Peningkatan Hasil Belajar Ipas Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Peta Edukasi (Petaedu) Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Nabilah Hanun Nur Aisyah Universitas PGRI Semarang
  • Mei Fita Asri Untari Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Problem Based Learning, Petaedu, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar IPAS dari peserta didik SDN Rejosari 01 Semarang kelas 5B semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 melalui model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media pembelajaran Peta Edukasi (Petaedu). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan 3 jenis yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh berupa nilai tes IPAS pada akhir siklus I dan akhir siklus II. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif komparatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar IPAS. Peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari nilainya yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal, sebelum tindakan pada pra siklus (41%), siklus I (70%), dan siklus II (85%). Berdasarkan uraian tersebut, disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL berbantuan media pembelajaran Petaedu dapat meningkatkan hasil belajar IPAS peserta didik.

References

Anitasari, S., & Hadi, F. R. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PBL BERBANTUAN MEDIA KONKRET MATEMATIKA KELAS IV SDN 1 SUKOREJO. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2218-2235.

Astutik, Ida Sri. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran “Kalingga” Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Perkalian dan Pembagian.

Azizah, M., Rofian, R., & Sholikhah, I. R. (2021). PENGGUNAAN MEDIA MONTASE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(1), 65-69

DAHLAN, U. A. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MAINAN PETA ANAK (MAPENA) MATERI IPS UNTUK SISWA KELAS V SD.

Dedy, S. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Direct Instruction (DI) Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Peserta Didik Kelas V SDN-1 Langkai Palangka Raya. Pedagogik Jurnal Pendidikan, 15(1), 1–9. Retrieved from http://journal.umpalangkaraya.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/1277/1126.

Fahrezi, Iszur, Mohammad Taufiq, Akhwani, dan Nafi’ah. (2020). Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3 (3):408. doi.10.23887/jippg.3i3.28081.

Farhana, Husna., dkk. 2019. Penelitian Tindakan Kelas. http://repository.ubharajaya.ac.id/i d/eprint/6098

Fitriyanti, F, F., & Zikri, A. (2020). Peningkatan Sikap dan Kemampuan Berpikir Ilmiah Siswa melalui Model PBL di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 491–497. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.376.

Fuadiyah, T, & Triwahyuningsih (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Mainan Peta Anak (MAPENA) Materi IPS untuk Siswa Kelas V SD. Universitas Ahmad Dahlan.

Mudrikah, M., Hilyana, F. S., & Bakhruddin, A. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA DIORAMA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA 8 KELAS V SD NEGERI WEGIL. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 429-438.

Puspita, E. I., Heryanto, D., & Sari, W. (2023). PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PROBLEM BASED LEARNING) BERBANTUAN PERMAINAN “MARI MENCARI HARTA KARUN” UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 1526-1535.

Putri, A. A. A. (2018). Pengaruh model pembelajaran PBL berbantuan media gambar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III SD. Journal for Lesson and Learning Studies, 1(1), 21-23.

Ramdhini, Rachmi. (2023). Penerapan Problem Based Learning Berbantuan Media Kartu Asean untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas 6 SD. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 2 (1),1-10. https://doi.org/10.56855/jpsd.v2i1. 99

Rusydiyah, E. F. (2020). Media Pembelajaran Problem based learning. In Emergency Medicine Journal.

Santoso, M. (2019). Rancang Bangun Game Edukatif Duta Indonesia (Dadu Dan Peta) Indonesia. Konstruktivisme, 11(1).

Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sitem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Presiden Republik Indonesia.

Veronica, I., Subekti, E. E., & Tsalatsa, A. N. (2019). Pengembangan media pembelajaran scrapbook pada pembelajaran tematik Kelas I SD N Taman Sari 01 Pati. Jurnal Sinektik, 2(1), 26

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Nur Aisyah, N. H. ., & Asri Untari, M. F. . (2023). Peningkatan Hasil Belajar Ipas Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Peta Edukasi (Petaedu) Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 3223–3232. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5517

Issue

Section

Prosiding 2023