Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantu Project Journey Science pada Mata Pelajaran IPAS

Authors

  • Siskawati Universits PGRI Semarang

Keywords:

Hasil Belajar, Pembelajaran Berdiferensiasi, Project Based Learning.

Abstract

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IV melalui pembelajaran berdiferensiasi berbantu Project Journey Science pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Penelitian ini melibatkan 24 peserta didik SDN Pandean Lamper 04 Semarang. Jenis penelitian ini Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak II siklus dengan teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes, dan dokumentasi. Lembar evaluasi siswa digunakan dalam instrumen penelitian. Data tersebut dianalisis menggunakan metode analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) peserta didik. Berdasarkan rata-rata persentase hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) peserta didik pada pra siklus mencapai 37%, siklus I pertemuan ke 1 mencapai 62% dan Pertemuan ke 2 mencapai 75% dan Siklus II Pertemuan ke 1 mencapai 83% dan Pertemuan ke 2 mencapai 87%. Berdasarkan temuan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa selama tahun pelajaran 2022/2023 penerapan model pembelajaran Berdiferensiasi berbantu Project Journey Science dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) peserta didik kelas IV SDN Pandean Lamper 04.

References

Amini, Risda. (2015). Pengaruh Penggunaan Project Based Learning Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Effect Of The Use Of Project Based Learning And Motivation For Learning Outcomes For Elementary School. Universitas Muhammadiyah Malang.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, O. 2015. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, O. 2015. Proses Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Harefa, Darmawan. et al. (2020). Peningkatan Hasil Belajar IPA pada Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS). Musamus Journal of Primary Education. Vol 3 (No 1): hal 1-18.

Marzipan. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Dasar (Tinjauan Literatur dalam Implementasi Kurikulum Merdeka). Volume 3 Nomor 2. Renjana Pendidikan Dasar.

Mutakhirin. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Melalui Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa SD. Jurnal Ilmiah Guru “COPE”, No. 01/Tahun XVIII/Mei 2014.

Naibaho, D. P. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Mampu Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik. Journal of Creative Student Research. Vol.1, No.2 April 2023.

Pratiwi, I. A. et al. (2018). Peningkatan Kemampuan Kerjasama Melalui Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Metode Edutainment Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Refleksi Edu Katika 8 (2).

Project Based Learning ( PjBL ) Berbantuan Media Powerpoint Pada Siswa Kelas IV Sd Negeri Ngrambitan. Skripsi. Universitas Kristen Satya Wacana.

Roufah, A. L. (2016). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Ipa Melalui Model.

Wahyuni, A. S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan MIPA. Vol. 12 No.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Siskawati. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantu Project Journey Science pada Mata Pelajaran IPAS. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2128–2135. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5359

Issue

Section

Prosiding 2023