Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS pada Peserta Didik Kelas IV SDN Rejosari 01 Semarang
Keywords:
Hasil Belajar, IPAS, Problem Based LearningAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPAS melalui model
problem based learning di kelas IVD SDN Rejosari 01 Semarang. Penelitian ini merupakan sebuah
penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IVD SDN Rejosari 01
Semarang. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas IVD SDN Rejosari 01 Semarang tahun pelajaran
2023/2024 yang terdiri dari 28 siswa, 13 orang berjenis kelamin perempuan dan 15 orang berjenis
kelamin laki-laki. Alur Penelitian Tindakan Kelas setiap siklus meliputi planning (rencana), action
(tindakan), observation (pengamatan), dan reflection (refleksi). Teknik pengumpulan data teknik tes
dan nontes. Teknik tes menggunakan instrumen soal pilihan ganda yang berjumlah 10 soal dan teknik
nontes meliputi wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif
dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah > 80%. Hasil penelitian
menunjukkan rata-rata hasil belajar IPAS diperoleh hasil 4% saat prasiklus. Kemudian, diadakan
perbaikan dengan penerapan model Problem Based Learnig pada kegiatan siklus I. Setelah
dilakukan kegiatan pembelajaran pada siklus I, diperoleh peningkatan nilai rata-rata hasil belajar IPAS
yaitu 72,14 dengan presentase rata-rata sebesar 50%. Sehingga dapat dikatakan pembelajaran pada
siklus I belum memenuhi indikator keberhasilan, maka dilanjutkan perbaikan di siklus II. Pada siklus
II ternyata memperoleh nilai rata-rata sebesar 85,35 dengan presentase rata-rata sebesar 82%.
Kesimpulannya, Hasil belajar IPAS peserta didik kelas IVD SDN Rejosari 01 Semarang meningkat
melalui model Problem Based Learning.
References
Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar
Dalam Pandangan Ki Hadjar
Dewantara Dan Relevansinya Bagi
Pengembangan Pendidikan Karakter.
Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–
https://doi.org/10.23887/jfi.v3i3.24
Anggraena, Y., Felicia, N., Eprijum, D.,
Pratiwi, I., Utama, B., Alhapip, L.,
& Widiaswati, D. (2022). Kajian
akademik kurikulum untuk
pemulihan
pembelajaran[Monograph]. Pusat
Kurikulum dan Pembelajaran.
https://repositori.kemdikbud.go.id/
/
Apriyani, L. (2017). Penerapan Model PBL
untuk Meningkatkan Keterampilan
Berpikir Kritis Ditinjau dari
Kemampuan Akademik Siswa pada
Materi Biologi. Jurnal Quagga. 9 (1):
-54.
https://journal.uniku.ac.id/index.p
hp/quagga/article/view/509
Baharuddin, W. (2023). Penerapan Model
Pembelajaran Problem Based
Learning untuk Meningkatkan Hasil
Belajar IPAS Siswa Sekolah Dasar.
Global journal Teaching
Professional. 2 (4).
https://doi.org/10.35458/jtp.v2i4.8
Bungel, MF. (2014). Penerapan Model
Pembelajaran PBL untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Kelas VIII SMP Negeru 4 Palu pada
Materi Prisma. Jurnal Elektronik
Pendidikan Matematika Tadulako. 2
(1): 45-54.
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/ind
ex.php/JEPMT/article/view/3230
Djonomiarjo, T. (2020). Pengaruh Model
Problem Based Learning Terhadap
Hasil Belajar. Jurnal Ilmu
Pendidikan Nonformal AKSARA,
(1), 39–46.
Etiubon, R & Anthonia, N. (2016). Problem
Based Learning and Stidents
Academic Achievement on
Thermodynamics (A Case Study of
University of Uyo, Akwa Ibom State,
Nigeria). IQSR Journal of Research
& Method in Education. 6 (5): 36-41.
https://www.iosrjournals.org/iosr-
jrme/papers/Vol-6%20Issue-
/Version-2/E0605023641.pdf
Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022).
Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi
Guru Sekolah Dasar. Scholaria:
Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan,
(30), 236–243.
https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v
i3.p236-243
Jusuf, H., & Sobari, A. (2022).
Pembelajaran Paradigma Baru
Kurikulum Merdeka Pada Sekolah
Dasar. Jurnal ABDIMAS
(Pengabdian kepada Masyarakat)
UBJ, 5(2), 185–194.
https://doi.org/10.31599/jabdimas.v
i2.1360
Kemendikbud. (2022). Hal-hal Esensial
Kurikulum Merdeka di Jenjang SD.
https://ditpsd.kemdikbud.go.id/arti
kel/detail/hal-hal-esensial-
kurikulum-merdeka-di-jenjang-sd
Mulyono, N. (2015). Kurikulum &
Pembelajaran. Bandung : Kencana
Prenada Media Group.
Paloloang, M.F. (2014). Penerapan Model
PBL untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Siswa pada Materi Panjang
Garis Singgung Persekutuan Dua
Lingkaran di Kelas VIII SMP Negeri
Palu. Jurnal Elektornik
Pendidikan Matematika Tadulako. 2
(1): 67-77.
http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/ind
ex.php/JEPMT/article/view/3232
Pratiwi, E. T., & Setyaningtyas, E. W.
(2020). Kemampuan Berpikir Kritis
Siswa melalui Model Pembelajaran
Problem Based Learning dan Model
Pembelajaran Project Based
Learning. Jurnal Basicedu, 4(2),
–388.
https://jbasic.org/index.php/basice
du/article/view/362
Robiyanto, A. (2021). Pengaruh Model
Problem Based Learning terhadap
Hasil Belajar Siswa. Jurnal
Pendidikan Guru Sekolah Dasar,
(1), 114–121.
Sukmadinata, N. S. (2017). Pengembangan
Kurikulum Teori dan Praktik. PT
Remaja Rosdakarya.
Wahyuningsih, A.N. (2012).
Pengembangan Media Komik
Bergambar Materi Sistem Saraf
untuk Pembelajaran yang
Menggunakan Strategi PQ4R. Unnes
Journal of Innovative Science
Education. 1 (1): 19-27.
https://journal.unnes.ac.id/sju/inde
x.php/jise/article/view/40
Yandhari, I. A. V., Alamsyah, T. P., &
Halimatusadiah, D. (2019).
Penerapan Strategi Pembelajaran
Problem Based Learning Untuk
Meningkatkan Kemampuan
PemecahahanMasalah Matematis
Siswa Kelas IV. Kreano, Jurnal
Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2),
–152.
https://doi.org/10.15294/kreano.v1
i2.19671
Yoesoef, A. (2015). Penerapan Model
Problem Based Learning untuk
Meningkatka Kemampuan Menanya
dan Penguasaan Konsep Fisika Kelas
X MIA SMA Negeri 2 Kediri. Jurnal
PINUS. 1 (2): 96-102.
https://doi.org/10.29407/pn.v1i2.15
Yuafian, R., & Astuti, S. (2020).
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Menggunakan Model Pembelajaran
Poblem Based Learning (PBL).
Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(1),
–24.