Peningkatan Hasil Belajar IPAS melalui Model Project Based Learning pada Peserta Didik Kelas IV B SDN Rejosari 01 Semarang

Authors

  • Jinan Nada Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Project Based Learning, Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPAS

Abstract

Dalam mata pelajaran IPAS, masalah belajar yang terjadi adalah hasil belajar peserta didik yang rendah
karena pengaruh faktor internal (minat, motivasi, rasa percaya diri, kebiasaan belajar) dan faktor
eksternal seperti banyak istilah asing, materi terlalu padat, banyak hafalan, peserta didik terkesan susah
memahami materi, guru yang cenderung mendominasi pembelajaran dan terlalu monoton. Penelitian
yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPAS pada peserta didik kelas IV B SDN
Rejosari 01 melalui model Project Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas
yang dilakukan sebanyak 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Subyek dalam penelitian yaitu peserta didik kelas IV B SDN Rejosari 01 Semarang yang terdiri dari 13
perempuan dan 13 laki-laki. Dengan teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes dan dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif komparatif. Pada tiap
siklus diketahui keberhasilan penggunaan model pembelajaran Project Based Learning pada mata
pelajaran IPAS menunjukkan peningkatan hasil belajar yang diperoleh dari soal evaluasi. Presentase ketuntasan
hasil belajar peserta didik pada siklus I sebesar 62% dan pada siklus II sebesar 88%. Artinya hasil belajar pada
siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 26%. Hal tersebut menunjukkan hasil belajar peserta didik
telah memenuhi indikator keberhasilan yaitu ≥ 80%. Dengan demikian model pembelajaran Project Based
Learning pada Mata Pelajaran IPAS Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV B SDN Rejosari 01
dapat meningkat.

References

Agustina, N. S., Robandi, B., Rosmiati, I., &

Maulana, Y. (2022). Analisis

Pedagogical Content Knowledge

terhadap Buku Guru IPAS pada

Muatan IPA Sekolah Dasar

Kurikulum Merdeka. Jurnal

Basicedu , 6(5), 9180–9187.

Retrieved from

https://doi.org/10.31004/basicedu.v

i5.3662

Ameliya, R. R., & Ssetyawan, A. (2014).

Analisis Penyebab Kesulitan Belajar

IPA Pada Siswa Kelas IV. Paper

Knowledge . Toward a Media

History of Documents, 5(2), 40–51.

Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2020).

Analisis Penggunaan Model

Pembelajaran Project Based

Learning Dalam Peningkatan

Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan

Administrasi Perkantoran (JPAP),

(2), 292–299.

https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2

.p292-299

Aprilia, W. (2020). Organisasi dan Desain

Pengembangan Kurikulum.

Islamika, 2(2), 208–226.

https://doi.org/10.36088/islamika.v

i2.711

Ariyanto, M. (2018). Peningkatan Hasil

Belajar Ipa Materi Kenampakan

Rupa Bumi Menggunakan Model

Scramble. Profesi Pendidikan Dasar,

(2), 133.

https://doi.org/10.23917/ppd.v3i2.3

Arnyana Putu, I. B. (2019). Pembelajaran

Untuk Meningkatkan Kompetensi

C(Communication,

Collaboration,Critical Thingking dan

Creative Thinking) Untuk

Menyongsong Era Abad 21. עלון הנוטע,

(3), 37–39.

FT, Mhaisen, & Et, A. (2018). Improving

Learning Motivation with Fun

Learning Methods in the Covid-19

Pandemic. Angewandte Chemie

International Edition, 6(11), 951–

, 13(5), 10–27.

Gunawan, B., Relmasira, S. C., & Hardini,

A. T. A. (2018). Penerapan Model

Pembelajaran Project Based

Learning Untuk Meningkatkan Hasil

Belajar Ipa Dan Kemampuan Berfikir

Kreatif Siswa Kelas V Sd.

Transcommunication, 53(1), 1–8.

