Peningkatan Hasil Belajar IPAS dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Puzzle Kelas V SD

Authors

  • Ma’rifatul Layliyah, Arfilia Wijayanti, Effendi Isnuryantono Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Problem-Based Learning, Hasil Belajar, IPAS

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan pada peserta didik kelas VB SDN Gayamsari 02 Semarang hasil belajar
peserta didik belum optimal. Respon peserta didik dalam proses pembelajaran masih rendah, peserta
didik kurang memperhatikan pembelajaran. Hal tersebut karena model pembelajaran yang kurang
sesuai dan keterbatasan media pembelajaran yang menarik untuk kegiatan pembelajaran serta kegiatan
pembelajaran masih didominasi menggunakan metode ceramah. Peningkatan hasil belajar dan
perbaikan kualitas pembelajaran dilakukan dengan penggunaan model Problem Based Learning
berbantuan media puzzle yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran agar peserta didik lebih aktif
dan menyenangkan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian
adalah peserta didik kelas VB SDN Gayamsari 02 yang berjumlah 31 peserta didik. Teknik pengumpulan
data dalam penelitian ini adalah tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif kuantitatif dan teknik deskriptif kulaitatif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media
puzzle dapat meningkatkankan hasil belajar peserta didik. Peningkatan hasil belajar ditunjukkan
dengan meningkatnya ketuntasan nilai evaluasi hasil belajar peserta didik Ilmu Pengetahuan Alam dan
Sosial (IPAS) Bab I melihat karena cahaya pada siklus I sebesar 55% dan pada siklus II 87%.

References

Ananda, Rusdi., Rafida, Tien., dan

Syahrum. 2015. PENELITIAN

TINDAKAN KELAS. Medan: 2015.

Azizah, N., Siswanto, J., & Isnuryantono, E.

(2023, July). 79. Implementasi

Model Pembelajaran PjBL Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar IPA

Materi Siklus Air Siswa Kelas V SDN

Gayamsari 02. In Prosiding Seminar

Nasional Pendidikan Profesi

Guru (pp. 704-710).

Bistari, B. (2017). Konsep dan indikator

pembelajaran efektif. Jurnal kajian

pembelajaran dan keilmuan, 1(2),

-20.

Cahyani, C. A., Reffiane, F., & Rizkiyati, N.

(2023, July). 29. Penerapan Model

Pembelajaran PBL Terhadap Hasil

Belajar Matematika Pada Siswa Kelas

Ii SDN Karanganyar Gunung 02

Semarang. In Prosiding Seminar

Nasional Pendidikan Profesi

Guru (pp. 242-249).

Cahyaningsih, U., & Ghufron, A. (2016).

Pengaruh penggunaan model

problem-based learning terhadap

karakter kreatif dan berpikir kritis

dalam pembelajaran matematika.

Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1).

Darmayanti, Ni Wayan Sri., Artini, Ni Putu

Juni., Juniartina, Putu Prima., dkk.

STRATEGI PEMBELAJARAN

IPA DI SEKOLAH DASAR (SD).

Banyumas: PT. Pena Persada Kerta

Utama.

Devi, N. M. I. A. (2020). Pengembangan

Media Pembelajaran Puzzle Angka

untuk Meningkatkan Kemampuan

Mengenal Lambang Bilangan. Jurnal

Ilmiah Pendidikan Profesi Guru,

(3), 416-426.

Dewi, A. U. (2021). CURRICULUM

REFORM IN THE

DECENTRALIZATION OF

EDUCATION IN INDONESIA:

EFFECT ON

STUDENTS’ACHIEVEMENTS.

Jurnal Cakrawala Pendidikan, 40(1),

-169.

Ekayani, P. (2017). Pentingnya

penggunaan media pembelajaran

untuk meningkatkan prestasi belajar

siswa. Jurnal Fakultas Ilmu

Pendidikan Universitas Pendidikan

Ganesha Singaraja, 2(1), 1-11.

Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat

pembelajaran yang efektif. At-

Tafkir, 11(1), 85-99.

Fathurrohman, M. (2015). Model-model

pembelajaran. Jogjakarta: Ar-ruzz

media.

