Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantu Media Ular Tangga Pintar di Kelas III SDN Sambirejo 02
Keywords:
Hasil Belajar, Model Problem Based Learning, Media Ular Tangga PintarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar menggunakan Model Problem Based Learning berbantu Media Ular Tangga Pintar di Kelas III SDN Sambirejo 02. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah guru selaku observer, peneliti selaku praktisi, dan siswa kelas III sebanyak 24 orang. Hasil penelitian diperoleh persentase hasil belajar aspek pengetahuan peserta didik pada pembelajaran tematik yang diterapkan secara berkelanjutan setiap pembelajarannya di siklus I yaitu 39,6 % dengan kualifikasi Kurang Baik (KB), kemudian pada siklus II yaitu 72,9 % dengan kualifikasi Cukup Baik (CB), dan pada siklus III yaitu adalah 81,3 % dengan kualifikasi Baik (B). Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa model Problem Based Learning berbantu Media Ular Tangga Pintar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas III SDN Sambirejo 02.
References
Arianti, A. (2019). Urgensi Lingkungan Belajar Yang Kondusif Dalam Mendorong Siswa Belajar Aktif.
Atminingsih, D.,Wijayanti, A., & Ardiyanto, A. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran PBL Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas III SDN Baturagung. Mimbar PGSD Undiksha.7 (2), p-ISSN 2614-4727, e-ISSN 2614-4735. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD
Indah Suciati. (2021). Permainan “Ular Tangga Matematika” Pada Materi Bilangan Pecahan. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 1(1), 10–21. https://doi.org/10.51574/kognitif.v1i1.5
Jamalia, J. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Media Permainan Ular Tangga pada Peserta Didik Kelas VI SD Negeri 104/IX Kedemangan
Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal PGSD, 11(2), 100–105. https://doi.org/10.33369/pgsd.11.2.100-105
Junaidi. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Sikap Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, 9 (1). 25-35
Kemdikbud. (2019). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal GTK
Kemdikbud. 2014. Konsep dan implementasi kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Konsep, Landasan, Dan Implementasi Pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif / KTI). Jakarta. Jakarta: Prenada Media Group.
Lestari, I. C. (2021). 79 | P a g e. Penerapan Media Permainan Ular Tangga Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar, 2(1), 79–87.
Magdalena, Ina dkk.(2021). “Penggunaan Evaluasi Non Tes Dan Hambatannya Dalam Pembelajaran Di Sds Sari Putra Jakarta Barat”.PENSA : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial. Vol.3, No. 1.
Nugroho , A. A., Dwijayanti , I., & Atmoko, Y. P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Penemuan Dan Lingkungan Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Meta Analisis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. Vol. 9, No. 1, 2020, 147-157. https://eprints.upgris.ac.id/2110/1/4b.pdf
Riyansyah, Suparman, F., & Agustiani, T. (2020). Analisis Deskripsi Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Smp Negeri 03 Simpenan. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesi
Robiyanto, A. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa, Jurnal Pendidika Guru Sekolah Dasar. 2 (1) : 114-121.
Sudewiputri, M. P., & Dharma, I. M. A. (2021). Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 428. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.38900
Sudibyo, T., Deviana, T., & Widuri, A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Materi Peristiwa Seputar Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Melalui Model Problem Based Learning (PBL) di SDN Kepatihan 1 Tulungagung. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar.Vol. 8. ISSN Cetak : 2477-2143 ISSN Online : 2548-6950. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/8609
Sukmawati, L., Mursidik, E. M., & Hardhinata, A. Y. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Media Ular Tangga Pintar pada Siswa Kelas IV. JPP: Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol.15. P-ISSN: 5085-0581. E-ISSN: 2477-5851. https://ejournal.stkippacitan.ac.id/ojs3/index.php/jpp/article/view/864
Susanto, H., Irmawati, Akmal, H., & Abbas, E. W. (2021). Media film dokumenter dan pengaruhnya terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 9(1), 65–78.