Retrieved from

http://www.tfd.org.tw/opencms/eng

lish/about/background.html%0Ahtt

p://dx.doi.org/10.1016/j.cirp.2016.0

001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016

/j.powtec.2016.12.055%0Ahttps://d

oi.org/10.1016/j.ijfatigue.2019.02.0

%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ma

tlet.2019.04.024%0Aht

Hasanah, M., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh

Model Problem Based Learning

Terhadap Kemampuan Kognitif IPA

pada Pembelajaran Tematik

Terpadu. Jurnal Basicedu, 5(3),

–1517.

Nadhifah, Y. (2023). Pembelajaran Ilmu

Pengetahuan Alam Dan Sosial

(IPAS).

Noviati, M. D. A. (2019). Application of the

Project Based Learning Model

(PJBL). Journal of Chemical

Information and Modeling, 15(2), 9–

Nupita, E. (2013). Penerapan model

pembelajaran penemuan terbimbing

untuk meningkatkan hasil belajar

dan keterampilan pemecahan

masalah IPA pada siswa kelas V

sekolah dasar. Journal Penelitian

Pendidikan Guru Sekolah Dasar,

(2), 1–9.

Nurlaili. (2018). Upaya Peningkatan Hasil

Belajar Biologi Siswa Kelas X

Melalui Pendekatan Cooperative

Learningtipe Stad Pada Materi

Virus Di Sman 1 Mereubo. VII(2),

–71.

Oktadiana, B. (2019). Analisis Kesulitan

Belajar Membaca Permulaan Siswa

Kelas II pada Mata Pelajaran Bahasa

Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah

Munawariyah Palembang. JIP Jurnal

Ilmiah PGMI, 5(2), 143–164.

https://doi.org/10.19109/jip.v5i2.36

Safina, W. L. (2021). Artikel Peran Guru

Dalam Pengembangan Pendidikan.

Artikel Peran Guru Dalam

Pengembangan, pp. 1–8.

Sartini, & Mulyono, R. (2022). Analisis

Implementasi Kurikulum Merdeka

Belajar Untuk Mempersiapkan

Pembelajaran Abad 21. Didaktik :

Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang,

(2), 1348–1363.

https://doi.org/10.36989/didaktik.v

i2.392

Sastrawan, K. B. S. (2019). Peningkatan

Mutu Pendidikan Melalui

Perencanaan Mutu Strategis. Jurnal

Penjaminan Mutu, 5(Nomor 2),

–213.

Savitri, O., & Meilana, S. F. (2022).

Pengaruh Model Pembelajaran

Flipped Classroom terhadap

Pemahaman Konsep IPA Siswa

Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu,

(4), 7242–7249.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v

i4.3457

Suwardi, I., & Farnisa, R. (2018).

Hubungan Peran Guru Dalam Proses

Pembelajaran Terhadap Prestasi

Belajar Siswa. Jurnal Gentala

Pendidikan Dasar, 3(2), 181–202.

https://doi.org/10.22437/gentala.v3

i2.6758

Syarif, M. I., Susanti, H., Temitope, J.,

Ilmu, T., Alam, P., Islam, U., ... State,

K. (2023). Pengaruh Model Project

Based Learning Berbantuan

Laboratorium Virtual Terhadap

Keterampilan Berpikir Kritis.

(02), 30–37.

Wulandari, P. A. (2023). Implementasi

Pembelajaran Teks Debat

Berbantuan E-Modul di SMK Negeri

2(1), 68–74.

Yuliana, L. M., Umi, S., & Widjaja, M.

(2021). Implementasi pembelajaran

berbasis proyek (project-based

learning) untuk peningkatan high

order thinking skills siswa sma pada

pembelajaran ekonomi. Bisnis Dan

Pendidikan, 1(12), 1195–1207.

https://doi.org/10.17977/um066v1i1

p1195-1207

Yulianti, H., Iwan, C. D., & Millah, S.

(2018). Penerapan Metode Giving

Question and Getting Answer untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Peserta

Didik pada Mata Pelajaran

Pendidikan Agama Islam. Jurnal

Penelitian Pendidikan Islam, 6(2),

https://doi.org/10.36667/jppi.v6i2.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Nada, J. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPAS melalui Model Project Based Learning pada Peserta Didik Kelas IV B SDN Rejosari 01 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2557–2565. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5413

Issue

Section

Prosiding 2023