15. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Project Based Learning Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas II SD N Sendangmulyo 02

Authors

  • Farida Retno Hartati Universitas PGRI Semarang
  • Aryo Andri Nugroho Universitas PGRI Semarang
  • Rafika Nuriafuri SD N Sendangmulyo 02

Keywords:

model Project Based Learning, hasil belajar, pembelajaran tematik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model project based learning pada kelas IIA SD N Sendangmulyo 02. Metode penelitian yang mdigunakan penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan Peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Project Based Learning pada tema 7 subtema 3 pembelajaran 1, tema 7 subtema 3 pembelajaran 6 dan tema 8 subtema 4 pembelajaran 1 mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IIA SD N Sendangmulyo 02 yang ditunjukan dengan adanya peningkatan dari pra tindakan, siklus I ke siklus II dan ke siklus III. Ketuntasan hasil belajar pada pra tindakan 61 % atau 17 siswa, siklus I sebesar 82% atau 23 siswa. Sedangkan siklus II ketuntasan hasil belajar 93% atau 26 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa pembelajaran tematik menggunakan model Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas II A SD N Sendangmulyo 02 Semarang.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Hartati, F. R., Nugroho, A. A., & Nuriafuri, R. (2023). 15. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Project Based Learning Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas II SD N Sendangmulyo 02. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 119–126. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3922

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>