Peningkatan Hasil Belajar IPAS melalui Model Project Based Learning pada Peserta Didik Kelas IV B SDN Rejosari 01 Semarang
Keywords:
Project Based Learning, Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPASAbstract
Dalam mata pelajaran IPAS, masalah belajar yang terjadi adalah hasil belajar peserta didik yang rendah
karena pengaruh faktor internal (minat, motivasi, rasa percaya diri, kebiasaan belajar) dan faktor
eksternal seperti banyak istilah asing, materi terlalu padat, banyak hafalan, peserta didik terkesan susah
memahami materi, guru yang cenderung mendominasi pembelajaran dan terlalu monoton. Penelitian
yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPAS pada peserta didik kelas IV B SDN
Rejosari 01 melalui model Project Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas
yang dilakukan sebanyak 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Subyek dalam penelitian yaitu peserta didik kelas IV B SDN Rejosari 01 Semarang yang terdiri dari 13
perempuan dan 13 laki-laki. Dengan teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes dan dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif komparatif. Pada tiap
siklus diketahui keberhasilan penggunaan model pembelajaran Project Based Learning pada mata
pelajaran IPAS menunjukkan peningkatan hasil belajar yang diperoleh dari soal evaluasi. Presentase ketuntasan
hasil belajar peserta didik pada siklus I sebesar 62% dan pada siklus II sebesar 88%. Artinya hasil belajar pada
siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 26%. Hal tersebut menunjukkan hasil belajar peserta didik
telah memenuhi indikator keberhasilan yaitu ≥ 80%. Dengan demikian model pembelajaran Project Based
Learning pada Mata Pelajaran IPAS Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV B SDN Rejosari 01
dapat meningkat.
References
Agustina, N. S., Robandi, B., Rosmiati, I., &
Maulana, Y. (2022). Analisis
Pedagogical Content Knowledge
terhadap Buku Guru IPAS pada
Muatan IPA Sekolah Dasar
Kurikulum Merdeka. Jurnal
Basicedu , 6(5), 9180–9187.
Retrieved from
https://doi.org/10.31004/basicedu.v
i5.3662
Ameliya, R. R., & Ssetyawan, A. (2014).
Analisis Penyebab Kesulitan Belajar
IPA Pada Siswa Kelas IV. Paper
Knowledge . Toward a Media
History of Documents, 5(2), 40–51.
Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2020).
Analisis Penggunaan Model
Pembelajaran Project Based
Learning Dalam Peningkatan
Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan
Administrasi Perkantoran (JPAP),
(2), 292–299.
https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2
.p292-299
Aprilia, W. (2020). Organisasi dan Desain
Pengembangan Kurikulum.
Islamika, 2(2), 208–226.
https://doi.org/10.36088/islamika.v
i2.711
Ariyanto, M. (2018). Peningkatan Hasil
Belajar Ipa Materi Kenampakan
Rupa Bumi Menggunakan Model
Scramble. Profesi Pendidikan Dasar,
(2), 133.
https://doi.org/10.23917/ppd.v3i2.3
Arnyana Putu, I. B. (2019). Pembelajaran
Untuk Meningkatkan Kompetensi
C(Communication,
Collaboration,Critical Thingking dan
Creative Thinking) Untuk
Menyongsong Era Abad 21. עלון הנוטע,
(3), 37–39.
FT, Mhaisen, & Et, A. (2018). Improving
Learning Motivation with Fun
Learning Methods in the Covid-19
Pandemic. Angewandte Chemie
International Edition, 6(11), 951–
, 13(5), 10–27.
Gunawan, B., Relmasira, S. C., & Hardini,
A. T. A. (2018). Penerapan Model
Pembelajaran Project Based
Learning Untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Ipa Dan Kemampuan Berfikir
Kreatif Siswa Kelas V Sd.
Transcommunication, 53(1), 1–8.
