Peningkatan Hasil Belajar Ipas Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas Iv SDN Karanganyar Gunung 02
Keywords:
IPAS, Project Based Learning, Audio Visual, PTKAbstract
Peserta didik kelas IVB di SDN Karanganyar Gunung 02 Semarang, yang mengikuti muatan IPAS, berjumlah 25 orang. Setelah melakukan observasi pembelajaran di kelas tersebut, ditemukan bahwa peserta didik cenderung pasif karena metode pembelajaran yang hanya mengandalkan ceramah. Hal ini mengakibatkan hasil belajar yang kurang optimal, terlihat dari nilai tes IPAS yang banyak di antara mereka mendapat nilai rendah, di bawah KKM yang ditetapkan sebesar 70. Rata-rata nilai dari 25 peserta didik adalah 59,65. Untuk mengatasi permasalahan ini, penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dilakukan penelitian dengan pra siklus, siklus 1 dan siklus 2. Setiap pertemuan mencakup empat tahap: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan media Audio Visual menghasilkan peningkatan yang signifikan. Rata-rata nilai siklus I yang awalnya 69,04 meningkat menjadi 88,19 pada siklus II. Dalam model ini, peran guru berubah menjadi fasilitator yang mengatur dan mengawasi proses belajar. Kelebihan dari PBL adalah peserta didik dapat lebih aktif dalam memecahkan masalah dalam kelompok, serta mampu mentransfer pemikiran dengan baik kepada anggota kelompok lainnya. Model ini juga mendorong peserta didik untuk berpikir kritis dan terlibat lebih aktif dalam pembelajaran.
References
Anggriani, R., & Ishartiwi, I. (2017). Keefektifan metode role playing terhadap keaktifan dan kerja sama peserta didik dalam pembelajaran IPS. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 4(2), 212-221.
Anjelina, L. (2022). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN 01 Baringin Anam Kabupaten Agam. (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).
Annisa, Rifki, dkk. (2017). Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Pengaruhnya Terhadap Peningkatan Kemandirian Peserta didik Dalam Pembelajaran Hidrolisis Garam Di SMA 4 Kota Jambi. Jambi: Universitas Jambi.
Azzahra, U., Arsih, F., & Alberida, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project-Based Learning (Pjbl) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi: Literature Review. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 3(1), 49-60
Deliany, N., Hidayat, A., & Nurhayati, Y. (2019). Penerapan Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik di Sekolah Dasar. Educare, 90-97.
Depila, D., Mulyasari, E., & Riyanti, E. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Kerjasama Peserta Didik Kelas III Di Sdn 096 Sarijadi Selatan, Bandung. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 1459- 1468.
Hidayah dkk., Sugiarto, R., & Rais, P. (2022) Peningkatan Pemahaman Ipa Peserta Didik SD: Sebuah Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Pemecahan Masalah. Vol. 14, No. 02 (Juli-Desember) 2022.
Kumalasari, I. D., Yulia, Y., & Khosiyono, B. H. C. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Berbasis Hots Peserta Didik Kelas IV. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 5223-5324.
Masrinah, Enok Noni dkk. 2019. Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2019 “Literasi Pendidikan Karakter Berwawasan Kearifan Lokal pada Era Revolusi Industri 4.0”. 8 Agustus 2019.
Murniarti, E. (2022). Penerapan Metode Project Based Learning dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1), 1-11.
Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49–60. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283.
Rahayu, H., Purwanto, J., & Hasanah, D. (2017). Pengaruh model pembelajaran project based learning (pjbl) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1).
Rekysika, N. S. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Kerja Sama Melalui Kegiatan Kerja Kelompok Di Kelompok A Tk N Trukan Siwates Kaligintung Temon Kulon Progo. Pendidikan Guru PAUD S-1.
Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).
Setiawan, T., Sumilat, J. M., Paruntu, N. M., & Monigir, N. N. (2022). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9736-9744.
Sumarni, I. (2020). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta didik Dalam Mata Pelajaran IPA Tentang SifatSifat Cahaya di Kelas VA Semester II Bagi Peserta didik SD Negeri Bantarkemang 1 Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1).