Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipas Materi Tumbuhan Kelas Ivb Sd Negeri Peterongan

Authors

  • Ade Dian Silvia

Keywords:

IPAS, Problem Based Learning, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan dalam penelitian ini penelitian tindakan kelas (PTK) ini dengan menggunakan model Problem Based Learning yang proses pelaksanaannya selama II siklus. Subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas IVB SD Negeri Peterongan. Penggunaan model problem based learning ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata Pelajaran IPAS materi tumbuhan. Pada pra siklus sampai siklus II mengalami peningkatan yakni dari 13% menjadi 74% meningkat menjadi 87%. Nilai rata-rata pada kondisi awal pra siklus sebesar 56,52, siklus I sebesar 72,61, dan siklus II meningkat menjadi 80. Berdasarkan pemaparan tersebut menunjukan bahwa model Problem Based Learning ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran materi tumbuhan. Hal tersebut ditunjukan dari data ketuntasan hasil belajar peserta didik dari Pra siklus sampai siklus II.

References

Afandi, M. (2013). Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar. Semarang: UNISSULA Press.

Ardiansyah, R., Hastuti, D. N. A. E., & Sari, M. K. (2023). Pembelajaran Pjbl Pada Materi IPAS Kelas IV Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 360-365.

Arikunto, S. (2006). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto,Suharsimi;Suhardjono;& Supardi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara, Jakarta

Arini, D. A., Gianistika, C., & Rahmat, R. (2019). Penerapan Pendekatan Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SDN Rengasdengklok Selatan II). Jurnal Tahsinia, 1(1), 25-37.

Danum, J. M., Kresnadi, H., & Marli, S. Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learing Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(11).

Edi Istiyono & Suyoso. (2015). Pengembangan Tes Diagnostik untuk memotret HOTS mahasiswa sebagai dasar pengembangan del pembelajaran berbasis HOTS di Jurdik Fisika FMIPA UNY. Yogyakarta: FMIPA

Eismawati, E., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. 2019. Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran problem based learning (PBL) siswa kelas 4 SD. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 71-78.

Jacub, T. A., Marto, H., & Darwis, A. (2020). Model pembelajaran Problem Based Learning dalam peningkatan hasil belajar IPS (studi penelitian tindakan kelas di SMP Negeri 2 Tolitoli). Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 2(2).

Jusmawati, Satriawati, R, I., Rahman, A., & Arsyad, N. (2021). Model-Model Pembelajaran Inovatif Di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI).

Mirdanda, A. 2018. Motivasi Berprestasi & Disiplin Peserta Didik Serta Hubungannya Dengan Hasil Belajar. Pontianak: Yudha English Gallery.

Nadhifah, Y., Zannah, F., Fauziah, N., Pikoli, M., Asyhar, A. D. A., Yanti, M., ... & Hizqiyah, I. Y. N. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial (IPAS). Global Eksekutif Teknologi

Nurdyansyah, & Fahyunu, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.Pamungkas, T. 2020. Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Guepedia

Pamungkas, T. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Guepedia.

Panje, M., Sihkabuden, S., & Toelioe, A. Pengembangan Video Pembelajaran Bahasa Indonesia Teknik Membaca Puisi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 1 Nomor: 8 Bulan Agustus Tahun 2016 Halaman: 1473≤1478

Paryanto. 2020. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Untuk Pelajaran Passing Dalam Permainan Bola Voli. Malang: Ahlimedia Book.

Paryanto. 2020. Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Untuk Pelajaran Passing Dalam Permainan Bola Voli. Malang: Ahlimedia Book.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal basicedu, 6(4), 6313-6319.

Rahmawati, D. 2018. Keefektifan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Tema Indahnya Kebersamaan Subtema 1. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(3), 346-352.

Rahmayati, G. T., & Prastowo, A. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial Di Kelas IV Sekolah Dasar Dalam Kurikulum Merdeka. ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 13(1), 16-25.

Sadewa, M. A. (2022). Meninjau Kurikulum prototipe melalui pendekatan integrasi-interkoneksi Prof M Amin Abdullah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(1), 266-280.

Sari, N. P., Budijanto, B., & Amiruddin, A. (2017). Pengaruh penerapan model pembelajaran problem based learning dipadu numbered heads together terhadap keterampilan metakognitif dan kemampuan berpikir kritis geografi siswa Sma. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(3), 440-447.

Sugihartono, dkk., Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: UNY Press, 2007.

Sugihartono, dkk., Psikologi Pendidikan, Yogyakarta: UNY Press, 2007.

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakrta: Pustaka Pelajar

Thobroni, M. (2020). Belajar & Pembelajaran Terori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Widayati, A. (2008). Penelitian tindakan kelas. Jurnal pendidikan akuntansi indonesia, 6(1).

Wulandari, E., Budi, H. S., & Suryandari, K. C. 2012. Penerapan Model PBL (Problem Based Learning) Pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Kalam Cendekia PGSD Kebumen.

Sukmawati, E., ST, S., Keb, M., Fitriadi, H., Pradana, Y., Dumiyati, M. P., ... & Kasmanto Rinaldi, S. H. (2022). Digitalisasi sebagai pengembangan model pembelajaran. Cendikia Mulia Mandiri.

Asda, Y. (2022). Efektivitas Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Pada Siswa Man Model Banda Aceh. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat, 2(3), 160-174.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Silvia, A. D. . (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipas Materi Tumbuhan Kelas Ivb Sd Negeri Peterongan . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2431–2439. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5398

Issue

Section

Prosiding 2023