Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Sifat Komutatif pada Penjumlahan Menggunakan Media Papan Pertukaran Penjumlahan pada Peserta Didik Kelas III D SD Negeri Wonotingal Kota Semarang

Authors

  • Aufa Amroini Indah Saesari Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Hasil Belajar, Matematika, Papan Pertukaran Penjumlahan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi sifat komutatif pada penjumlahan di kelas III D SD Negeri Wonotingal dengan menerapkan media pembelajaran papan pertukaran penjumlahan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan media pembelajaran papan pertukaran penjumlahan efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas III D SD Negeri Wonotingal pada materi sifat komutatif pada penjumlahan. Penggunaan media ini membantu peserta didik dalam memahami konsep matematika yang bersifat abstrak dengan cara yang lebih konkret dan interaktif. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi referensi bagi guru-guru dalam mengembangkan metode pembelajaran yang lebih efektif dalam mengajar matematika.

References

Adri, R. F. (2020). Pengaruh Pre-Test Terhadap Tingkat Pemahaman Mahasiswa Program Studi Ilmu Politik Pada Mata Kuliah Ilmu Alamiah Dasar. Jurnal Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

Arsyad. (2018). Kreativitas Guru Menggunakan Model Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Didaktika .

Heruman. (2007). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Radiusman. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika.

Sari, R. P., & Kurniawan, A. (2019).

Penerapan Teori Belajar Kontruktivisme pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Didaktika.

Surya, E., & Siregar, R. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep

Matematik Siswa SMP Melalui Metode Penemuan Terbimbing. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Islam Sumatera Utara.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Saesari, A. A. I. . (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Sifat Komutatif pada Penjumlahan Menggunakan Media Papan Pertukaran Penjumlahan pada Peserta Didik Kelas III D SD Negeri Wonotingal Kota Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 3112–3117. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5475

Issue

Section

Prosiding 2023