239. Penerapan Model PBL Berbantuan Media Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema 7 Perkembangan Teknologi dan Komunikasi Kelas III SDN Sendangmulyo 02 Semarang
Keywords:
PBL, Media Visual, Hasil belajarAbstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IIIB SDN Sendangmulyo 02 Semarang pada Tema 7 Teknologi Komunikasi melalui model pembelajaran PBL berbantuan media Visual. Peneltian dilakukan selama dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Tahapan PTK terdiri dari empat tahapan yakni, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III B SDN Sendangmulyo 02 Semarang berjumlah 25 peserta didik. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Teknik Pengumpulan data melalui observasi dan tes evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL berbantuan media visual mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III B pada Tema 7 Perkembangan Teknologi di SDN Sendangmulyo 02 Semarang. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar. Pada siklus I diperoleh presentae rata-rata klasikal hasil belajar aspek kognitif sebesar 76% kategori baik, pada diklus II mengalami peningkatan rata-rata klasikal hasil belajar sebesar 92%, kategori sangat baik. Sedangkan pada aspek psikomotorik siklus I diperoleh rata-rata klasikal sebanyak 80% kategori baik, pada siklus II mengalami peningkatan dengan peorlehan rata-rata klasikal 96% kategori sangat baik.