Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan dan Pengurangan Kelas 2 SD Negeri Sawah Besar 01 melalui Problem Based Learning Berbantuan Media Kongkret
Keywords:
Problem Bast Learning, Media, Hasil BelajarAbstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan
Dan Pengurangan Kelas 2 SD Negeri Sawah Besar 01 Melalui Problem Based Learning
Berbantuan Media Kongkret. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas
(PTK) dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. subjek dari penelitian
ini yaitu seluruh peserta didik kelas 2 SD Negeri Sawah Besar 01 kota Semarang. Data yang
digunakan adalah observasi wawancara dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
terdapat peningkatan hasil belajar penjumlahan dan pengurangan kelas 2 SD negeri Sawah
Besar 01. Hasil nilai rata-rata peserta didik pada prasiklus mengalami peningkatan pada siklus
I denga kriteria belum mencapai tujuan dan interval remedial dibagian yang dibutuhkan serta
kriteia sudah tercapai dengan interval tidak perlu remedial, hasil nilai rata-rata peserta didik
pada siklus II memperoleh penigkatan nilai rata-rata dengan kategori sudah tercapai interval
tidak perlu remedial dan kriteria sudah tercapai interval perlu pengayaan atau tantangan yang
lebih kompleks. Maka dapat disimpulkan Problem Based learning berbantu media kongkret
dapat meningkatkan hasil belajar penjumlahan dan pengurangan kelas 2 SD Negeri Sawah
Besar 01 kota semarang.
References
Adip, M., Nursyahidah, F., Fitri, N., &
Puspitosari, I. (2023, July). 327.
Peningkatan Hasil Belajar Melalui
Model Problem-Based Learning
Berbantuan Media Kongkret Sd
Negeri 6 Wirosari. In Prosiding
Seminar Nasional Pendidikan
Profesi Guru (Pp. 2329-2338).
Angkatan, M. T. M. (2020). Generasi
Hebat Generasi Matematika.
Penerbit Nem.
Aqib, Z., & Chotibuddin, M. (2018). Teori
Dan Aplikasi Penelitian Tindakan
Kelas:(Ptk). Deepublish.
Arga, H. S. P., Rahayu, G. D. S., Altaftazani,
D. H., & Pratama, D. F.
(2019). Sumber Belajar Ips Berbasis
Lingkungan. Upi Sumedang Press.
Bararah, I. (2017). Efektifitas Perencanaan
Pembelajaran Dalam Pembelajaran
Pendidikan Agama Islam Di
Sekolah. Jurnal Mudarrisuna:
Media Kajian Pendidikan Agama
Islam, 7(1), 131-147.
Dananjaya, U. (2023). Media
Pembelajaran Aktif. Nuansa
Cendekia.
Darwati, I. M., & Purana, I. M. (2021).
Problem Based Learning (Pbl): Suatu
Model Pembelajaran Untuk
Mengembangkan Cara Berpikir
Kritis Peserta Didik. Widya Accarya,
(1), 61-69.
Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi
Belajar Siswa Dalam
Pembelajaran. Lantanida
Journal, 5(2), 172-182.
Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model
Pembelajaran Problem Based
Learning Untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Matematika Sd. Primary:
Jurnal Pendidikan Guru Sekolah
Dasar, 7(1), 40-47.
Febriani, E. S., Arobiah, D., Apriyani, A.,
Ramdhani, E., & Millah, A. S. (2023).
Analisis Data Dalam Penelitian
Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas
Mahasiswa, 1(2), 140-153.
Febrita, I., & Harni, H. (2020). Model
Problem Based Learning Dalam
Pembelajaran Tematik Terpadu
Terhadap Berfikir Kritis Siswa Di
Kelas Iv Sd. Jurnal Pendidikan
Tambusai, 4(2), 1619-1633.
Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021).
Meta-Analisis Model Pembelajaran
Problem Based Learning (Pbl) Untuk
Meningkatkan Kemampuan Berpikir
Kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3), 1349-
Hendrayana, S., & Putri, A. E. (2022).
