PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL BERBANTUAN PAGAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS IVA SDN PEDURUNGAN KIDUL 01
Keywords:
Problem Based Learning\, Papan Bergambar, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini berawal dari refleksi guru terhadap kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Dalam proses pembelajaran terlihat bahwa hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila di kelas IVA SDN Pedurungan Kidul 01 masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi mengenai hasil belajar siswa kelas IVA SDN Pedurungan Kidul 01 dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan PAGAM (Papan Bergambar). Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IVA di SDN Pedurungan Kidul 01 yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Rancangan penelitian ini meliputi, (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan (observasi), dan (4) refleksi. Data dikumpulkan dengan observasi dan tes hasil belajar. Analisi data dilakukan dengan teknik presentase. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I, yaitu 71,1 dengan presentase ketuntasan 68% meningkan menjadi 85,9 dengan presentase ketuntasan 96% pada siklus 2. Dengan demikian, model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan PAGAM (Papan Bergambar) terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVA SDN Pedurungan Kidul 01.
References
Arif, D. B. (2016). Pengembangan komponen kompetensi kewargaan dalam buku teks Pendidikan Pancasila Sekolah Dasar. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 13(1).
Arjanggi, F. D., Sudargo, S., & Kartinah, K. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(4), 291-295.
Astutik, Ida Sri. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran “Kalingga” Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Perkalian dan Pembagian. http://idealmathedu.p4tkmatematika.org/articles/IME-V5.9-35- Astutik.pdf . Artikel. Diakses 12 September 2023
Asido, B. T. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Papan Musi Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Faktor Persekutuan Terbesar. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 1(1), 87-95.
Daryanto dan Muljo, R. (2012). Model Pembelajaran Inovatif (G. Media, ed.). Yogyakarta.
Kartinah, K., Rahmawati, D. T., & Prasetyowati, D. (2019, August). Efektivitas Model Pembelajaran Problem-Based Learning (Pbl) Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Viii Smp. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Vol. 4, pp. 388-392).
Lestari, R. O., Prayito, M., & Reffiane, F. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Miniatur Denah Lokasi Tema 3 Subtema 1 Kelas II Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 2590-2600.
Muhammad, F. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Ar-Ruzz Media.
Munisah, E. (2020). Artikel Pengelolaan Media Pembelajaran Sekolah Dasar. Edukasi Lingua Sastra, 18(1), 23-32.
Pertiwi, W. D. D., Roshayanti, F., Untari, M. F. A., & Mulyani, M. (2023). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning Berbantu Media Lagu Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SD Negeri Pedurungan Kidul 01. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(2), 597-602.
Sanjaya, W. (2014). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan(2009th ed.; Kencana Prenada Media, ed.). Retrieved from Kencana Prenada Media
Trianto. (2011a). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. 92
Zaini, H. (2015). Strategi Pembelajaran(I. Mandiri, ed.). Yogyakarta.