Upaya Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik Melalui Model PBL Berbantu Media Audio Visual Kelas V
Keywords:
Minat Belajar, Model Problem Based Learning, Media Audio VisualAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengupayakan peningkatkan minat belajar peserta didik kelas V C SDN Sendangmulyo 02. Populasi dan sampel pada penelitian adalah peserta didik kelas V C SDN Sendangmulyo 02 Semarang dengan jumlah sebanyak 28 peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain berupa : observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis Miles yang terdiri atas empat tahapan yang harus dilakukan di antaranya perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus dan setiap siklus terdiri atas dua kali pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata minat belajar peserta didik pada siklus I yaitu 69% dengan kategori cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu 78% dengan kategori baik. Rata-rata keseluruhan persentase minat belajar sudah mencapai 78% lebih, sehingga peneliti menyatakan bahwa penelitian ini sudah mencapai keberhasilan. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning berbantu media Audio Visual dapat meningkatkan minat belajar peserta didik.
References
Arikunto, S. 2017. Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Ali Asmi, Hendri Neldi, Khairuddin. 2018. Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PJOK Melalui Metode Bermain Pada Kelas VIII-4 SMPN 2 Batusangkar. Jurnal Menssana, 3 (1), 33-44
Baswika Amirotul Fadlilah. 2019. Upaya Meningkatkan Minat Belajar IPA denagn Menerapkan Media Diorama Kelas 4 . Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 14 (8), 1347-1358.
Friantina, Rizki Nurhana, Winata, Rahma. 2019. Analisis Minat Belajar PadaPembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4 (1), 6-11.
Khoir, Ni’matul, dkk. 2019. Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Metode Reward and Punishment di MTS. Factor M : Focus Action of Research Mathematic, 1 (2), 160-178.
Kunandar.2010. Langkah Mudah Menulis Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. Rajawali Pers
Kusumah, Wijaya dan Dedi Dwitagama.
Mengenal Penelitian Tindakan
Kelas. Jakarta: PT. Indeks.
Meilinda. 2009. Meningkatkan Minat
Belajar Sejarah Siswa melalui
Pembelajaran Kooperatif Teknik Time
Token. FIS UNP.
Oemar Hamalik,Perencanaan Pengajaran
Berdasarkan Pendekatan
Sistem,(Jakarta : PT Bumi Aksara,
Sudjana, Nana. 2004. Dasar-dasar Proses
Belajar Mengajar. Bandung: Sinar
Baru Algessindo
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan
Pembelajaran di Sekolah Dasar.
Jakarta: Kencana Prenada Media
Group.
Undang-undang No 20 Tahun 2003
Tentang Sistem Pendidikan
Nasional