PENERAPAN MODEL PBL BERBANTUAN MEDIA POT PERTUJU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SIFAT KOMUTATIF PENJUMLAHAN DI KELAS III C SDN WONOTINGAL
Keywords:
PBL, Pot Pertuju, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripskan peningkatan hasil belajar peserta didik pada aspek pengetahuan dalam proses pembeljaran melalui model PBL berbantuan media kelas III C SDN Wonotingal, dengan subjek penelitian 25 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mengalami peningkatan pada Hasil belajar aspek pengetahuan siswa pada siklus I memperoleh rata-rata klasikal 69 dan persentase klasikal mencapai 68%. Pada siklus II nilai rata-rata klasikal meningkat menjadi 80 dan persentase klasikal meningkat menjadi 88%. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model PBL berbantuan media pot pertuju dapat meningkatkan hasil belajar aspek pengetahuan peserta didik pada materi sifat komutatif pada penjumlahan di SDN Wonotingal Semarang.
References
Aida, W. dan R. Antoni. 2017. “Basic Components Of Micro Teaching Skill At Third Year Students FKIP Universitas Pasir Pangaraian”. Journal of English Education, Vol. 3, Nomor 2.
Asmadawati. 2010. “Keterampilan Mengelola Kelas”. Logaritma, Vol. II, Nomor 2.
Aqib, Z. et.all. 2013. Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran (inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Ayuwanti, Irma. 2016. “Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperati Tipe Group Investigation di SMK Tuma’ninah Yasin Metro”. Jurnal SAP, Vol. 1, Nomor 2.
Bahri, Syaiful. 2018. “Implementation of Think Talk Write (TTW) Learning Model To Increas Learning Result Write Poetry On Grade 5 Elementary School”. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, Vol. 4, Nomor 1
Daryanto. 2013. Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrama Widya.
Esema, D., Susari, E., & Kurniawan, D. (2012). Problem-Based Learning. Satya Widya, 28(2), 167-174.
Hidayat, R. et.all. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Think Talk Write Berbantu Media Puzzle terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran IPS SD Negeri Kutosari 02 Batang. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, Vol. 1, Nomor 3:179-185.
Kosasih, E. 2015. Strategi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Yrama Widya.
Kristianingsih, D.D. et.all. 2010. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Inkuiri dengan Metode Picturial Riddle pada Pokk Bahasan Alat-alat Optik di SMP”. Jurnal Fisika Indonesia, Vol. 6: 10-13.
Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mu’awwanah, Uyu. 2016. “Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia SD/MI”. Jurnal Handayani (JH), Vol. 6, Nomor 1: 69-81.
Mulia. D.S. dan Suwarno. 2016. “PTK (penelitian Tindakan Kelas) dengan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal dan Penulisan Artikel Ilmiah di SD Negeri Kalisube, Banyumas”. Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol. IX, Nomor 2.
Mulyasa. 2007. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Murtono. 2017. Model-model Pembelajaran Inovatif. Wade Group: Jawa Timur.
Nasution, M. K. 2017. “Penggunaan Metode Pembelajaran dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa”. Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, Vol. 11, Nomor 1.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta:Ar-ruzz Media.
Supriatna, E. Dan W,C, Arif. 2015. “Keterampilan Guru dalam Membuka dan Menutup Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMAN Se-Kota Pontianak”. Jurnal Pendidikan Olahraga, Vol. 11, Nomor 1.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Grup.
Sutrisno, V. L. P. dan Siswanto, BT. 2016. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran raktik Kelistrikan Otomotif SMK di Kota Yogyakarta”. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol. 6, Nomor 1: 111-120.
Vellayati, S. 2017. “Analisis Aktivitas Belajar Siswa dan Aktivitas Pembelajaran Guru pada Mata Pelajaran Kimia (Studi Kasus di SMA Negeri 8 Banda Aceh Tahun 016/2017)”. Prosiding Sreminar Nasional MIPA III. 30 Oktober 2017, Langsa Aceh: 119-126.