Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Balok Satuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IIb SDN Pedurungan Kidul 01
Keywords:
Problem Based Learning, Balok Satuan, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini berawal dari refleksi guru terhadap kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Dalam proses pembelajaran terlihat bahwa hasil belajar siswa dalam mata Pelajaran matematika di kelas IIB SDN Pedurungan Kidul 01 masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi mengenai hasil belajar siswa kelas IIB SDN Pedurungan Kidul 01 dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media balok satuan. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IIB di SDN Pedurungan Kidul 01 yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Rancangan penelitian ini meliputi, (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan (observasi), dan (4) refleksi. Data dikumpulkan dengan observasi dan tes hasil belajar. Analisi data dilakukan dengan teknik presentase ketuntasan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I, yaitu 58 dengan presentase ketuntasan 39% meningkat menjadi 83 dengan presentase ketuntasan 81% pada siklus 2. Dengan demikian, model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media balok satuan terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IIB SDN Pedurungan Kidul 01.
References
Alimuddin, J. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 4(02), 67–75.
Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3149
Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95–101.
Arviansyah, M. R., & Shagena, A. (2022). Efektivitas Dan Peran Dari Guru Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. LENTERA Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17(1), 40–50.
Asmara, Y., & Nindianti, D. S. (2019). Urgensi Manajemen Kelas Untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran. SINDANG: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah, 1(1), 12–24. https://doi.org/10.31540/sdg.v1i1.192
Cani, D., Dadang, K., & Diah, G. (2016). Penerapan Model Kooperatif Teknik Make a Match Dengan Media Kartu Klop Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kenampakan Alam Dan Buatan. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 361–370. http://repository.upi.edu/id/eprint/20599
Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Komariah, Rosdiana, S. P., & Fatirul, A. N. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran, 1(02), 56–67. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110
Fauzi, S. A., & Mustika, D. (2022). Peran Guru Sebagai Fasilitator Dalam Pembelajaran Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 2492–2500.
Geovani, S., Sinaga, R., Gaol, R. L., & Tanjung, D. S. (2022). Pengaruh Bimbingan Belajar Di Rumah Pada Masa Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 0339. Jurnal PAJAR, 6(2), 515–521.
Hafizha, D., Ananda, R., & Aprinawati, I. (2022). Analisis Pemahaman Guru Terhadap Gaya Belajar Siswa Di SDN 020 Ridan Permai. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(1), 25–33. https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n1.p25-33
Kurniawan, M. I. (2015). Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 4(1), 41–49.
Marfuah, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Penjumlahan Bilangan Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Block Dienes Bagi Anak Autis Kelas III di SLB Islam Qothrunnada. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 8(10), 1063–1070.
Miftah, M. (2013). Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, 1(2), 95–105. https://doi.org/10.31800/jtpk.v1n2.p95--105
Mulyasari, W., Prasetya, F., & Fahrozy, N. (2023). Pemahaman Konsep Pada Nilai Tempat Di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 442–452. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5295
Munawaroh, N. H., Kartina, & Reffiane, F. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Instruction untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SD. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(02), 3935–3945.
Myori, D. E., Chaniago, K., Hidayat, R., Eliza, F., & Fadli, R. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 5(2), 102–109. https://doi.org/10.24036/jtev.v5i2.106832
Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8–18. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18
Priantini, D. A. M. M. O., Suarni, N. K., & Adnyana, K. S. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka Dan Platform Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Pendidikan Yang Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 8(02), 238–244. https://doi.org/10.25078/jpm.v8i02.1386
Rosidah, Nizaar, M., Muhardini, S., Haifaturrahmah, & Mariyati, Y. (2022). Efektifitas Media Pembelajaran Game interaktif Berbasis Power Point Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD. Seminar Nasional Paedagoria, 2, 10–16. http://journal.ummat.ac.id/index.php/fkip/article/view/9749%0Ahttp://journal.ummat.ac.id/index.php/fkip/article/download/9749/pdf
Sitorus, S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Berbasis Kolaborasi (Analisis Prosedur, Implementasi dan Penulisan Laporan). AUD Cendekia Journal of Islamic Early Childood Education, 01(03), 200–213. http://e-jurnal.staisumatera-medan.ac.id/index.php/audcendekia/article/view/140%0Ahttp://e-jurnal.staisumatera-medan.ac.id/index.php/audcendekia/article/download/140/107
Sulastri. (2021). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas IX Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Media Video di SMP Negeri 9 Madiun Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Merdeka Mengajar, 2(2), 86–95. https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/JMM/article/view/885
Untari, E., Rohmah, N., & Lestari, D. W. (2018). Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) Sebagai Pembiasaan Higher Order Thinking Skills ( HOTS ) Pada Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan Sains, 135–142.
Wiartis. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Melalui Kegiatan Kolaborasi Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di Smp Negeri 6 Batam. Daiwi Widya Jurnal Pendidikan, 7(4), 47–63. https://doi.org/10.37637/dw.v7i5.673