Penerapan Model Problem Based
Learning Berbantuan Media Konkret
Dalam Meningkatkan Hasil Belajar
Matematika Siswa Kelas VI SDN 261
Margahayu Raya Pada Konsep
Volume Tabung. Didaktik: Jurnal
Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2),
-3190.
Juhairiah, J. (2023). Meningkatkan
Kemampuan Guru dalam
Menetapkan Kriteria Ketercapaian
Tujuan Pembelajaran (KKTP)
Melalui Workshop Intern Sekolah Di
SDN Karang Bayat 01 Sumber
Baru. Jurnal Simki
Postgraduate, 2(3), 103-113.
Karmajaya, I. W. A. (2018). Penerapan
Model Problem Based Learning
Berbantuan Media Konkret Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar
Matematika Siswa Kelas Ivb Sd
Negeri 4 Kampung Baru Kecamatan
Buleleng Tahun Pelajaran
/2018. Jurnal Ilmiah
Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 58-
Komang Sukendra, I., & Wayan, S. I.
(2020). Analisis Problematika Dan
Alternatif Pemecahan Masalah
Pembelajaran Matematika Di
Smp. Emasains: Jurnal Edukasi
Matematika Dan Sains, 9(2), 177-
Maryati, I. (2018). Penerapan Model
Pembelajaran Berbasis Masalah
Pada Materi Pola Bilangan Di Kelas
Vii Sekolah Menengah
Pertama. Mosharafa: Jurnal
Pendidikan Matematika, 7(1), 63-74.
Mashuri, S., Djidu, H., & Ningrum, R. K.
(2019). Problem Based Learning
Dalam Pembelajaran Matematika:
Upaya Guru Untuk Meningkatkan
Minat Dan Prestasi Belajar Siswa.
Pythagoras. Jurnal Pendidikan
Matematika, 14(2).
Meutia, C. (2021). Peningkatan Hasil
Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis
Siswa Dalam Materi Perhitungan Kimia
Melalui Model Pembelajaran Problem
Based Learning. Jurnal Kinerja
Kependidikan (Jkk), 3(1), 39-60.
Muis, M. (2019). Model Pembelajaran
Berbasis Masalah: Teori Dan
Penerapannya. Caremedia
Communication.
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2020). Faktor
Penyebab Rendahnya Hasil Belajar
Siswa. Prosiding Sesiomadika, 2(1c).
Nur, F. (2022). Pengembangan
Pembelajaran Matematika. Nas
Media Pustaka.
Nurwidyaningrum Et Al,. (2023).
Penggunaan Model Pembelajaran
Pbl Melalui Media Kotak Kartu
Misterius Untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Matematika Siswa Kelas Iv
Sdn Bogorejo. Jurnal Ilmiah
Pendidikan Dasar, 9(1), 1955- 1965.
Ritonga, M., & Fadli, Z. (2020).
Pengembangan Perangkat
Pembelajaran Berorientasi Model
Pembelajaran Berbasis Masalah
Berbantuan Macromedia Flash Untuk
Meningkatkan Kemampuan Literasi
Matematika Siswa Kelas X Sma
(Doctoral Dissertation, Universitas
Negeri Medan).
Riyana, C., & Pd, M. (2020). Konsep
Pembelajaran Online. Modul
Pembelajaran On-Line, 1.
Saputra, H. (2021). Pembelajaran Berbasis
Masalah (Problem Based
Learning). Jurnal Pendidikan
Inovatif, 5(3).
Savriliana, V., Sundari, K., & Budianti, Y.
(2020). Media Dakota (Dakon
Matematika) Sebagai Solusi Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar
Matematika Siswa Sekolah
Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1160-
Shoimah, R. N., Syafi'aturrosyidah, M., &
Hadya, S. (2021). Penggunaan Media
Pembelajaran Konkrit Untuk
Meningkatkan Aktifitas Belajar Dan
Pemahaman Konsep Pecahan Mata
Pelajaran Matematika Siswa Kelas Iii
Mi Ma’arif Nu Sukodadi-
Lamongan. Mida: Jurnal
Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 1-18.
