Upaya Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik Melalui Model PBL Berbantu Media Audio Visual Kelas V

Authors

  • Muhammad Machmud Hidayat Universitas PGRI Semarang
  • Farida Nursyahidah Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Minat Belajar, Model Problem Based Learning, Media Audio Visual

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengupayakan peningkatkan minat belajar peserta didik kelas V C SDN  Sendangmulyo 02. Populasi dan sampel pada penelitian adalah peserta didik kelas V C SDN Sendangmulyo 02 Semarang dengan jumlah sebanyak 28 peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain berupa : observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis Miles yang terdiri atas empat tahapan yang harus dilakukan di antaranya perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus dan setiap siklus terdiri atas dua kali pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata minat belajar peserta didik pada siklus I yaitu 69% dengan kategori cukup  dan  mengalami  peningkatan  pada  siklus  II  yaitu  78%  dengan  kategori baik.  Rata-rata keseluruhan persentase minat belajar sudah mencapai 78% lebih, sehingga peneliti menyatakan bahwa penelitian ini sudah mencapai keberhasilan. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem Based Learning berbantu media Audio Visual dapat meningkatkan minat belajar peserta didik.

References

Arikunto, S. 2017. Penelitian Tindakan Kelas Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Ali Asmi, Hendri Neldi, Khairuddin. 2018. Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PJOK Melalui Metode Bermain Pada Kelas VIII-4 SMPN 2 Batusangkar. Jurnal Menssana, 3 (1), 33-44

Baswika Amirotul Fadlilah. 2019. Upaya Meningkatkan Minat Belajar IPA denagn Menerapkan Media Diorama Kelas 4 . Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 14 (8), 1347-1358.

Friantina, Rizki Nurhana, Winata, Rahma. 2019. Analisis Minat Belajar PadaPembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4 (1), 6-11.

Khoir, Ni’matul, dkk. 2019. Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Metode Reward and Punishment di MTS. Factor M : Focus Action of Research Mathematic, 1 (2), 160-178.

Kunandar.2010. Langkah Mudah Menulis Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. Rajawali Pers

Kusumah, Wijaya dan Dedi Dwitagama.

Mengenal Penelitian Tindakan

Kelas. Jakarta: PT. Indeks.

Meilinda. 2009. Meningkatkan Minat

Belajar Sejarah Siswa melalui

Pembelajaran Kooperatif Teknik Time

Token. FIS UNP.

Oemar Hamalik,Perencanaan Pengajaran

Berdasarkan Pendekatan

Sistem,(Jakarta : PT Bumi Aksara,

Sudjana, Nana. 2004. Dasar-dasar Proses

Belajar Mengajar. Bandung: Sinar

Baru Algessindo

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan

Pembelajaran di Sekolah Dasar.

Jakarta: Kencana Prenada Media

Group.

Undang-undang No 20 Tahun 2003

Tentang Sistem Pendidikan

Nasional

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Hidayat, M. M. ., & Nursyahidah, F. . (2023). Upaya Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik Melalui Model PBL Berbantu Media Audio Visual Kelas V. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 2917–2924. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5452

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)