Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Quizizz Pada Materi Fungsi Komposisi Dan Fungsi Invers Kelas XI Ph 1 SMKN 6 Semarang
Keywords:
Hasil Belajar, Problem Based learning, QuizizzAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning menggunakan media Quizizz terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada siswa kelas XI PH 1 SMKN 6 Semarang dengan subjek penelitian 34 siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus, yang setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Variabel bebas pada penelitian ini adalah Problem Based Learning menggunakan media Quizizz, sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan. Pada aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 66% dan siklus II meningkat menjadi 79,5%. Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 70% dengan rata-rata nilai 75, pada pertemuan 1 memperoleh 67% dan mengalami peningkatan pada pertemuan 2 memperoleh 73%. Pada siklus II meningkat menjadi 89% dengan rata-rata nilai 82, pada pertemuan 1 memperoleh 88% dan mengalami peningkatan pada pertemuan 2 memperoleh 91%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dapat meningkat melalui model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Quizizz di kelas XI PH 1 SMKN 6 Semarang.
References
Anugraheni. (2018). META ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DI SEKOLAH DASAR [A META-ANALYSIS OF PROBLEM-BASED LEARNING MODELS IN INCREASING CRITICAL THINKING SKILLS IN ELEMENTARY SCHOOLS]. POLYGLOT: JURNAL ILMIAH.
Asriningtyas A.N, K. F. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa kelas 4 SD. JIPMat .
Chaiyo. (2017). Pengaruh Kahoot, Quizizz dan Google Form Terhadap Persepsi Siswa Pada Sistem Respon Kelas. Jurnal Universitas Chiang Rai.
Fakhriyah. (2016). Pengaruh Model Problem Based Instruction dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Konseling Gusjigang, 781-790.
Falahudin. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 104-117.
Herawati. (2021). Media Pembelajaran Karakter Anak Usia Dini dengan Pendekatan Animasi 2D untuk Meningkatkan Pengetahuan Anak pada Raudhatul Athfal Albarokah. Jurnal Insan Unggul , 143-169.
Hesti Mahardika Astuti, W. B. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Mimbar Ilmu, 223-250.
Irfana, S. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dalam Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Journal of Professional Elementary Education (JPEE), Vol.1 No.1.
Jana M & Dasar P. (2018). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Penguatan Kemampuan Matematika Dasar Siswa SMA Melalui Kegiatan Matrikulasi History Artikel.
Kunandar. (2012). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rajawali Pers.
Lestari D.I, P. A. (2016). Pengembangan Media Komik IPA model PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis dan Sikap Ilmiah. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 145.
Lestari, P. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II SD N Peterongan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8589-8596.
Nabillah, T. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Sesiomadika.
Nur, M. (2019). Sikap Keragaman Peserta Didik Terhadap Lingkungan Sekolah. Jurnal Al-Ibrah, Vol.7 No.2.
Nurhadi. (2004). Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: UM Press.
Pertiwi, A. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru , 331-339.
Santosa, H. (2022). Efektivitas Penggunaan Model Project Based Learning dengan Media Powerpoint Interaktif Terintegrasi iSpiring terhadap Materi Sistem Tata Surya Ditinjau dari Hasil