Festiawan, R. (2020). Belajar dan

pendekatan pembelajaran.

Universitas Jenderal Soedirman, 11.

Fitriyati, I., Hidayat, A., & Munzil, M.

(2017). Pengembangan perangkat

pembelajaran IPA untuk

meningkatkan kemampuan berpikir

ilmiah dan berpikir tingkat tinggi

siswa Sekolah Menengah

Pertama. Jurnal Pembelajaran

Sains, 1(1), 27-34.

Funa, A. A., Gabay, R. A. E., Ibardaloza, R.

T., & Limjap, A. A. (2022).

Knowledge, attitudes, and behaviors

of students and teachers towards

education for sustainable

development. Cakrawala

Pendidikan: Jurnal Ilmiah

Pendidikan, 41(3), 567-580.

Husna, N. D. (2017). Pengembangan Media

Puzzle Materi Pencemaran

Lingkungan di SMP Negeri 4 Banda

Aceh. Jurnal Pendidikan Sains

Indonesia, 05(01), 66–71.

Lestari, P. D., & Wulandari, I. G. A. A.

(2023). PENGARUH MODEL

PROBLEM BASED LEARNING

BERBANTUAN MEDIA

CROSSWORD PUZZLE TERHADAP

KOMPETENSI PENGETAHUAN

IPAS SISWA. PENDASI Jurnal

Pendidikan Dasar Indonesia, 7(1),

-58.

Mutiani. 2019. Pengaruh Model

Pembelajaran Think Pair Share

(TPS) dan Model Pembelajaran

Problem Based Learning (PBL)

Terhadap Kemampuan Berfikir

Kritis dan Kemampuan Pemecahan

Masalah Siswa di Kelas VIII SMP N 2

Batang Kuis Tahun Ajaran

/2019. Universitas Islam Negeri

Sumatera Utara

Nadhifah, Y., Zannah, F., Fauziah, N.,

Pikoli, M., Asyhar, A. D. A., Yanti,

M., ... & Hizqiyah, I. Y. N.

(2023). Pembelajaran Ilmu

Pengetahuan Alam Dan Sosial

(IPAS). Global Eksekutif Teknologi.

Nomor, U. U. (20). Tahun 2003 pasal 1 ayat

tentang Sistem pendidikan

nasional. Jakarta: Cipta Jaya

.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media

pembelajaran untuk meningkatkan

hasil belajar siswa. Jurnal misykat,

(1),171

-187.

Sanjaya, Wina. 2016. PENELITIAN

TINDAKAN KELAS. Jakarta:

Prenada Media Group.

Saputra, Nanda., dkk. 2021. PENELITIAN

TINDAKAN KELAS. Aceh: Yayasan

Penerbit Muhammad Zaini.

Setiana, F., & Rahayu, T. S. (2019).

Peningkatan Hasil Belajar

Matematika Melalui Model Problem

Based Learning Berbantuan Media

Puzzle Siswa Kelas IV SD. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 6(1), 8-14.

Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D.

(2022). Penelitian tindakan kelas.

Media Nusa Creative (MNC

Publishing).

Suswati, U. (2021). Penerapan Problem

Based Learning (PBL) Meningkatkan

Hasil Belajar Kimia. TEACHING:

Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu

Pendidikan

,

(3), 127

-136.

Trisiana, A. (2020). Penguatan

pembelajaran pendidikan

kewarganegaraan melalui digitalisasi

media pembelajaran. Jurnal

pendidikan

kewarganegaraan

, 10(2), 31

-41.

Wijaya, W., Hapsari, S., Simanjuntak, M. P.,

& Hamid, A. (2020). Pengaruh

Model Model Problem Based

Learning (PBL) terhadap Hasil

Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA

Kelas VII Semester II SMP Negeri 35

Medan TP 2019/2020. Jurnal

Inovasi Pembelajaran Fisika

(INPAFI), 8(2), 76

-82.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Layliyah, M. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPAS dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Puzzle Kelas V SD. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2582–2589. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5416

Issue

Section

Prosiding 2023