225. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas III SD Negeri Sendangmulyo 02

Authors

  • Riannisa Arumasharroh Universitas PGRI Semarang
  • Veryliana Purnamasari Universitas PGRI Semarang
  • Yenny Rachmawati SD Negeri Sendangmulyo 02

Keywords:

aktivitas belajar, hasil belajar, Problem Based Learning (PBL)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran tematik di kelas III A SD Negeri Sendangmulyo 02 pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini berjenis Penelitian Tindakan Kelas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil observasi pada proses pembelajaran digunakan sebagai data kualitatif dan tes evaluasai peserta didik digunakan sebagai data kuantitatif. Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar peserta didik kelas III A SD Negeri Sendangmulyo 02 pada pembelajaran tematik Tema 7 Subtema 3 Perkembangan Teknologi Komunikasi. Terdapat peningkatan meningkatnya rata-rata aktivitas belajar peserta didiik dari kondisi awal sebesar 49% termasuk dalam kategori kurang. Pada siklus I meningkat menjadi 70% dalam kategori cukup, sedangkan pada siklus II rata-rata aktivitas belajar peserta didik mencapai 82% dalam kategori baik. Hal tersebut juga didukung dengan hasil tes evaluai. Dari hasil tes evaluasi pada siklus I terdapat 19 peserta didik yang tuntas dan meningkat menjadi 23 peserta didik pada siklus II.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Arumasharroh, R., Purnamasari, V., & Rachmawati, Y. (2023). 225. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas III SD Negeri Sendangmulyo 02. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2013–2019. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4254

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)