Hendrayana, S., & Putri, A. E. (2022).
Penerapan Model Problem Based
Learning Berbantuan Media Konkret
Dalam Meningkatkan Hasil Belajar
Matematika Siswa Kelas VI SDN 261
Margahayu Raya Pada Konsep
Volume Tabung. Didaktik: Jurnal
Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2),
-3190.
Suardi, M. (2018). Belajar &
Pembelajaran. Deepublish.
Sulistyawati, W., Wahyudi, W., &
Trinuryono, S. (2022). Analisis
Motivasi Belajar Siswa dengan
Menggunakan Model Pembelajaran
Blended Learning saat Pandemi
Covid-19 (Deskriptif Kuantitatif di
SMAN 1 Babadan
Ponorogo). KadikmA, 13(1), 68-73.
Sumardjan, S. P., & Pd, M. M.
(2017). Media Kartu Sekolah Dasar.
Formaci.
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani,
K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z.
(2023). Pentingnya Media
Pembelajaran Dalam Proses Belajar
Mengajar. Journal On
Education, 5(2), 3928-3936.
Zulmaulida, R., Saputra, E., Munir, M.,
Zanthy, L. S., Wahnyuni, M., Irham,
M., & Akmal, N.
(2021). Problematika Pembelajaran
Matematika. Yayasan Penerbit
Muhammad
Zaini.
Alsa, P. (2021). Pengaruh lingkungan
belajar terhadap proses
pembelajaran kelas XI di SMK Negeri
Cianjur. Jurnal Pendidikan Politik,
Hukum dan
Kewarganegaraan, 11(1).
Hartati, M. S. (2019). Pengembangan
metode pembelajaran dalam
menghadapi revolusi industri
0. Jurnal Global Citizen: Jurnal
Ilmiah Kajian Pendidikan
Kewarganegaraan, 7(1).
Wibowo, H. (2020). Pengantar Teori-teori
belajar dan Model-model
pembelajaran. Puri cipta media.
Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami,
E. (2020). Strategi pembelajaran
aktif dalam meningkatkan motivasi
belajar pkn peserta
didik. Mahaguru: Jurnal
Pendidikan Guru Sekolah
Dasar, 1(1), 30-41.
Rachmantika, A. R., & Wardono, W. (2019,
February). Peran kemampuan
berpikir kritis siswa pada
pembelajaran matematika dengan
pemecahan masalah. In PRISMA,
Prosiding Seminar Nasional
Matematika (Vol. 2, pp. 439-443).
Ariandi, Y. (2017, February). Analisis
kemampuan pemecahan masalah
berdasarkan aktivitas belajar pada
model pembelajaran PBL.
In PRISMA, Prosiding Seminar
Nasional Matematika (pp. 579-585).
Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2017,
February). Pentingnya peningkatan
kemampuan pemecahan masalah
melalui PBL untuk mempersiapkan
generasi unggul menghadapi MEA.
In PRISMA, Prosiding Seminar
Nasional Matematika (pp. 151-160).
Husnah, M. (2017). Hubungan tingkat
berpikir kritis terhadap hasil belajar
fisika siswa dengan menerapkan
model pembelajaran problem based
learning. PASCAL (Journal of
Physics and Science Learning), 1(2),
-17.
Mahendradhani, G. A. A. R.
(2021). Problem-Based Learning di
Masa Pandemi. Nilacakra.
Masrinah, E. N., Aripin, I., & Gaffar, A. A.
(2019, October). Problem based learning
(PBL) untuk meningkatkan
keterampilan berpikir kritis.
In Prosiding Seminar Nasional
Pendidikan (Vol. 1, pp. 924-932).