Penerapan Model PBL Berbantu Media Simulator Gempa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas V SDN Karanganyar Gunung 02 Kota Semarang

Authors

  • Reza Rizqiana Universitas PGRI Semarang
  • Qoriati Mushafanah Universitas PGRI Semarang
  • Nur Riskiyati

Keywords:

Hasil belajar, Problem Based Learning, Simulator Gempa

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perolehan hasil belajar yang belum mencapai Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran, Tujuan penelitian ini untuk mengkaji penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantu media Simulator gempa untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik Kelas 5 B  SDN Karanganyar Gunung 02 pada mata pelajaran IPAS. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan teknik pengumpulan data berupa tes dengan pengumpulan data tes melalui soal evaluasi. Subyek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas 5 B  SDN Karanganyar Gunung 02 Kota Semarang tahun pelajaran 2023/2024 yang berjumlah 28 peserta didik yang terdiri dari 16 peserta didik laki-laki dan 12 peserta didik perempuan. Dari hasil olah data setelah penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran based learning berbantu media simulator gempa pada mata pelajaran IPAS materi Bumiku Sayang, Bumiku Malang pada peserta didik kelas 5 B . Nilai Kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran yaitu 70, bisa diartikan bahwa peserta didik harus memperoleh nilai ditas 70 untuk mencapai ketuntasan, sedangkan peserta didik yang memperoleh nilai dibawah 70 melakukan remedial. Berdasarkan pada hasil data yang disajikan bahwa hasil belajar peserta didik pada siklus I dan II mengalami peningkatan. Rata-rata hasil belajar siklus I yaitu 58,92%, sedangkan pada siklus II yaitu 66,96% . Dengan demikian bisa dikatakan bahwa pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning berbantu media simulator gempa dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 5 B SDN Karanganyar Gunung 02 Tahun pelajaran 2023/2024.

Kata kunci: Hasil belajar, Problem Based Learning, Simulator Gempa

References

Ruswan, A., Rosmana, P. S., Oktafrina, A., Apriliani, D., Nurfaoziah, K., Fatimah, R., & Zahra, N. (2023). Penerapan Kurikulum Merdeka dengan Model Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7, 31676–31684.

Izma, T., & Kesuma, V. Y. (2019). Peran Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membangun Karakter Bangsa. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 17(1), 84. https://doi.org/10.31851/wahanadi

daktika.v17i1.2419

Dahlia, D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Topik Bilangan Cacah. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14 (2), 59-64.

Ramdhini, R. (2023). Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Media Kartu Asean untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas 6SD. Jurnal

Pengajaran Sekolah Dasar, 2 (1), 110.

Rahman, A. &. (2019). Development of Domino Card as Math Learning Media to Train Students' Conceptual Understanding. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 9 (2), 91100.

Downloads

Published

2025-01-09

How to Cite

Rizqiana, R., Mushafanah, Q., & Riskiyati, N. (2025). Penerapan Model PBL Berbantu Media Simulator Gempa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas V SDN Karanganyar Gunung 02 Kota Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 171–178. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/6257

Issue

Section

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Most read articles by the same author(s)