Retrieved from
http://www.tfd.org.tw/opencms/eng
lish/about/background.html%0Ahtt
p://dx.doi.org/10.1016/j.cirp.2016.0
001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016
/j.powtec.2016.12.055%0Ahttps://d
oi.org/10.1016/j.ijfatigue.2019.02.0
%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ma
tlet.2019.04.024%0Aht
Hasanah, M., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh
Model Problem Based Learning
Terhadap Kemampuan Kognitif IPA
pada Pembelajaran Tematik
Terpadu. Jurnal Basicedu, 5(3),
–1517.
Nadhifah, Y. (2023). Pembelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam Dan Sosial
(IPAS).
Noviati, M. D. A. (2019). Application of the
Project Based Learning Model
(PJBL). Journal of Chemical
Information and Modeling, 15(2), 9–
Nupita, E. (2013). Penerapan model
pembelajaran penemuan terbimbing
untuk meningkatkan hasil belajar
dan keterampilan pemecahan
masalah IPA pada siswa kelas V
sekolah dasar. Journal Penelitian
Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
(2), 1–9.
Nurlaili. (2018). Upaya Peningkatan Hasil
Belajar Biologi Siswa Kelas X
Melalui Pendekatan Cooperative
Learningtipe Stad Pada Materi
Virus Di Sman 1 Mereubo. VII(2),
–71.
Oktadiana, B. (2019). Analisis Kesulitan
Belajar Membaca Permulaan Siswa
Kelas II pada Mata Pelajaran Bahasa
Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah
Munawariyah Palembang. JIP Jurnal
Ilmiah PGMI, 5(2), 143–164.
https://doi.org/10.19109/jip.v5i2.36
Safina, W. L. (2021). Artikel Peran Guru
Dalam Pengembangan Pendidikan.
Artikel Peran Guru Dalam
Pengembangan, pp. 1–8.
Sartini, & Mulyono, R. (2022). Analisis
Implementasi Kurikulum Merdeka
Belajar Untuk Mempersiapkan
Pembelajaran Abad 21. Didaktik :
Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang,
(2), 1348–1363.
https://doi.org/10.36989/didaktik.v
i2.392
Sastrawan, K. B. S. (2019). Peningkatan
Mutu Pendidikan Melalui
Perencanaan Mutu Strategis. Jurnal
Penjaminan Mutu, 5(Nomor 2),
–213.
Savitri, O., & Meilana, S. F. (2022).
Pengaruh Model Pembelajaran
Flipped Classroom terhadap
Pemahaman Konsep IPA Siswa
Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu,
(4), 7242–7249.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v
i4.3457
Suwardi, I., & Farnisa, R. (2018).
Hubungan Peran Guru Dalam Proses
Pembelajaran Terhadap Prestasi
Belajar Siswa. Jurnal Gentala
Pendidikan Dasar, 3(2), 181–202.
https://doi.org/10.22437/gentala.v3
i2.6758
Syarif, M. I., Susanti, H., Temitope, J.,
Ilmu, T., Alam, P., Islam, U., ... State,
K. (2023). Pengaruh Model Project
Based Learning Berbantuan
Laboratorium Virtual Terhadap
Keterampilan Berpikir Kritis.
(02), 30–37.
Wulandari, P. A. (2023). Implementasi
Pembelajaran Teks Debat
Berbantuan E-Modul di SMK Negeri
2(1), 68–74.
Yuliana, L. M., Umi, S., & Widjaja, M.
(2021). Implementasi pembelajaran
berbasis proyek (project-based
learning) untuk peningkatan high
order thinking skills siswa sma pada
pembelajaran ekonomi. Bisnis Dan
Pendidikan, 1(12), 1195–1207.
https://doi.org/10.17977/um066v1i1
p1195-1207
Yulianti, H., Iwan, C. D., & Millah, S.
(2018). Penerapan Metode Giving
Question and Getting Answer untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Peserta
Didik pada Mata Pelajaran
Pendidikan Agama Islam. Jurnal
Penelitian Pendidikan Islam, 6(2),