Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Papan Jurang untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas II SDN Karanganyar Gunung 02
Keywords:
Problem Based Learning, Papan Jurang, Hasil Belajar, MatematikaAbstract
Penelitian bertujuan menganalisis penerapan model Problem Based Learning berbantuan media Papan Jurang untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan pada siswa kelas II di SDN Karanganyar Gunung 02 dengan subjek penelitian 27 siswa. Penelitian dilaksanakan selama 2 siklus yang setiap silus terdiri dari 2 pertemuan. Variabel bebas pada penelitian ini adalah Model Problem Based Learning dan Media Papan Jurang. Sedangkan, variable bebas adalah Hasil Belajar Matematika. Tahap penelitian terdiri dari: perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan tes setiap siklus. Teknik analisis data yakni teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terbukti hasil tes awal atau prasiklus dari 27, 6 siswa persentase 22% (Tuntas) dan 21 siswa persentase 73% (Tidak Tuntas). Mengalami peningkatan pada hasil tes siklus I memperoleh 12 siswa persentase 44,4% (Tuntas) dan 15 siswa persentase 55,6% (Tidak Tuntas. Sedangkan, pada siklus II dilakukan refleksi sehingga mengalami peningkatan dari siklus I dengan capaian ketuntasan 22 siswa persentase 81,5% (Tuntas) dan 5 siswa persentase 18,5% (Tidak Tuntas). Dengan itu dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media Papan Jurang dapat meningkatkan hasil belajar Matematika khususnya pada aspek pengetahuan di kelas II SDN Karanganyar Gunung 02”.
References
Amir et al. (2020). Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Tematiksiswa Sekolah Dasar. Uniqbu Journal of Social Sciences (UJSS), 1(2), 22-34.
Arfiani et al. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model PBL Berbantuan Media Papan Penjumlahan dan Pengurangan di SD 2 Mijen. Seminar Nasional PPG UPGRIS, 1771- 1779.
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta :Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri, dkk. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: RinekaCipta
Kadir, A. (2012). Dasar- Dasar Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Lidnillah, A. H., & Mawardi, I. (2015). Praktik Gharar Pada Hubungan Bisnis UMKM-Eksportir Furnitur di Jepara. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 2(2). 108-127. doi: https://doi.org/10.20473/vol2iss20152pp108-129.
Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implentasi Pemikiran Kurikulum. Bandung : Rosdakarya.
Sari, P.S., & Wasitohadi, W. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Papan Pecahan untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Muatan Pelajaran Matematika Siswa Kelas 4 SD N Kopek Kecamatan Godong. Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 166-174.
Setyowati, Punaji. (2014). Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif dan Berkualitas. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, Vol. 1 No. 1.
Wahyuningsih, et al.(2013). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Langsung dengan Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Matematika, 3 (2), 52-63.