84. Penerapan PBL Berbantu Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas III SDN Ngempon 02

Authors

  • Reni Cahyani Universitas PGRI Semarang
  • Iin Purnamasari Universitas PGRI Semarang
  • Danik Sri Wahyuni SD Negeri Ngempon 02

Keywords:

PBL, Media Konkret, Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Penelitian ini didorong oleh rendahnya hasil belajar Matematika peserta didik. Kajian ini diharapkan dapat menentukan peningkatan hasil belajar Matematika dengan menerapkan model pembelajaran PBL berbantuan media konkret kepada peserta didik kelas III SDN Ngempon 02 Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus merupakan jenis penelitian ini. Penelitian ini melibatkan 31 peserta didik SDN Ngempon 02 kelas III sebagai subjek. Data dalam penelitian ini dikumpulkan oleh metode tes. Lembar evaluasi siswa digunakan dalam instrumen penelitian. Data tersebut dianalisis menggunakan metode analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika peserta didik. Berdasarkan rata-rata persentase hasil belajar matematika peserta didik pada pra siklus mencapai 55%, siklus I mencapai 77%, dan siklus II mencapai 84%. Berdasarkan temuan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa selama tahun pelajaran 2022/2023 penerapan model pembelajaran PBL berbantuan media konkrit dapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas III SDN Ngempon 02.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Cahyani, R., Purnamasari, I., & Wahyuni, D. S. (2023). 84. Penerapan PBL Berbantu Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas III SDN Ngempon 02. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 756–764. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4023

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)