Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan dan Pengurangan Kelas 2 SD Negeri Sawah Besar 01 melalui Problem Based Learning Berbantuan Media Kongkret

Authors

  • Fitri Mulia , Mira Azizah, Alberta Budi Lestari , Muhammad Nasichin Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Problem Bast Learning, Media, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan
Dan Pengurangan Kelas 2 SD Negeri Sawah Besar 01 Melalui Problem Based Learning
Berbantuan Media Kongkret. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas
(PTK) dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. subjek dari penelitian
ini yaitu seluruh peserta didik kelas 2 SD Negeri Sawah Besar 01 kota Semarang. Data yang
digunakan adalah observasi wawancara dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
terdapat peningkatan hasil belajar penjumlahan dan pengurangan kelas 2 SD negeri Sawah
Besar 01. Hasil nilai rata-rata peserta didik pada prasiklus mengalami peningkatan pada siklus
I denga kriteria belum mencapai tujuan dan interval remedial dibagian yang dibutuhkan serta
kriteia sudah tercapai dengan interval tidak perlu remedial, hasil nilai rata-rata peserta didik
pada siklus II memperoleh penigkatan nilai rata-rata dengan kategori sudah tercapai interval
tidak perlu remedial dan kriteria sudah tercapai interval perlu pengayaan atau tantangan yang
lebih kompleks. Maka dapat disimpulkan Problem Based learning berbantu media kongkret
dapat meningkatkan hasil belajar penjumlahan dan pengurangan kelas 2 SD Negeri Sawah
Besar 01 kota semarang.

References

Adip, M., Nursyahidah, F., Fitri, N., &

Puspitosari, I. (2023, July). 327.

Peningkatan Hasil Belajar Melalui

Model Problem-Based Learning

Berbantuan Media Kongkret Sd

Negeri 6 Wirosari. In Prosiding

Seminar Nasional Pendidikan

Profesi Guru (Pp. 2329-2338).

Angkatan, M. T. M. (2020). Generasi

Hebat Generasi Matematika.

Penerbit Nem.

Aqib, Z., & Chotibuddin, M. (2018). Teori

Dan Aplikasi Penelitian Tindakan

Kelas:(Ptk). Deepublish.

Arga, H. S. P., Rahayu, G. D. S., Altaftazani,

D. H., & Pratama, D. F.

(2019). Sumber Belajar Ips Berbasis

Lingkungan. Upi Sumedang Press.

Bararah, I. (2017). Efektifitas Perencanaan

Pembelajaran Dalam Pembelajaran

Pendidikan Agama Islam Di

Sekolah. Jurnal Mudarrisuna:

Media Kajian Pendidikan Agama

Islam, 7(1), 131-147.

Dananjaya, U. (2023). Media

Pembelajaran Aktif. Nuansa

Cendekia.

Darwati, I. M., & Purana, I. M. (2021).

Problem Based Learning (Pbl): Suatu

Model Pembelajaran Untuk

Mengembangkan Cara Berpikir

Kritis Peserta Didik. Widya Accarya,

(1), 61-69.

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi

Belajar Siswa Dalam

Pembelajaran. Lantanida

Journal, 5(2), 172-182.

Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model

Pembelajaran Problem Based

Learning Untuk Meningkatkan Hasil

Belajar Matematika Sd. Primary:

Jurnal Pendidikan Guru Sekolah

Dasar, 7(1), 40-47.

Febriani, E. S., Arobiah, D., Apriyani, A.,

Ramdhani, E., & Millah, A. S. (2023).

Analisis Data Dalam Penelitian

Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas

Mahasiswa, 1(2), 140-153.

Febrita, I., & Harni, H. (2020). Model

Problem Based Learning Dalam

Pembelajaran Tematik Terpadu

Terhadap Berfikir Kritis Siswa Di

Kelas Iv Sd. Jurnal Pendidikan

Tambusai, 4(2), 1619-1633.

Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021).

Meta-Analisis Model Pembelajaran

Problem Based Learning (Pbl) Untuk

Meningkatkan Kemampuan Berpikir

Kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3), 1349-

Hendrayana, S., & Putri, A. E. (2022).

