PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SEL MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI
Keywords:
hasil belajar, pembelajaran berdiferensiasi, keaktifanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar biologi pada materi sel melalui pendekatan pembelajaran berdiferensiasi pada peserta didik kelas XI 1 SMA Negeri 2 Semarang Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan jenis penelitian PTK yang dilakukan dalam dua siklus dengan menggunakan model spiral oleh C. Kemiis dan MC. Taggart. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI 1 SMA Negeri 2 Semarang dengan jumlah 36 anak. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument observasi keaktifan dan hasil belajar berupa asesmen formatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keaktifan belajar dengan persentase sebesar 78,7% pada siklus I menjadi 84,6% pada siklus II. Selanjutnya, persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 52,8% dan siklus II meningkat menjadi 86%. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keaktifan dan hasil belajar biologi melalui penerapan pembelajaran berdiferensiasi.
References
Fahrezi, Iszur. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar: Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru. Vol 3 No. 3.
Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182
Kemmis,S. Improving Education through Action Research in Zuber-Skerrit Ortrun, Action research inHigher Education. Brisbane: Griffith University Press, 1999.
Marlina. (2020). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusi. CV.Afifa Utama
Martinis, Y., 2013. Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta:Referensi (GP Press Group).
Sari.2023. Implementasi Model Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa Sekolah Dasar Vol 8 No.2
Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Rusdikarya.
Tomlinson, A.N. (2001). How to differentiate instruction in mixed-ability classrooms. Virginia USA: ASCD.
Ulun, 2013. Pembelajaran Aktif: Teori Dan Asesmen. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Yulianti, Syamswisma, & Ruqiah. (2015). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Learning Cycle. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan, vol. 4, no. 5.