Implementasi Pendekatan Matematika Realistik untuk Perbaikan Keaktifan dan Kognitif Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Pedurungan Lor 02 Semarang

Authors

  • Dewi Na’ima Universits PGRI Semarang
  • Joko Sulianto Universits PGRI Semarang
  • Monica Ratih Purwaningrum Universits PGRI Semarang
  • Yustina Gunarti Universits PGRI Semarang

Keywords:

keaktifan, kognitif, matematika realistik

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keaktifan dan kemampuan kognitif  peserta didik pada pembelajaran matematika pada materi bilangan cacah besar. Keaktifan dan kemempuan kognitif  peserta didik  kelas IV SD Negeri Pedurungan Lor 02 Semarang tahun ajaran 2023/2024 masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengimplementasikan Pendekatan Matematika Realistik dalam pembelajaran matematika,(2) untuk memperbaiki keaktifan peserta didik dalam pembelajaran matematika,(3)untuk memperbaiki kemampuan kognitif peserta didik dalam pemahaman konsep matematika. Objek dalam penelitian ini adalah keaktifan dan kognitif  peserta didik. Sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri Pedurungan Lor 02 Semarang tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 30 peserta didik. Data diperoleh dengan melalui lembar pengamatan keaktifan dan tes formatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan Pendidikan Matematika Realistik dapat meningkatkan keaktifan dan kognitif  peserta didik kelas IV SD Negeri Pedurungan Lor 02 Semarang. Pra siklus rata-rata persentase keaktifan sebesar 53,33% menjadi 71,11% pada siklus I, pada siklus II meningkat menjadi 95,55%. Peningkatan rata-rata persentase keaktifan dari siklus I ke siklus II sebesar 24,45%. Rata-rata hasil tes formatif peserta didik dari pras siklus 61,73 meningkat menjadi 76,56 pada siklus I dan pada siklus II menjadi 88. Peningkatan rata-rata hasil tes formatif dari siklus I ke siklus II sebesar 14,59. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui pendekatan matematika realistik  dapat memperbaiki keaktifan dan kemampuan kogitif  peserta didik kelas IV SD Negeri Pedurungan Lor 02 Semarang materi bilangan cacah besar .

References

Dyah Anungrat Herzamzam. (2018). PENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Visipena Journal, 9(1), 67–80. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i1.430

Farida, B. (2018). PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DALAM PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 4 TANGGUNG. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 81. https://doi.org/10.30659/pendas.4.2.81-90

Jeheman, A. A., Gunur, B., & Jelatu, S. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 191–202.https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.454

Mubarak, W. I. (2011). Promosi Kesehatan untuk Kebidanan. Salemba Medika.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Dewi Na’ima, Joko Sulianto, Monica Ratih Purwaningrum, & Yustina Gunarti. (2023). Implementasi Pendekatan Matematika Realistik untuk Perbaikan Keaktifan dan Kognitif Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Pedurungan Lor 02 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 3366–3371. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5673

Issue

Section

Prosiding 2023

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.