Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model PBL Berbantuan Media Audio Visual Kelas VI SDN Peterongan

Authors

  • Savita Rizky Maulida Universits PGRI Semarang

Keywords:

Model PBL, Media Audio Visual, Audio Visual Media, Learning Outcomes

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini  adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui model Problem Based Learning berbantuan media audio visual kelas VI SDN Peterongan. Adapun permasalah yang terjadi yaitu peserta didik cenderung pasif pada saat pembelajaran dan guru belum menggunakan pembelajaran yang bervariasi, hal tersebut dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik yang rendah. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas VI SDN Peterongan dengan subjek penelitian 28 siswa dan guru yang berlangsung selama 2 siklus dan 2 pertemuan tiap siklusnya. Penelitian ini dilakukan dari tahap perencanaan, tindakan dan pengamatan, dan refleksi. Data penelitian berupa hasil belajar yang diambil dengan teknik tes pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan pada siklus I dan siklus II. Pada saat prasiklus rata-rata hasil belajar 60 dengan persentase 42,85%, pada siklus I terjadi peningkatan hasil belajar dengan rata-rata 71,42 dengan persentase 64,28%, selanjutnya pada siklus II terjadi peningkatan kembali dengan rata-rata 81,07 dengan persentase 82,14%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning berbantuan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik terutama pada pembelajaran IPA. 

References

Abdullah, Sani Ridwan. (2014). Pembelajaran Saintifik Untuk Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Agus, Jufri. dkk. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPS Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4 (5).

Agustiana, I. G. A. T, dkk. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berpendekatan Saintifik Berbasis Masalah Terhadap Disiplin dan Hasil Belajar IPA. Mimbar PGSD Undiksha, 8 (1).

Aliyyah. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Sosial Humaniora, 8 (2).

Aliyyah, R., R., dkk. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran. Jurnal Sosial Humaniora, 12 (1).

Andriani, E. Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Hasil Belajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6 (1).

Aqib, Zainal, dkk. (2010). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD SLB TK. Bandung: Yrama Widya.

Berutu, M. H. A. (2018). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA SE-Kota STABAT. Jurnal Biolokus, 1 (2).

Eismawati. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Matematika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 3 (2).

Indra, W. (2021). Pengembangan Media Games IPA Edukatif Berbantuan Aplikasi Appsgeyser Berbasis Model PBL untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan Siswa Sekolah Dasar. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 9 (1).

Jacub. T. A., dkk. (2020). Model PEMBELAJARAN Problem Based Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar IPS. Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 2 (2).

Kahfi. (2021). Efektivitas Pembelajaran Kontekstual dengan Menggunakan Media Audiovisual dalam Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Siswa pada Pembelajaran IPS Terpadu. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7 (1).

Nurparida. (2021). Efektivitas Media Audio Visual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Terpadu Kelas VII MTs. Al Yusufiah. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 5 (1).

Pamungkas, dkk. (2019). Peningkatan Proses dan Hasil Belajar IPA Kelas 5 Tema 6 Subtema 3 dengan Model Pembelajaran Discovery Learning. Jurnal Basicedu, 3 (1).

Purnami, N, M, S., & Saskara, I. A. N. (2016). Analisis Pengaruh Pendidikan dan Kontribusi Sektor Pertanian Terhadap Pertumbuhan Ekonomi serta Jumlah Penduduk Miskin. E-Jurnal EP Unud, 5 (11).

Putrayasa, I. M., Syahruddin, S. P., & Margunayasa, I. G. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. MIMBAR PGSD Undiksha, 2 (1).

Sanjaya, Wina. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sanjaya, Wina. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sujana, dkk. (2021). Meningkatnya Hasil Belajar IPA Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5 (2).

Thobroni, M. (2015). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Yunitasari, I. (2021). Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5 (4).

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Savita Rizky Maulida. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model PBL Berbantuan Media Audio Visual Kelas VI SDN Peterongan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2978–2987. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5459

Issue

Section

Prosiding 2023