Penerapan PjBL untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPAS bagi Siswa Kelas IV C SDN Rejosari 01 Semarang

Authors

  • Tania Ike Nur Rahmawati Universits PGRI Semarang

Keywords:

Model Project based learning, Aktivitas, Hasil Belajar, IPAS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPAS pada siswa kelas IV C Sekolah dasar dengan menggunakan model project based learning (PjBL). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus, tiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Terdiri dari empat tahapan kegiatan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu 28 siswa kelas IV C SDN Rejosari 01 Semarang yang terdiri dari 14 perempuan dan 14 laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi dan lembar tes evaluasi. Peningkatan aktivitas siswa dapat dilihat dari hasil lembar observasi, sedangkan peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari hasil nilai evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPAS pada setiap siklusnya. Dengan demikian model pembelajaran project based learning (PjBL) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPAS siswa kelas IV C SDN Rejosari 01 Semarang.

 

References

Kosasih. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Yrama Widya.

Mahardika, K., & Widiastuti, N. L. G. K. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project based learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Muatan IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 4 Kelusa. Widya Accarya, 13(1), 29-36.

Sari, Dewi Nofita (2011) Penerapan model project-based learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Ketawanggede 2 Malang / Dewi Nofita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Suhana, C. (2014). Konsep Strategi Pembelajaran. Refika Aditama.

Sumarni, I. (2020). Penerapan Model Project based learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPA Tentang Sifat-Sifat Cahaya Di Kelas V A Semester II Bagi Siswa SD Negeri Bantarkemang 1 Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1). https://doi.org/10.32832/tek.pend.v9i1.2764

Sutrisno, D., Kartono, & Asran, M. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Project based learning Pembelajaran IPA di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7, 1–8. https://jurnal.untan.ac.id/

Yani, L. ., & Taufik, T. (2020). Penerapan Model Project based learning dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar (studi literatur). E-Journal Pembelajaran Inovasi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(9).

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Tania Ike Nur Rahmawati. (2023). Penerapan PjBL untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPAS bagi Siswa Kelas IV C SDN Rejosari 01 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2994–3004. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5461

Issue

Section

Prosiding 2023