PENINGKATAN KETRAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN AKTIVITAS SISWA KELAS XI MATERI SEL MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN DIFERENSIASI MODEL PJBL

Authors

  • Aufa Salsabila Universitas PGRI Semarang

Keywords:

Ketrampilan berpikir kreatif, aktivitas siswa, PjBl, diferensiasi

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang mengakomodir sesuai dengan kebutuhan siswa baik dari gaya belajar maupun latar belakang siswa.      Project Based Learning salah satu model pembelajaran yang mampu memberikan solusi dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi dengan menciptakan suatu ide atau menciptakan produk dengan memanfaatkan lingkungan yang ada sehingga konsep yang tercipta menjadi lebih kompleks. Aktivitas belajar merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menghasilkan perubahan pengetahuan dan keterampilan pada siswa. Aktivitas belajar berperan terhadap hasil belajar yang akan diperoleh siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Peningkatan Ketrampilan Berpikir Kreatif dan Aktivitas Siswa Kelas Xi Materi Sel Menggunakan Pembelajaran Diferensiasi Model Pjbl. Metode penelitian yang digunakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus masing masing siklus dilakukan dengan empat pertemuan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada setia siklusnya pada ketrampilan berpikir kreatif siklus I sebesar 56% sedangkan pada siklus II sebesar 83%. Kemudian pada aktivitas belajar siswa juga mengalami kenaikan pada setiap aspeknya di setiap siklusnya kenaikan dari siklus I ke siklus II baik dari aspek aktivitas visual yang mengalami kenaikan dari 76,58% menjadi 87,9% yang menandakan bahwa aktivitas siswa pada aspek visual sangat aktif, pada aspek lisan juga mengalami kenaikan yaitu dari 73,46% menjadi 86,73% yang menandakan bahwa aktivitas siswa pada aspek lisan sangat aktif, kemudian pada aspek menulis mengalami kenaikan dari 85,19% menjadi 96,30 yang menandakan bahwa aktivitas siswa pada aspek menulis sangat aktif.

References

Abdul Majid. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.rahma

Ade Ayu Sri Wahyuni (2022), “Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi dalam Pembelajaran IPA,” Jurnal Pendidikan MIPA, Vol. 12, No. 2, Juni 2022 https://ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpm/article/view/562.

Astuti, I. D., Toto, T., & Yulisma, L. (2019). Model project based learning (PjBL) terintegrasi STEM untuk meningkatkan penguasaan konsep dan aktivitas belajar siswa. Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi, 11(2), 93-98.

Elisabet, E., Stefanus, C. R., & Agustina, T. A. H. (2019). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA dengan menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning. Journal of Education, 3(3), 285-291. http://dx.doi.org/10.23887/jear.v3i3.19451

Fadlillah, M. (2017). Aliran Progresivisme Dalam Pendidikan Di Indonesia. Universitas Muhammadiyah Ponorogo: Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran. http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/article/view/322

Fitriyah, A., & Ramadani, S. D. (2021). Pengaruh pembelajaran STEAM berbasis PjBL (Project-Based Learning) terhadap keterampilan berpikir kreatif dan berpikir kritis. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 10(1), 209-226.

Hasmiati, H., Jamilah, J., & Mustami, M. K. (2017). Aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran pertumbuhan dan perkembangan dengan metode praktikum. Jurnal Biotek, 5(1), 21-35.

Mamahit, A. J., Aloysius, D. C., & Suwono, H. (2020). Efektivitas Model ProjectBased Learning Terintegrasi STEM (PjBL-STEM) terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(9), 1284–1289. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Manan, S. (2017). Pembinaan Akhlak Mulia Melalui Keteladanan dan Pembiasaan. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, 15(1), 49-65. http://jurnal.upi.edu/file/05_PEMBINAAN_AKHLAK_MULIA_- _Manan2.pdf

Milla Minhatul Maula, M., Jekti Prihatin, P., & Kamalia Fikri, F. (2014). Pengaruh model PjBL (Project-based learning) terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa pada materi pengelolaan lingkungan.

Rahmadani, N., & Anugraheni, I. (2017). Peningkatan aktivitas belajar matematika melalui pendekatan problem based learning bagi siswa kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 241-250.

Rezeki, R. D., Nurhayati, N. D., & Mulyani, S. (2015). Penerapan metode pembelajaran project based learning (PjBL) disertai dengan peta konsep untuk meningkatkan prestasi dan aktivitas belajar siswa pada materi redoks kelas X-3 SMA Negeri Kebakkramat Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(1), 74-81.

Warsono, Sri. 2016. Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Belajar Siswa. Jurnal Manager Pendidikan. Universitas Bengkulu. https://e-resources.perpusnas.go.id:2218/media/publications/270693-pengel olaan-kelas-dalam-meningkatkan-bel-c0ea1fe6.pdf

Yance, R.D. 2013. Pengaruh Peningkatan Model yulid Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Batipuh Kabupaten Tanah Datar. Pillar Of Physics Education. 1 (April 2013): 48-54.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Salsabila, A. . (2023). PENINGKATAN KETRAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN AKTIVITAS SISWA KELAS XI MATERI SEL MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN DIFERENSIASI MODEL PJBL. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(2), 3591–3598. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/5688

Issue

Section

Prosiding 2023