PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MINAT PESERTA DIDIK MATERI SEL BERBASIS E-LEARNING

Authors

  • M. Eko Daris Universitas PGRI Semarang

Keywords:

e-learning, hasil belajar, minat, problem based learning

Abstract

Salah satu materi dalam pembelajaran biologi yang sulit  dipahami oleh sebagian besar peserta didik adalah materi sel, karena bersifat abstrak sehingga menurunkan minat belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan tingkat minat, dan hasil be;ajar peserta didik kelas XI di SMA N 11 Semarang dalam materi sel setelah mengikuti pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dengan masing-masing siklus mencakup tiga pertemuan pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI SMA N 1 Semarang. Metode pengumpulan data meliputi tes, observasi, dan kuesioner. Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar peserta didik, observasi dilakukan untuk memonitor tingkat partisipasi peserta didik dalam proses pembelajaran, dan kuesioner digunakan untuk mengukur minat belajar peserta didik selama mengikuti pembelajaran dengan model PBL. Analisis data menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam tingkat ketuntasan belajar, minat belajar, dan partisipasi peserta didik dari siklus I  hingga siklus II. Pada siklus I, peserta didik mencapai tingkat yang memenuhi indikator keberhasilan yang ditentukan, yaitu mencapai 97,2% dibandingkan dengan siklus I yang hanya mencapai 83,3%. Minat belajar peserta didik juga mengalami peningkatan dari 62 % pada siklus I menjadi 79% pada siklus II. Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem based Learning (PBL) telah berhasil dalam meningkatkan hasil belajar dan minat peserta didik pada materi sel.

References

Ansariyah, A. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Lingkungan Melalui Model Pembelajaran Picture And Picture Di Kelas V SD Negeri 14 Blangpidie Kabupaten Aceh Barat Daya. Jurnal Serambi Akademica, 9(11), 2130-2139.

Apriyani, P., Margiati, K., & Anasi, P. T. 2019. Pengaruh Penerapan Model PBL Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Kelas X IPS MAN 2 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Katulistiwa, 8(1), 1-8.

Berutu, M. H. A., & Tambunan, M. I. H. (2018).Pengaruh minat dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar biologi peserta didik SMA se- kota Stabat.Jurnal Biolokus: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi dan Biologi, 1(2), 109-116.

Janah, M. C., Widodo, A. T., & Kasmui. 2018. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(1), 2097-2107

Magdalena, R. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) serta Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Negeri 5 Kelas XI Kota Samarinda Tahun Ajaran 2015. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 13, No. 1, pp. 299-306).

Mustakim, S., Walanda, D., & Goggo, S,. (2013). Penggunaan QR code Dalam Pembelajaran Pokok Bahasan Sistem Preriodik Unsur Pada Kelas X SMA Labschool Untad. Jurnal Akademi Kimia, 2(4), 215-221

Naisyah. 2019. Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Kelas X3 SMA Negeri Bulukumba. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 2(1), 10-14.

Proceeding Biology Education Conference, Seminar Nasional XIII Pendidikan Biologi UNS 299 SP-005-010. 13, pp. 299-306. UNS: Fakuktas Pendidikan

Rahmat, E. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta didik. Jurnal Penelitian Pendidikan.

Slameto. (1991). Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Tim Pengarang Ilmu Pendidikan FIP-UPI.(2007). Ilmu Pendidikan Teoritis. Jakarta:Grafindo

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Daris, M. E. . (2023). PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MINAT PESERTA DIDIK MATERI SEL BERBASIS E-LEARNING. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 3584–3590. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5687

Issue

Section

Prosiding 2023