PENERAPAN KONTEKSTUAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI PEMINATAN UNTUK IPS KELAS 11 DI SMA NEGERI 6 SEMARANG

Authors

  • Alief Alfian Universitas PGRI Semarang

Keywords:

pendekatan CTL, hasil belajar kognitif, keaktifan peserta didik, Biologi Peminatan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas      Experiental Learning pada pendekatan kontekstual (CTL) terhadap hasil belajar kognitif dan keaktifan peserta didik kelas 11 di SMA Negeri 6 Semarang pada materi Biologi Peminatan bagi kehidupan dan komponennya. Penelitian ini Penelitian tindakan kelas (PTK) dengan Akhir Perlakuan (XI IPS 3) yang menggunakan pendekatan CTL berbasis Experiental Learning. Data hasil belajar kognitif diperoleh dari tes objektif pilihan ganda (assesment sumatif), sedangkan data keaktifan peserta didik diperoleh dari lembar observasi. Data dianalisis dengan menggunakan Uji T independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan CTL efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif dan keaktifan peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan signifikan antara rata-rata hasil belajar kognitif di awal pembelajaran (89) dan sedangkan pada akhir pembelajaran (96,3) dengan nilai p=0,043. Selain itu, terdapat perbedaan rata-rata keaktifan peserta didik antara Awal Perlakuan (12,3 poin) dan Akhir Perlakuan (13 poin) dengan nilai p=0,116, namun perbedaan ini tidak signifikan. Dari hasil penelitian ini, disarankan agar guru dapat menggunakan pendekatan CTL sebagai salah satu alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar kognitif dan keaktifan peserta didik.

References

Afriani, A. (2018). Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dan Pemahaman Konsep Siswa. Al-Mutaaliyah STAI Darul Kamal NW Kembang Keran, 1(3), 80–88.

Alimah, S., & Marianti, A. (2016). Jelajah alam sekitar: pendekatan, strategi, model, dan metode pembelajaran biologi berkarakter untuk konservasi. Fmipa Unnes, October, 137.

Anjarwati, S. (2018). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Biologi Melalui Model Pembelajaran Experiential Learning Siswa Kelas Viia Smp Negeri 1 Gedung Aji. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 9(1), 27. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v9i1.1379

Azizi, A., Susanto, & Sugeng, D. (2015). Penerapan Model Experiental Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pokok Bahasan Unsur Lingkaran Siswa Kelas VIII SMP Salafiyah Miftahul Huda Jenggawah Tahun Ajaran 2012/2013. Kadikma, 3(1), 113–120.

Basaroh, A. S., Al Muhdhar, M. H. I., Prasetyo, T. I., Sumberartha, I. W., Mardiyanti, L., & Fanani, Z. (2021). Pengembangan E-Modul Model Eksperiental Jelajah Alam Sekitar (Ejas) Pada Materi Plantae. Jurnal Pendidikan Biologi, 12(1), 30. https://doi.org/10.17977/um052v12i1p30-39

Cahyani, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Negeri 1 Kaliwungu Tahun Ajaran 2018/2019. Universitas PGRI Semarang.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.

Hidayah, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kaliwungu Tahun Ajaran 2018/2019. Universitas PGRI Semarang.

M, Alfandi; E, C. S. (2018). Model Pembelajaran Inovatif. Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Munif, I. R. S. M. (2009). Penerapan Metode Experiential Learning Pada Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 5(2), 1–1.

Nur Astuty, E., Syamswisna, & Ariyati, E. (2017). Efektivitas Pendekatan Jelajah Alam Sekitar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem Di Sma. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(5).

Putra, S. H. J. (2021). Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS): Dampaknya terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMP. Journal of Natural Science and Integration, 4(2), 204. https://doi.org/10.24014/jnsi.v4i2.10030

Samsudin, M. (2020). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Belajar. Eduprof : Islamic Education Journal, 2(September). https://doi.org/https://doi.org/10.47453/eduprof.v2i2.38

Sudjana, N. (2009). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Remaja Rosdakarya.

Syamsidah; & Suryani, H. (2018). Buku model problem based learning (PBL) : mata kuliah pengetahuan bahan makanan. Deepublish.

Taukhid, M. (2022). Efektivitas E-LKPD berbasis quick response code dengan model eksperiential jelajah alam sekitar (EJAS) di era pandemi Covid-19. Bioma : Jurnal Ilmiah Biologi, 11(1), 35–49. https://doi.org/10.26877/bioma.v11i1.9593

Tim Penyusun Fakultas Hukum Universitas Udayana. (2016). Buku pedoman problem based learning (PBL). Unit Penjaminan Mutu Fakultas Hukum Universitas Udayana.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Alfian, A. . (2023). PENERAPAN KONTEKSTUAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI PEMINATAN UNTUK IPS KELAS 11 DI SMA NEGERI 6 SEMARANG. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 3565–3575. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5685

Issue

Section

Prosiding 2023