Peningkatan Hasil Belajar IPAS dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Puzzle Kelas V SD
Keywords:
Problem-Based Learning, Hasil Belajar, IPASAbstract
Berdasarkan hasil pengamatan pada peserta didik kelas VB SDN Gayamsari 02 Semarang hasil belajar
peserta didik belum optimal. Respon peserta didik dalam proses pembelajaran masih rendah, peserta
didik kurang memperhatikan pembelajaran. Hal tersebut karena model pembelajaran yang kurang
sesuai dan keterbatasan media pembelajaran yang menarik untuk kegiatan pembelajaran serta kegiatan
pembelajaran masih didominasi menggunakan metode ceramah. Peningkatan hasil belajar dan
perbaikan kualitas pembelajaran dilakukan dengan penggunaan model Problem Based Learning
berbantuan media puzzle yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran agar peserta didik lebih aktif
dan menyenangkan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian
adalah peserta didik kelas VB SDN Gayamsari 02 yang berjumlah 31 peserta didik. Teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini adalah tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif kuantitatif dan teknik deskriptif kulaitatif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media
puzzle dapat meningkatkankan hasil belajar peserta didik. Peningkatan hasil belajar ditunjukkan
dengan meningkatnya ketuntasan nilai evaluasi hasil belajar peserta didik Ilmu Pengetahuan Alam dan
Sosial (IPAS) Bab I melihat karena cahaya pada siklus I sebesar 55% dan pada siklus II 87%.
References
Ananda, Rusdi., Rafida, Tien., dan
Syahrum. 2015. PENELITIAN
TINDAKAN KELAS. Medan: 2015.
Azizah, N., Siswanto, J., & Isnuryantono, E.
(2023, July). 79. Implementasi
Model Pembelajaran PjBL Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar IPA
Materi Siklus Air Siswa Kelas V SDN
Gayamsari 02. In Prosiding Seminar
Nasional Pendidikan Profesi
Guru (pp. 704-710).
Bistari, B. (2017). Konsep dan indikator
pembelajaran efektif. Jurnal kajian
pembelajaran dan keilmuan, 1(2),
-20.
Cahyani, C. A., Reffiane, F., & Rizkiyati, N.
(2023, July). 29. Penerapan Model
Pembelajaran PBL Terhadap Hasil
Belajar Matematika Pada Siswa Kelas
Ii SDN Karanganyar Gunung 02
Semarang. In Prosiding Seminar
Nasional Pendidikan Profesi
Guru (pp. 242-249).
Cahyaningsih, U., & Ghufron, A. (2016).
Pengaruh penggunaan model
problem-based learning terhadap
karakter kreatif dan berpikir kritis
dalam pembelajaran matematika.
Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1).
Darmayanti, Ni Wayan Sri., Artini, Ni Putu
Juni., Juniartina, Putu Prima., dkk.
STRATEGI PEMBELAJARAN
IPA DI SEKOLAH DASAR (SD).
Banyumas: PT. Pena Persada Kerta
Utama.
Devi, N. M. I. A. (2020). Pengembangan
Media Pembelajaran Puzzle Angka
untuk Meningkatkan Kemampuan
Mengenal Lambang Bilangan. Jurnal
Ilmiah Pendidikan Profesi Guru,
(3), 416-426.
Dewi, A. U. (2021). CURRICULUM
REFORM IN THE
DECENTRALIZATION OF
EDUCATION IN INDONESIA:
EFFECT ON
STUDENTS’ACHIEVEMENTS.
Jurnal Cakrawala Pendidikan, 40(1),
-169.
Ekayani, P. (2017). Pentingnya
penggunaan media pembelajaran
untuk meningkatkan prestasi belajar
siswa. Jurnal Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas Pendidikan
Ganesha Singaraja, 2(1), 1-11.
Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat
pembelajaran yang efektif. At-
Tafkir, 11(1), 85-99.
