Meningkatkan Mnat Belajar Peserta Didik dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Materi Matematika Kelas III SD Negeri Wonotingal

Authors

  • Novi Setianingsih Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Matematika, Minat belajar, problem based learning (PBL) Abstract

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengantujuanuntuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada mata  pelajaran matematika dan hasil peningkatan minat belajar peserta didik dengan menggunakan model  pembelajaran problem based learning (PBL). Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas  yang mengadaptasi dari model Kurt Lewin (Planning, Acting, Observing, and Reflecting) yang  dipopulerkan oleh Kurt Lewin. Subjek penelitian tindakan kelas ini yaitu 24 peserta didik kelas III B SD  N Wonotingal Kota Semarang. Data diperoleh melalui observasi, angket dan dokumentasi. Setelah  melakukan penelitian, diketahui adanya peningkatan minat belajar peserta didik dengan menggunakan  model pembeajaran proble based learning (PBL) pada materi matematika kelas III di SD N Wonotingal.  Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan minat belajar peserta didik dari kondisi awal, siklus  I, dan siklus II telah mencapai atau melampaui target keberhasilan yang telah peneliti tentukan. Pada  kondisi awal rata-rata minat belajar peserta didik adalah 66 termasuk kategori cukup berminat dengan presentase peserta didik yang mendapatkan 75%. Minat belajar peserta didk pada siklus I dengan rata rata 83 dalam kategori berminat dengan presentase peserta didik mendapatkan 94%. Sedangkan hasil  minat belajar siklus II dengan rata-rata 94 dalam kategori sangat berminat dengan presentase peserta  didik yang cukup berminat keatas mendapatkan 100%.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dalyono. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Endarmoyo, W. 2018. Caram Matemawiku Inovasi Cerdas Matematika Dasar. Jakarta: Indocamp.

Kompri. 2017. Belajar : Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Yogyakarta: Media Akademi.

Rozikin, S., H. Amir, and S. Rohiat. 2018. “Hubungan Minat Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia Di SMA Negeri 1 Tebat Karai Dan SMA Negeri 1 Kabupaten Kepahian.” Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kimia (2252– 8075):78–81.

Sholihah, D. A., and A. Mahmudi. 2015. “Keefektifan Experiental Learning Pembelajaran Matematika MTs Materi Bangun Ruang Sisi Datar.” Jurnal Riset Pendidikan Matematika 2 Nomor 2(2356–2684):175–85.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Setianingsih, N. . (2023). Meningkatkan Mnat Belajar Peserta Didik dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Materi Matematika Kelas III SD Negeri Wonotingal. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 3100–3111. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5474

Issue

Section

Prosiding 2023