239. Penerapan Model PBL Berbantuan Media Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema 7 Perkembangan Teknologi dan Komunikasi Kelas III SDN Sendangmulyo 02 Semarang

Authors

  • Uswatun Khasanah Universitas PGRI Semarang
  • Veryliana Purnamasari Universitas PGRI Semarang
  • Suherni SD Negeri Sendangmulyo 02

Keywords:

PBL, Media Visual, Hasil belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IIIB SDN Sendangmulyo 02 Semarang pada Tema 7 Teknologi Komunikasi melalui model pembelajaran PBL berbantuan media Visual. Peneltian dilakukan selama dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Tahapan PTK terdiri dari empat tahapan yakni, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III B SDN Sendangmulyo 02 Semarang berjumlah 25 peserta didik. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Teknik Pengumpulan data melalui observasi dan tes evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL berbantuan media visual mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III B pada Tema 7 Perkembangan Teknologi di SDN Sendangmulyo 02 Semarang. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar. Pada siklus I diperoleh presentae  rata-rata klasikal hasil belajar aspek kognitif sebesar 76% kategori baik, pada diklus II mengalami peningkatan rata-rata klasikal hasil belajar sebesar 92%, kategori sangat baik. Sedangkan pada aspek psikomotorik siklus I diperoleh rata-rata klasikal sebanyak 80% kategori baik, pada siklus II mengalami peningkatan dengan peorlehan rata-rata klasikal 96% kategori sangat baik.

Downloads

Published

2023-07-03

How to Cite

Khasanah, U. ., Purnamasari, V., & Suherni. (2023). 239. Penerapan Model PBL Berbantuan Media Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema 7 Perkembangan Teknologi dan Komunikasi Kelas III SDN Sendangmulyo 02 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 2129–2135. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4292

Issue

Section

Prosiding 2023

Most read articles by the same author(s)