Penerapan Model Problem Based

Learning Berbantuan Media Konkret

Dalam Meningkatkan Hasil Belajar

Matematika Siswa Kelas VI SDN 261

Margahayu Raya Pada Konsep

Volume Tabung. Didaktik: Jurnal

Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2),

-3190.

Juhairiah, J. (2023). Meningkatkan

Kemampuan Guru dalam

Menetapkan Kriteria Ketercapaian

Tujuan Pembelajaran (KKTP)

Melalui Workshop Intern Sekolah Di

SDN Karang Bayat 01 Sumber

Baru. Jurnal Simki

Postgraduate, 2(3), 103-113.

Karmajaya, I. W. A. (2018). Penerapan

Model Problem Based Learning

Berbantuan Media Konkret Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar

Matematika Siswa Kelas Ivb Sd

Negeri 4 Kampung Baru Kecamatan

Buleleng Tahun Pelajaran

/2018. Jurnal Ilmiah

Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 58-

Komang Sukendra, I., & Wayan, S. I.

(2020). Analisis Problematika Dan

Alternatif Pemecahan Masalah

Pembelajaran Matematika Di

Smp. Emasains: Jurnal Edukasi

Matematika Dan Sains, 9(2), 177-

Maryati, I. (2018). Penerapan Model

Pembelajaran Berbasis Masalah

Pada Materi Pola Bilangan Di Kelas

Vii Sekolah Menengah

Pertama. Mosharafa: Jurnal

Pendidikan Matematika, 7(1), 63-74.

Mashuri, S., Djidu, H., & Ningrum, R. K.

(2019). Problem Based Learning

Dalam Pembelajaran Matematika:

Upaya Guru Untuk Meningkatkan

Minat Dan Prestasi Belajar Siswa.

Pythagoras. Jurnal Pendidikan

Matematika, 14(2).

Meutia, C. (2021). Peningkatan Hasil

Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis

Siswa Dalam Materi Perhitungan Kimia

Melalui Model Pembelajaran Problem

Based Learning. Jurnal Kinerja

Kependidikan (Jkk), 3(1), 39-60.

Muis, M. (2019). Model Pembelajaran

Berbasis Masalah: Teori Dan

Penerapannya. Caremedia

Communication.

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2020). Faktor

Penyebab Rendahnya Hasil Belajar

Siswa. Prosiding Sesiomadika, 2(1c).

Nur, F. (2022). Pengembangan

Pembelajaran Matematika. Nas

Media Pustaka.

Nurwidyaningrum Et Al,. (2023).

Penggunaan Model Pembelajaran

Pbl Melalui Media Kotak Kartu

Misterius Untuk Meningkatkan Hasil

Belajar Matematika Siswa Kelas Iv

Sdn Bogorejo. Jurnal Ilmiah

Pendidikan Dasar, 9(1), 1955- 1965.

Ritonga, M., & Fadli, Z. (2020).

Pengembangan Perangkat

Pembelajaran Berorientasi Model

Pembelajaran Berbasis Masalah

Berbantuan Macromedia Flash Untuk

Meningkatkan Kemampuan Literasi

Matematika Siswa Kelas X Sma

(Doctoral Dissertation, Universitas

Negeri Medan).

Riyana, C., & Pd, M. (2020). Konsep

Pembelajaran Online. Modul

Pembelajaran On-Line, 1.

Saputra, H. (2021). Pembelajaran Berbasis

Masalah (Problem Based

Learning). Jurnal Pendidikan

Inovatif, 5(3).

Savriliana, V., Sundari, K., & Budianti, Y.

(2020). Media Dakota (Dakon

Matematika) Sebagai Solusi Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar

Matematika Siswa Sekolah

Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1160-

Shoimah, R. N., Syafi'aturrosyidah, M., &

Hadya, S. (2021). Penggunaan Media

Pembelajaran Konkrit Untuk

Meningkatkan Aktifitas Belajar Dan

Pemahaman Konsep Pecahan Mata

Pelajaran Matematika Siswa Kelas Iii

Mi Ma’arif Nu Sukodadi-

Lamongan. Mida: Jurnal

Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 1-18.

