogi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 1(1),1-5.
Mashuri, S., Djidu, H., & Ningrum, R. K. (2019). Problem-based learning dalam pembelajaran matematika: Upaya guru untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 112–125.
Ni’mah, K. N., Warsiman, W., & Hermiati, T. (2022). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa melalui Media Genially dalam Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Malang. Jurnal Metamorfosa , 10(1), 1-10. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v10i1.1731
Ricardo dan Meilani, R.I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 188-201.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Umayah, R. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Monopoli Berbasis Paikem Dalam Peningkatan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PPKN di Kelas VII SMP Negeri 1 Jabon. Kajian Moral dan Kewarganegaraan, 7(2).
Yanti, N. H., Nuvitalia, D., Miyono, N., Rizkiyati, N., (2023). Analisis Keaktifan Belajar Siswa Sekolah Dasar menggunakan Aplikasi Wordwall. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(3). 634-638.
Zubaidah. S., Azizah. M., & Siska A. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Kincir Pop Up (K-Pop) Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas I Di SD Supriyadi Semarang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 5181 - 5191. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1199