Efektivitas Penggunaan Media Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Macam-Macam Perasaan Kelas II SDN Pandean Lamper 01 Semarang melalui Model Problem Based Learning

Authors

  • Noer Cahyani Hidayah Universits PGRI Semarang
  • Aries Tika Damayani Universits PGRI Semarang
  • Diyah Rahayu Tunjungsari Universits PGRI Semarang
  • Diah Ratnawati Universits PGRI Semarang

Keywords:

Model Problem Based Learning, Media Interaktif, Hasil Belajar

Abstract

Rendahnya hasil belajar dapat disebabkan oleh beberapa masalah yang sering muncul dari kegiatan pembelajaran di kelas. Rendahnya hasil belajar pada pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi macam-macam perasaan ditandai dengan tidak tuntasnya nilai belajar hasil pra siklus. Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru hanya sebatas ceramah saja, hal ini menyebabkan peserta didik kurang aktif dan merasa bosan, peserta didik cenderung pasif dan hanya beberapa peserta didik yang terlihat aktif. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui hasil belajar peserta didik kelas II B SDN Pandeanlamper 01 Semarang pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi macam-macam perasaan dengan menerapkan model PBL menggunakan media interaktif. Proses pembelajaran dilakukan dengan 2 siklus selama 4 kali pertemuan, setiap siklus akan dilakukan 2 kali pertemuan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu menggunakan Teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL dengan menggunakan media interaktif mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas II B pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi macam-macam perasaan di SDN Pandean Lamper 01 Semarang. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada aspek kognitif. Pada pra siklus memperoleh persentase sebesar 57%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus I diperoleh persentase sebesar 76% dengan kategori baik, pada siklus II mengalami peningkatan dengan perolehan rata-rata sebesar 90% dengan kategori sangat baik. Dengan hasil yang menunjukkan kategori sangat baik menunjukkan bahwa dengan menggunakan model PBL berbantuan media interaktif dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik agar peserta didik tidak merasa bosan selama mengikuti pembelajaran dan peserta didik bisa aktif selama proses pembelajaran berlangsung.

References

Afrinaldi, Rolly. Dewi, Rahmayanti, dan Risty Gustiawan. 2020. Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di SMA Negeri 4 Karawang, Jurnal Coaching education Sport. 1(2). 83-92.

Anugraheni, Indri. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 SD, Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan. 6(2). 93-99.

Arif, W.P. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Biologi Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT). Jurnal Binomial, 1(1), 11-34.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Astuti, Suhandi, dan Reza Yuafian. 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(1). 17-24.

Bardi, dan Jailani. (2015). Pengembangan Multimedia Berbasis Komputer Untuk Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Sma. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(1), 49-63.

Fauzia, Awalia. H. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Jurnal Primary Program Studi PGSD, 7(1). 40-47.

Hamalik, O. 2015. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, O. 2015. Proses Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Kristin. F. dan Bekti. K. 2021. Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD, Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. 5(2). 353-361.

Murtono. 2017. Merencanakan dan Mengelola Model-Model Pembelajaran Inovatif. Ponorogo: WADE GROUP.

Nazalin, dan Muhtadi, A. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Kimia Pada Materi Hidrokarbon Untuk Siswa Kelas Xi Sma. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 221-236.

Prihatiningrum. 2014. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Selamet, Ketut. I. 2020. Penggunaan Media Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V SD Inpres Tumpu Jaya I, Jurnal Pedagogy, 7(2). 121-125.

Sudjana. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. bandung: Alfabeta.

Suryaman, M. (2020, October). Orientasi pengembangan kurikulum merdeka belajar. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra (pp. 13-28).

Zaman. 2012. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Menggunakan Macromedia Flash Professional pada Pembelajaran Fisika. Indonesian Journal Of Curriculum and Educational Technology Studies. Jurnal Multimedia Interaktif. 1(1), 50-75.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Noer Cahyani Hidayah, Aries Tika Damayani, Diyah Rahayu Tunjungsari, & Diah Ratnawati. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Macam-Macam Perasaan Kelas II SDN Pandean Lamper 01 Semarang melalui Model Problem Based Learning. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2080–2090. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5352

Issue

Section

Prosiding 2023