Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantu Media Ular Tangga Pintar di Kelas III SDN Sambirejo 02

Authors

  • Susilowatiningsih Universits PGRI Semarang
  • Ida Dwijayanti Universits PGRI Semarang
  • Mardani Esti Pambayun Universits PGRI Semarang

Keywords:

Hasil Belajar, Model Problem Based Learning, Media Ular Tangga Pintar

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar menggunakan  Model Problem Based Learning berbantu Media Ular Tangga Pintar di Kelas III SDN Sambirejo 02. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah guru selaku observer, peneliti selaku praktisi, dan siswa kelas III sebanyak 24 orang. Hasil penelitian diperoleh persentase hasil belajar aspek pengetahuan peserta didik pada  pembelajaran tematik yang diterapkan secara berkelanjutan setiap pembelajarannya di siklus I yaitu 39,6 % dengan kualifikasi Kurang Baik (KB), kemudian pada siklus II yaitu 72,9 % dengan kualifikasi  Cukup Baik (CB), dan pada siklus III yaitu adalah 81,3 % dengan kualifikasi Baik (B). Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa model Problem Based Learning berbantu Media Ular Tangga Pintar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas III SDN Sambirejo 02.

References

Arianti, A. (2019). Urgensi Lingkungan Belajar Yang Kondusif Dalam Mendorong Siswa Belajar Aktif.

Atminingsih, D.,Wijayanti, A., & Ardiyanto, A. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran PBL Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas III SDN Baturagung. Mimbar PGSD Undiksha.7 (2), p-ISSN 2614-4727, e-ISSN 2614-4735. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD

Indah Suciati. (2021). Permainan “Ular Tangga Matematika” Pada Materi Bilangan Pecahan. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 1(1), 10–21. https://doi.org/10.51574/kognitif.v1i1.5

Jamalia, J. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Media Permainan Ular Tangga pada Peserta Didik Kelas VI SD Negeri 104/IX Kedemangan

Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal PGSD, 11(2), 100–105. https://doi.org/10.33369/pgsd.11.2.100-105

Junaidi. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Sikap Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, 9 (1). 25-35

Kemdikbud. (2019). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal GTK

Kemdikbud. 2014. Konsep dan implementasi kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Konsep, Landasan, Dan Implementasi Pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif / KTI). Jakarta. Jakarta: Prenada Media Group.

Lestari, I. C. (2021). 79 | P a g e. Penerapan Media Permainan Ular Tangga Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar, 2(1), 79–87.

Magdalena, Ina dkk.(2021). “Penggunaan Evaluasi Non Tes Dan Hambatannya Dalam Pembelajaran Di Sds Sari Putra Jakarta Barat”.PENSA : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial. Vol.3, No. 1.

Nugroho , A. A., Dwijayanti , I., & Atmoko, Y. P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Penemuan Dan Lingkungan Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Meta Analisis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. Vol. 9, No. 1, 2020, 147-157. https://eprints.upgris.ac.id/2110/1/4b.pdf

Riyansyah, Suparman, F., & Agustiani, T. (2020). Analisis Deskripsi Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Smp Negeri 03 Simpenan. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesi

Robiyanto, A. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa, Jurnal Pendidika Guru Sekolah Dasar. 2 (1) : 114-121.

Sudewiputri, M. P., & Dharma, I. M. A. (2021). Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 428. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.38900

Sudibyo, T., Deviana, T., & Widuri, A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Materi Peristiwa Seputar Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Melalui Model Problem Based Learning (PBL) di SDN Kepatihan 1 Tulungagung. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar.Vol. 8. ISSN Cetak : 2477-2143 ISSN Online : 2548-6950. https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/8609

Sukmawati, L., Mursidik, E. M., & Hardhinata, A. Y. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Media Ular Tangga Pintar pada Siswa Kelas IV. JPP: Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol.15. P-ISSN: 5085-0581. E-ISSN: 2477-5851. https://ejournal.stkippacitan.ac.id/ojs3/index.php/jpp/article/view/864

Susanto, H., Irmawati, Akmal, H., & Abbas, E. W. (2021). Media film dokumenter dan pengaruhnya terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 9(1), 65–78.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Susilowatiningsih, Ida Dwijayanti, & Mardani Esti Pambayun. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Berbantu Media Ular Tangga Pintar di Kelas III SDN Sambirejo 02. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2136–2142. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5360

Issue

Section

Prosiding 2023