Peningkatan Hasil Belajar IPAS melalui Model PJBL Pesrta Didik Kelas V SDN Rejosari 01 Semarang
Keywords:
Hasil Belajar, IPAS, Project Based LearningAbstract
Konteks penelitian ini adalah hasil belajar pesera didik kelas 5 C SDN Rjosari 01 Smarang pada mata pelajaran IPAS masih tergolong rendah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPAS melalui model pembelajaran Project Based Larning. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan sbanyak dua siklus. Subyek penelitian ini adalah peserta didikklas V C SDN Rejosari 01 Semarang yang berjumlah 27 orang, yang terdiri dari 13 peserta didik laki-laki dan 14 peserta didik perempuan. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, dan soal evaluasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan cara menhitung presentase keberhasilan belajar dan nilai rata-rata yang dicapai pesrta didik. Pada tiap tahap dilakukan perbaikan RPP sehingga dapat diketahui keberhasilan penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada mata pelajaran IPAS menunjukkan peningkatan, hal ini dibuktikan dengan peningkatan rata-rata hasil belajar peserta didik pada prasiklus diperoleh sebanyak 10 peserta didik atau 37,03% dari 27 peserta didik. Pada siklus I hasil ketuntasan belajar peserta didik meningkat menjadi 18 peserta didik atau66,66 % dari 27 peserta didik. Selanjutnya pada siklus II tingkat ketuntasan hasil belajar peserta didik meningkat menjadi 24 peserta didik atau 88,88,88% dari 27 peserta didik. Penelitian ini dikatakan berhasil karena sudah mencapai indicator ketuntasan yaitu ≥80% dari rata-rata kelas dengan KKM ≥75.
References
Ainia, D. K. (2020). Merdeka belajar dalam pandangan Ki Hadjar Dewantara dan relevansinya bagi pengembanagan pendidikan karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95-101.
Amelia, N., & Aisya, N. (2021). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) dan Penerapannya pada Anak Usia Dini di TK IT Al-Farabi. BUHUTS AL ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 1(2), 181-199.
Apriany, W. A., Winarni, E. W., & Muktadir, A. M. (2020). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri 5 Kota Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 3(2), 88-97.
Arikunto, Suharsimi. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Astari, F. A., Suroso, S., & Yustinus, Y. (2018). Efektifitas penggunaan model discovery learning dan model problem based learning terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas 3 SD. Jurnal Basicedu, 2(1), 1-10.
Gunawan, B., & Hardini, A. A. T. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA dan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Kelas V SD. JTIEE (Journal of Teaching in Elementary Education), 2(1), 32-46.
Handayani, L. (2022). Peningkatan motivasi dan hasil belajar perubahan wujud benda melalui metode Cooperative Script peserta didik Kelas III semester I SDN 2 Pengkolrejo Tahun Pelajaran2021/2022. Widyasari-Press. Com, 129-40.
Irsan, I. (2021). Implemensi Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5631-5639.
Janah, F. N. M., Sulasmono, B. S., & Setyaningtyas, E. W. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Video Peserta didik Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1).
Jannati, P., Ramadhan, F. A., & Rohimawan, M. A. (2023). Peran Guru penggerak dalam implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 330-345.
Kartini, N. A. I. (2023). IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DI SEKOLAH DASAR. https://doi.org/10.31219/osf.io/sbtwm
Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022): https://www.kemdikbud.go.id/main/
Kurniawan, S. (2022). Kurikulum Berbasis Kearifan Lokal dalam Membentuk Karakter Peserta Didik. Jurnal LENTERA: Jurnal Studi Pendidikan, 4(2), 161-174.
Kusadi, N. M. R., Sriartha, I. P., & Kertih, I. W. (2020). Model pembelajaran project based learning terhadap keterampilan sosial dan berpikir kreatif. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(1), 18-27.
Loda, K. E., Ndai, A., & Fono, Y. M. (2023). PELAKSANAAN PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN (PLP 2) DI TKK SATAP SDI RUTOSORO. Jurnal Citra Magang dan Persekolahan, 1(1), 47-51.
Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. IJAR, 1(2).
Nugraha, A. R., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Ipa Pada Peserta didik Kelas 5 Sd. Kalam Cendekia Pgsd
Kebumen, 6(4.1).
Pidria, L., Ayu, N. G. S. N., & Qairani, Z. (2023). Pengaruh Kewibawaan Pendidik terhadap Peserta Didik dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 17(1), 1-15.
Ramdhan, M. (2021). Metode penelitian. Cipta Media Nusantara.
Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) upaya peningkatan kreativitas mahapeserta didik. Jurnal Varidika, 30(1), 79-83.
Sari, S. P., Manzilatusifa, U., & Handoko, S. (2019). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif peserta didik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 119-131.
Simbolon, R., Rosdiana, E., & Surya, E. (2022, July). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA SEKOLAH DASAR. In Prosiding Seminar Nasional PSSH (Pendidikan, Saintek, Sosial dan Hukum) (Vol. 1, pp. 83-1).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Jakarta: Alfabeta.
Thomas, J. W. (2000). A review of research on PBL. www.bobpearlman.org/BestPractices/PBL_Research.pdf. Accesed 20 January, 2017. (website)
Ummah, N. K. K., & Fauziah, H. N. (2021). Penerapan Kompetensi Profesional Guru (Keterampilan Dasar Mengajar) pada Pembelajaran Tematik Kelas III di MI Al-Azhar Madiun. ADAPTIVIA: Prosiding Tahunan Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah dan Sederajat, 295-308.
Uno, H. B., & Mohamad, N. (2022). Belajar dengan pendekatan PAILKEM: pembelajaran aktif, inovatif, lingkungan, kreatif, efektif, menarik. Bumi Aksara.