220. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Menentukan Ide Pokok Paragraf dengan Teknik Membaca Intensif
Keywords:
Hasil Belajar, Membaca IntensifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi menentukan ide pokok paragraf dengan teknik membaca intensif di SDN SendangMulyo 02. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak tiga siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali tatap muka atau pertemuan dan setiap pertemuan terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi Subyek penelitian adalah siswa kelas III SDN Sendang Mulyo 02 yang berjumlah 28 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi.validasi data. hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan pendekatan teknik membaca intensif pada materi menentukan ide pokok paragraf dapat meningkatkan hasil belajar siswa.