Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS pada Peserta Didik Kelas IV SDN Rejosari 01 Semarang

Authors

  • Dwi Fathonah,Mei Fita Asri Untari Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Hasil Belajar, IPAS, Problem Based Learning

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPAS melalui model
problem based learning di kelas IVD SDN Rejosari 01 Semarang. Penelitian ini merupakan sebuah
penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IVD SDN Rejosari 01
Semarang. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas IVD SDN Rejosari 01 Semarang tahun pelajaran
2023/2024 yang terdiri dari 28 siswa, 13 orang berjenis kelamin perempuan dan 15 orang berjenis
kelamin laki-laki. Alur Penelitian Tindakan Kelas setiap siklus meliputi planning (rencana), action
(tindakan), observation (pengamatan), dan reflection (refleksi). Teknik pengumpulan data teknik tes
dan nontes. Teknik tes menggunakan instrumen soal pilihan ganda yang berjumlah 10 soal dan teknik
nontes meliputi wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif
dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah > 80%. Hasil penelitian
menunjukkan rata-rata hasil belajar IPAS diperoleh hasil 4% saat prasiklus. Kemudian, diadakan
perbaikan dengan penerapan model Problem Based Learnig pada kegiatan siklus I. Setelah
dilakukan kegiatan pembelajaran pada siklus I, diperoleh peningkatan nilai rata-rata hasil belajar IPAS
yaitu 72,14 dengan presentase rata-rata sebesar 50%. Sehingga dapat dikatakan pembelajaran pada
siklus I belum memenuhi indikator keberhasilan, maka dilanjutkan perbaikan di siklus II. Pada siklus
II ternyata memperoleh nilai rata-rata sebesar 85,35 dengan presentase rata-rata sebesar 82%.
Kesimpulannya, Hasil belajar IPAS peserta didik kelas IVD SDN Rejosari 01 Semarang meningkat
melalui model Problem Based Learning.

References

Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar

Dalam Pandangan Ki Hadjar

Dewantara Dan Relevansinya Bagi

Pengembangan Pendidikan Karakter.

Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–

https://doi.org/10.23887/jfi.v3i3.24

Anggraena, Y., Felicia, N., Eprijum, D.,

Pratiwi, I., Utama, B., Alhapip, L.,

& Widiaswati, D. (2022). Kajian

akademik kurikulum untuk

pemulihan

pembelajaran[Monograph]. Pusat

Kurikulum dan Pembelajaran.

https://repositori.kemdikbud.go.id/

/

Apriyani, L. (2017). Penerapan Model PBL

untuk Meningkatkan Keterampilan

Berpikir Kritis Ditinjau dari

Kemampuan Akademik Siswa pada

Materi Biologi. Jurnal Quagga. 9 (1):

-54.

https://journal.uniku.ac.id/index.p

hp/quagga/article/view/509

Baharuddin, W. (2023). Penerapan Model

Pembelajaran Problem Based

Learning untuk Meningkatkan Hasil

Belajar IPAS Siswa Sekolah Dasar.

Global journal Teaching

Professional. 2 (4).

https://doi.org/10.35458/jtp.v2i4.8

Bungel, MF. (2014). Penerapan Model

Pembelajaran PBL untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Kelas VIII SMP Negeru 4 Palu pada

Materi Prisma. Jurnal Elektronik

Pendidikan Matematika Tadulako. 2

(1): 45-54.

http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/ind

ex.php/JEPMT/article/view/3230

Djonomiarjo, T. (2020). Pengaruh Model

Problem Based Learning Terhadap

Hasil Belajar. Jurnal Ilmu

Pendidikan Nonformal AKSARA,

(1), 39–46.

Etiubon, R & Anthonia, N. (2016). Problem

Based Learning and Stidents

Academic Achievement on

Thermodynamics (A Case Study of

University of Uyo, Akwa Ibom State,

Nigeria). IQSR Journal of Research

& Method in Education. 6 (5): 36-41.

https://www.iosrjournals.org/iosr-

jrme/papers/Vol-6%20Issue-

/Version-2/E0605023641.pdf

Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022).

Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi

Guru Sekolah Dasar. Scholaria:

Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan,

(30), 236–243.

https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v

i3.p236-243

Jusuf, H., & Sobari, A. (2022).

Pembelajaran Paradigma Baru

Kurikulum Merdeka Pada Sekolah

Dasar. Jurnal ABDIMAS

(Pengabdian kepada Masyarakat)

UBJ, 5(2), 185–194.

https://doi.org/10.31599/jabdimas.v

i2.1360

Kemendikbud. (2022). Hal-hal Esensial

Kurikulum Merdeka di Jenjang SD.

https://ditpsd.kemdikbud.go.id/arti

kel/detail/hal-hal-esensial-

kurikulum-merdeka-di-jenjang-sd

Mulyono, N. (2015). Kurikulum &

Pembelajaran. Bandung : Kencana

Prenada Media Group.

Paloloang, M.F. (2014). Penerapan Model

PBL untuk Meningkatkan Hasil

Belajar Siswa pada Materi Panjang

Garis Singgung Persekutuan Dua

Lingkaran di Kelas VIII SMP Negeri

Palu. Jurnal Elektornik

Pendidikan Matematika Tadulako. 2

(1): 67-77.

http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/ind

ex.php/JEPMT/article/view/3232

Pratiwi, E. T., & Setyaningtyas, E. W.

(2020). Kemampuan Berpikir Kritis

Siswa melalui Model Pembelajaran

Problem Based Learning dan Model

Pembelajaran Project Based

Learning. Jurnal Basicedu, 4(2),

–388.

https://jbasic.org/index.php/basice

du/article/view/362

Robiyanto, A. (2021). Pengaruh Model

Problem Based Learning terhadap

Hasil Belajar Siswa. Jurnal

Pendidikan Guru Sekolah Dasar,

(1), 114–121.

Sukmadinata, N. S. (2017). Pengembangan

Kurikulum Teori dan Praktik. PT

Remaja Rosdakarya.

Wahyuningsih, A.N. (2012).

Pengembangan Media Komik

Bergambar Materi Sistem Saraf

untuk Pembelajaran yang

Menggunakan Strategi PQ4R. Unnes

Journal of Innovative Science

Education. 1 (1): 19-27.

https://journal.unnes.ac.id/sju/inde

x.php/jise/article/view/40

Yandhari, I. A. V., Alamsyah, T. P., &

Halimatusadiah, D. (2019).

Penerapan Strategi Pembelajaran

Problem Based Learning Untuk

Meningkatkan Kemampuan

PemecahahanMasalah Matematis

Siswa Kelas IV. Kreano, Jurnal

Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2),

–152.

https://doi.org/10.15294/kreano.v1

i2.19671

Yoesoef, A. (2015). Penerapan Model

Problem Based Learning untuk

Meningkatka Kemampuan Menanya

dan Penguasaan Konsep Fisika Kelas

X MIA SMA Negeri 2 Kediri. Jurnal

PINUS. 1 (2): 96-102.

https://doi.org/10.29407/pn.v1i2.15

Yuafian, R., & Astuti, S. (2020).

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Menggunakan Model Pembelajaran

Poblem Based Learning (PBL).

Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(1),

–24.

https://doi.org/10.26618/jrpd.v3i1.3

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Fathonah, D. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS pada Peserta Didik Kelas IV SDN Rejosari 01 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2225–2235. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5374

Issue

Section

Prosiding 2023