313. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Alat Peraga Siswa Kelas 4 SD

Authors

  • Mohamad Haris Tantoko Aji
  • Veryliana Purnamasari
  • Siti Khuluqul Khasanah

Keywords:

Problem Based Learning, Alat Peraga, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika bagi siswa SDN Karanganyar Gunung 02 kelas 4B semester genap tahun ajaran 2022/ 2023 melalui Problem Based Learning (PBL) berbantuan alat peraga. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dua siklus,  tiap siklus terdiri dari emapat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan 3 jenis yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh berupa nilai tes matematika pada akhir siklus I dan pada akhir siklus II. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar Matematika. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilainya yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebelum tindakan pada prasiklus 53,57%, siklus I 89,7%, dan siklus II 89,7%. Berdasarkan uraian di atas, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL berbantuan alat peraga dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa.

 

 

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Aji, M. H. T. ., Purnamasari, V. ., & Khasanah, S. K. . (2023). 313. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Alat Peraga Siswa Kelas 4 SD. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2797–2806. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4131

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)