299. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui PBL Berbasis Media Audio Visual Dikelas V SDN SD 01 Wergu Wetan

Authors

  • Achmad Asrori
  • Sukamto
  • Dewi Rinawati

Keywords:

Problem Based Learning, Hasil Belajar Siswa, Audio Visual

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran problem based learning pada media audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 01 Wergu Wetan. Informasi tentang penguasaan siswa terhadap materi yang diajarkan diperoleh dari tes pada setiap akhir siklus. Sementara itu, dengan bantuan formulir observasi di PPL I diperoleh informasi tentang kinerja siswa dan proses pelaksanaan pembelajaran guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran melalui model pembelajaran berbasis masalah atau Problem Based Learning dengan media audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Nilai persentase rata- rata Ketuntasan siswa pada periode pra siklus sebesar 54 % dan pada periode Siklus I meningkat hingga 71 %-79% untuk persentase ketuntasanya dan untuk Siklus II 82 %-89%,. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SD 01 Wergu Wetan

 

 

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Asrori, A. ., Sukamto, & Rinawati, D. . (2023). 299. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui PBL Berbasis Media Audio Visual Dikelas V SDN SD 01 Wergu Wetan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2678–2687. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4400

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)