enerapan Model PBL Berbantuan Media Konkrit untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas V SDN Rejosari 01 Semarang

Authors

  • R.D. Intani Universits PGRI Semarang
  • I. Indiati Universits PGRI Semarang
  • Rustatiningsih Universits PGRI Semarang

Keywords:

Problem Based Learning, Media Konkrit, Hasil Belajar IPAS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPAS bagi siswa SDN
Rejosari kelas VD semester ganjil tahun ajaran 2023/ 2024 melalui Problem Based
Learning (PBL) berbantuan media konkrit. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri
dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi,
dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan 3 jenis yaitu tes, observasi, dan
dokumentasi. Data yang diperoleh berupa nilai tes IPAS pada akhir siklus I dan pada akhir
siklus II. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif komparatif. Hasil penelitian
menunjukkan peningkatan hasil belajar IPAS. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari
nilainya yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebelum tindakan pada prasiklus 41%,
siklus I 63%, dan siklus II 85%. Berdasarkan uraian tersebut, disimpulkan bahwa penerapan model
pembelajaran PBL berbantuan media konkrit dalam pembelajaran IPAS dapat meningkatkan hasil
belajar IPAS siswa.

References

Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Nugroho, Teguh Rian, Nugrahani, Farida, S. (2022). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING( PBL ) PADA SISWA KELAS IV SDN 3. 1(1).

Priyanti, N.M.I. dan Nuhayati. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA YOUTUBE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 4(1).

Putri, R. H., & Wardani, N. S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Melalui Problem based learningdalam Pembelajaran Daring Siswa Kelas IV SD. Mimbar Ilmu, 26(1), 138. https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.33195

Syamsidah dan Suryani. H. 2018. Buku Model Problem Based Learning (PBL) Mata Kuliah Bahan Makanan. CV Budi Utama: Sleman.

Wulandari, R., Prima. F., da Haryanto. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Problem Based Learning Berbantuan Media Konkrit pada Muatan Mata Pelajaran IPA di Kelas V SDN 3 Ngetuk Jepara”. Seminar Nasional PPG Upgris. https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4022/3042

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

R.D. Intani, I. Indiati, & Rustatiningsih. (2023). enerapan Model PBL Berbantuan Media Konkrit untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Kelas V SDN Rejosari 01 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2362–2368. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5390

Issue

Section

Prosiding 2023