Peningkatan Minat Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik dengan Model PBL pada Kelas X5 Materi Virus di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang

Authors

  • Desi Sri Lestari Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Minat belajar, Hasil Belajar,, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas-Kolaboratif yang bertujuan untuk meningkatkan minat belajar dan juga hasil belajar kognitif peserta didik pada materi virus dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini dilakukan pada saat PPL II di kelas X-5 SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang yang berjumlah 29 peserta didik (kelas putri). Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas menggunakan dua siklus, dengan masing-masing siklus yang dilakukan yaitu dua pertemuan. Instrumen yang digunakan adalah angket dan lembar observasi untuk mengukur minat belajar dan soal pretest-postest untuk mengukur hasil belajar kognitif pada peserta didik. Model pembelajaran berbasis masalah (PBL) adalah pendekatan pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman peserta didik pada suatu materi didalam proses pembelajaran. Menurut (Minasari et al., 2023) Problem Based Learning pada proses pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dapat menjadikan peserta didik terlibat aktif dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang ada didalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan minat belajar dan hasil belajar kognitif peserta didik dengan model Probem Based Learning (PBL) di kelas X-5 SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan minat belajar dengan presentase rata-rata sebesar 81% dengan kategori sangat tinggi, presentase ketuntasan hasil belajar kognitif peserta didik sebesar 76% dengan jumlah peserta didik yang tuntas sebanyak 22 anak dan hasil menunjukkan peningkatan sebesar 24%.

References

Amjah, D. Y. P. H. (2014). A Study of Teachers' Strategies So Develop Students' Interest toward Learning English as a Second Language. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 134, 188-192. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.

238

Anugraheni, I. (2018). Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. AJournal of Language, Literature, Culture, and Education Polyglot, 14(1), 9–18. https://ojs.uph.edu/index.php/PJI/article/view/789.

Arikunto, S., & dkk. (2014). Penelitian

Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Budhi, W., Wulandari, N. I., & Wijayanti, A. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Kemampuan Berkomunikasi Siswa. Jurnal Pijar MIPA, 13(1), 51. https://doi.org/10.29303/jpm.v13i1.538.

Febrita, I.,& Harni. (2020). Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Tematik Terpadu terhadap Berfikir Kritis Siswa di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1619–1633. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.627

Haslina, Bimo Aji Nugraha. (2022). Peningkatan Minat Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL): Berbasis STEAM. Prosiding Seminar Nasional, 9.

Kurnia, S., Hidayat, S., & Wardhani, S. (2021). Analisis Minat dan Hasil Belajar Biologi Siswa pada Pembelajaran Daring di SMA Negeri Purwodadi Kabupaten Musi Rawas. Biodik, 7(4), 70–76. https://doi.org/10.22437/bio.v7i4.14489

Minasari, U., R. Susanti. (2023). Penerapan Model Problem Based Leaning Berbasis Berdiferensiasi berdasarakan Gaya Belajar Peserta Didik pada Pelajaran Biologi. Jurnal

Karya Ilmiah Guru. 282-287.

Mumin. Abdul.dkk. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Contektual Teaching and Learning pada Subtema ekosistem. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol 2 (2). ISSN: 2477-5673.

Nadhiah, R. (2021). Upaya Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning Pada Materi Hereditas di Kelas XII IPA 4 SMAN 22 Bandung. BIOSFER : Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 6(2), 86–95. https://doi.org/10.23969/biosfer.v6i2.4804

Nasution, F. H., Hasibuan, I. S., & Lubis, J. A. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Biologi Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI). Jurnal Peneltian Tindakan Kelas dan Pengembangan Pembelajaran, 1 (1): 28-33.

Noviar, D., & Hastuti, D. R. (2015). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Scientific Approach terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Di SMA N 2 Banguntapan T.A. 2014 / 2015. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 42–47. https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v8i2.3874

Ratnasari, S. L., Sari, W. N., Siregar, Y., Susanti, E. N., & Sutjahjo, G. (2022). Pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa di Kota Batam. In Proceeding of National Conference on Accounting & Finance (pp. 440-448).

Riduwan, & Akdon. (2020). Rumus dan

Data dalam Aplikasi Statistika (Cet.

. Alfabeta.

Sahil, J., Hasan, S., & Ermin. (2023). Minat Belajar Siswa SMA Terhadap Pembelajaran Biologi Dengan Menggunakan Media Powerpoint. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(3), 239–247. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.7624938

Situmorang, A. S., & Siahaan, F. B. (2019).

Desain Model Pencapaian Konsep

Belajar Mahaiswa Fkip Uhn. Jurnal

Penelitian Bidang Pendidikan, 25(1), 55–61. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jpbp.v25i1.15533

Yudianto, H., & Leksono, I. P. (2022). Interaksi Motivasi Belajar Tinggi Serta Rendah Versus Hasil Belajar Materi Perkakas Tangan. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 7(2), 129-137.

Yohana, Gresinta, E., & Zakiah Fithah A’ini, Z. (2022). Analisis Minat Belajar Biologi Siswa SMA Kasih Depok di Tengah Pandemi Covid-19. EduBiologia: Biological Science and Education Journal, 2(2), 115–120. https://doi.org/10.30998/edubiologia.v2i2.13527

Zahora, E., & Saparso. (2021). Penggunaan E-Learning Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Saraf Siswa Kelas Xi Ipa 2 Sma “Xyz.” Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(3), 297–303.

https://doi.org/https://doi.org/10.53625/jirk.v1i3.200

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Lestari, D. S. . (2023). Peningkatan Minat Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik dengan Model PBL pada Kelas X5 Materi Virus di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 3599–3607. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5689

Issue

Section

Prosiding 2023