Fathurrohman, M. (2015). Model-model
pembelajaran. Jogjakarta: Ar-ruzz
media.
Festiawan, R. (2020). Belajar dan
pendekatan pembelajaran.
Universitas Jenderal Soedirman, 11.
Fitriyati, I., Hidayat, A., & Munzil, M.
(2017). Pengembangan perangkat
pembelajaran IPA untuk
meningkatkan kemampuan berpikir
ilmiah dan berpikir tingkat tinggi
siswa Sekolah Menengah
Pertama. Jurnal Pembelajaran
Sains, 1(1), 27-34.
Funa, A. A., Gabay, R. A. E., Ibardaloza, R.
T., & Limjap, A. A. (2022).
Knowledge, attitudes, and behaviors
of students and teachers towards
education for sustainable
development. Cakrawala
Pendidikan: Jurnal Ilmiah
Pendidikan, 41(3), 567-580.
Husna, N. D. (2017). Pengembangan Media
Puzzle Materi Pencemaran
Lingkungan di SMP Negeri 4 Banda
Aceh. Jurnal Pendidikan Sains
Indonesia, 05(01), 66–71.
Lestari, P. D., & Wulandari, I. G. A. A.
(2023). PENGARUH MODEL
PROBLEM BASED LEARNING
BERBANTUAN MEDIA
CROSSWORD PUZZLE TERHADAP
KOMPETENSI PENGETAHUAN
IPAS SISWA. PENDASI Jurnal
Pendidikan Dasar Indonesia, 7(1),
-58.
Mutiani. 2019. Pengaruh Model
Pembelajaran Think Pair Share
(TPS) dan Model Pembelajaran
Problem Based Learning (PBL)
Terhadap Kemampuan Berfikir
Kritis dan Kemampuan Pemecahan
Masalah Siswa di Kelas VIII SMP N 2
Batang Kuis Tahun Ajaran
/2019. Universitas Islam Negeri
Sumatera Utara
Nadhifah, Y., Zannah, F., Fauziah, N.,
Pikoli, M., Asyhar, A. D. A., Yanti,
M., ... & Hizqiyah, I. Y. N.
(2023). Pembelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam Dan Sosial
(IPAS). Global Eksekutif Teknologi.
Nomor, U. U. (20). Tahun 2003 pasal 1 ayat
tentang Sistem pendidikan
nasional. Jakarta: Cipta Jaya
.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media
pembelajaran untuk meningkatkan
hasil belajar siswa. Jurnal misykat,
(1),171
-187.
Sanjaya, Wina. 2016. PENELITIAN
TINDAKAN KELAS. Jakarta:
Prenada Media Group.
Saputra, Nanda., dkk. 2021. PENELITIAN
TINDAKAN KELAS. Aceh: Yayasan
Penerbit Muhammad Zaini.
Setiana, F., & Rahayu, T. S. (2019).
Peningkatan Hasil Belajar
Matematika Melalui Model Problem
Based Learning Berbantuan Media
Puzzle Siswa Kelas IV SD. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 6(1), 8-14.
Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D.
(2022). Penelitian tindakan kelas.
Media Nusa Creative (MNC
Publishing).
Suswati, U. (2021). Penerapan Problem
Based Learning (PBL) Meningkatkan
Hasil Belajar Kimia. TEACHING:
Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu
Pendidikan
,
(3), 127
-136.
Trisiana, A. (2020). Penguatan
pembelajaran pendidikan
kewarganegaraan melalui digitalisasi
media pembelajaran. Jurnal
pendidikan
kewarganegaraan
, 10(2), 31
-41.
Wijaya, W., Hapsari, S., Simanjuntak, M. P.,
& Hamid, A. (2020). Pengaruh
Model Model Problem Based
Learning (PBL) terhadap Hasil
Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA
Kelas VII Semester II SMP Negeri 35
Medan TP 2019/2020. Jurnal
Inovasi Pembelajaran Fisika
(INPAFI), 8(2), 76
-82.