Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Bab 2 Harmoni Dalam Ekosistem Melalui Model Project Based Learning Berbantu Media Audio Visual Kelas V Semester 1 Sdn Panggung Lor Kota Semarang Tahun Pelajaran 2023/2024
Keywords:
Project Based Learning, Audio Visual, Hasil BelajarAbstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar kognitif pembelajaran IPAS kelas V SDN Panggung Lor. Sebesar 38% peserta didik yang telah mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Hal tersebut disebabkan karena kurangnya variasi dalam penggunaan model dan media pembeajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Bab 2 Harmoni dalam Ekosistem Melalui Model Project Based Learning Berbantu Media Audio Visual Kelas V Semester 1 SDN Panggung Lor Kota Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023” Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas V SDN Panggung Lor Kota Semarang yang berjumlah 29 orang. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah teknik tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Project Based Learning berbantu media Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik dengan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu minimal 75%. Pada siklus I persentase ketuntasan peserta didik yaitu 52%. Siklus II mengalami peningkatan yaitu 72%, dan siklus III yaitu 90%. Disimpulkan bahwa model Project Based Learning berbantu media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada Bab 2 Harmoni dalam Ekosistem kelas V semester 1 SD Negeri Panggung Lor Semarang.
References
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers. Dalyono. (2005). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
Djajadi. Muhammad (2019). Pengantar Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Yogyakarta: Arti Bumi Intaran.
Yulaikah, I., & Rahayu, S. (2022). Efektivitas Pembelajaran STEM dengan Model PjBL Terhadap Kreativitas dan Pemahaman Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar. 223–229.
Lestari, I. 2013. Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnlah Ilmiah Pendidikan matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Vol 2. No. 3, 115-125.
Nurparida, & Srirahayu, E. (2021). Efektivitas Media Audio Visual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Terpadu Kelas VII MTS. Al Yusufiah. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 5(1), 155–162.
Rahayu, Sri Theresia. Dkk. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ips Melalui Model Project Based Learning (Pbl) Berbantuan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Basicedu, Vol. 2 No. 1, 28-31.
Sudjana, Nana. 2011. Penilaian hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.
Ariyanto, M. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Kenampakan Rupa Bumi Menggunakan Model Scramble. Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 133. https://doi.org/10.23917/ppd.v3i2.3844