Implementasi Pendekatan Matematika Realistik untuk Perbaikan Keaktifan dan Kognitif Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Pedurungan Lor 02 Semarang
Keywords:
keaktifan, kognitif, matematika realistikAbstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keaktifan dan kemampuan kognitif peserta didik pada pembelajaran matematika pada materi bilangan cacah besar. Keaktifan dan kemempuan kognitif peserta didik kelas IV SD Negeri Pedurungan Lor 02 Semarang tahun ajaran 2023/2024 masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengimplementasikan Pendekatan Matematika Realistik dalam pembelajaran matematika,(2) untuk memperbaiki keaktifan peserta didik dalam pembelajaran matematika,(3)untuk memperbaiki kemampuan kognitif peserta didik dalam pemahaman konsep matematika. Objek dalam penelitian ini adalah keaktifan dan kognitif peserta didik. Sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Pedurungan Lor 02 Semarang tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 30 peserta didik. Data diperoleh dengan melalui lembar pengamatan keaktifan dan tes formatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan Pendidikan Matematika Realistik dapat meningkatkan keaktifan dan kognitif peserta didik kelas IV SD Negeri Pedurungan Lor 02 Semarang. Pra siklus rata-rata persentase keaktifan sebesar 53,33% menjadi 71,11% pada siklus I, pada siklus II meningkat menjadi 95,55%. Peningkatan rata-rata persentase keaktifan dari siklus I ke siklus II sebesar 24,45%. Rata-rata hasil tes formatif peserta didik dari pras siklus 61,73 meningkat menjadi 76,56 pada siklus I dan pada siklus II menjadi 88. Peningkatan rata-rata hasil tes formatif dari siklus I ke siklus II sebesar 14,59. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui pendekatan matematika realistik dapat memperbaiki keaktifan dan kemampuan kogitif peserta didik kelas IV SD Negeri Pedurungan Lor 02 Semarang materi bilangan cacah besar .
References
Dyah Anungrat Herzamzam. (2018). PENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Visipena Journal, 9(1), 67–80. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i1.430
Farida, B. (2018). PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DALAM PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 4 TANGGUNG. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 81. https://doi.org/10.30659/pendas.4.2.81-90
Jeheman, A. A., Gunur, B., & Jelatu, S. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 191–202.https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.454
Mubarak, W. I. (2011). Promosi Kesehatan untuk Kebidanan. Salemba Medika.