Hendrayana, S., & Putri, A. E. (2022).

Penerapan Model Problem Based

Learning Berbantuan Media Konkret

Dalam Meningkatkan Hasil Belajar

Matematika Siswa Kelas VI SDN 261

Margahayu Raya Pada Konsep

Volume Tabung. Didaktik: Jurnal

Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2),

-3190.

Suardi, M. (2018). Belajar &

Pembelajaran. Deepublish.

Sulistyawati, W., Wahyudi, W., &

Trinuryono, S. (2022). Analisis

Motivasi Belajar Siswa dengan

Menggunakan Model Pembelajaran

Blended Learning saat Pandemi

Covid-19 (Deskriptif Kuantitatif di

SMAN 1 Babadan

Ponorogo). KadikmA, 13(1), 68-73.

Sumardjan, S. P., & Pd, M. M.

(2017). Media Kartu Sekolah Dasar.

Formaci.

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani,

K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z.

(2023). Pentingnya Media

Pembelajaran Dalam Proses Belajar

Mengajar. Journal On

Education, 5(2), 3928-3936.

Zulmaulida, R., Saputra, E., Munir, M.,

Zanthy, L. S., Wahnyuni, M., Irham,

M., & Akmal, N.

(2021). Problematika Pembelajaran

Matematika. Yayasan Penerbit

Muhammad

Zaini.

Alsa, P. (2021). Pengaruh lingkungan

belajar terhadap proses

pembelajaran kelas XI di SMK Negeri

Cianjur. Jurnal Pendidikan Politik,

Hukum dan

Kewarganegaraan, 11(1).

Hartati, M. S. (2019). Pengembangan

metode pembelajaran dalam

menghadapi revolusi industri

0. Jurnal Global Citizen: Jurnal

Ilmiah Kajian Pendidikan

Kewarganegaraan, 7(1).

Wibowo, H. (2020). Pengantar Teori-teori

belajar dan Model-model

pembelajaran. Puri cipta media.

Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami,

E. (2020). Strategi pembelajaran

aktif dalam meningkatkan motivasi

belajar pkn peserta

didik. Mahaguru: Jurnal

Pendidikan Guru Sekolah

Dasar, 1(1), 30-41.

Rachmantika, A. R., & Wardono, W. (2019,

February). Peran kemampuan

berpikir kritis siswa pada

pembelajaran matematika dengan

pemecahan masalah. In PRISMA,

Prosiding Seminar Nasional

Matematika (Vol. 2, pp. 439-443).

Ariandi, Y. (2017, February). Analisis

kemampuan pemecahan masalah

berdasarkan aktivitas belajar pada

model pembelajaran PBL.

In PRISMA, Prosiding Seminar

Nasional Matematika (pp. 579-585).

Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2017,

February). Pentingnya peningkatan

kemampuan pemecahan masalah

melalui PBL untuk mempersiapkan

generasi unggul menghadapi MEA.

In PRISMA, Prosiding Seminar

Nasional Matematika (pp. 151-160).

Husnah, M. (2017). Hubungan tingkat

berpikir kritis terhadap hasil belajar

fisika siswa dengan menerapkan

model pembelajaran problem based

learning. PASCAL (Journal of

Physics and Science Learning), 1(2),

-17.

Mahendradhani, G. A. A. R.

(2021). Problem-Based Learning di

Masa Pandemi. Nilacakra.

Masrinah, E. N., Aripin, I., & Gaffar, A. A.

(2019, October). Problem based learning

(PBL) untuk meningkatkan

keterampilan berpikir kritis.

In Prosiding Seminar Nasional

Pendidikan (Vol. 1, pp. 924-932).

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Mulia, F. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan dan Pengurangan Kelas 2 SD Negeri Sawah Besar 01 melalui Problem Based Learning Berbantuan Media Kongkret. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2525–2533. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5409

Issue

Section

Prosiding 2023