PENINGKATAN NILAI KINERJA DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM KEGIATAN PROYEK PADA MATERI TRANSPOR MEMBRAN
Keywords:
Berdiferensiasi, Kinerja, Kognitif, ProyekAbstract
Keberhasilan dalam menentukan ketercapaian sebuah tujuan pembelajaran dapat ditinjau dari adanya bukti berupa hasil belajar peserta didik. Kurikulum merdeka memberikan keleluasaan pada guru dalam menggunakan teknik seperti observasi, kinerja dan tes tertulis atau lisan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan nilai kinerja proyek dan hasil belajar kognitif peserta didik pada pelajaran biologi materi transpor membran melalui pembelajaran berdiferensiasi dalam kegiatan proyek. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI 3 SMA N 8 Semarang yang berjumlah 36 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan soal tes kognitif. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan nilai kinerja dari siklus I sebesar 2.99 menjadi 3.78 pada siklus II, dan peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik dengan kategori tuntas pada siklus I sebesar 44% menjadi 88% pada siklus II.
References
Andini, D. W. (2016). “Differentiated Instruction”: Solusi Pembelajaran Dalam Keberagaman Siswa Di Kelas Inklusif Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, Vol. 2(3), 340-349.
Beckmann, H. & Shöllhorn, W. I. (2006). Differenzielles Lernen im Kugelsto Ben. Leistungssport, 1(2), 44–5
Fitria, Devi Kurnia (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Progresivisme pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Filsafat Indonesia, 5 (3), 250-258
Gray, R. (2020). Comparing the constraints led approach, differential learning and prescriptive instruction for training opposite-field hitting in baseball. Psychology of Sport & Exercise 51 (2020) 101797 https://doi.org/10.1016/j.psychsport.2020.101797
Gregory, G. H., & Chapman, C. (2012). Differen-tiated instructional strategies: One size doesn't fit all, 3rd Edition. Singapore: Corwin Press
Henz, D., & Schöllhorn, W. I. (2016). Differential Training Facilitates Early Consolidation in Motor Learning. Frontiers in Behavioral Neuroscience, 10, 199. doi: 10.3389/fnbeh.2016.00199
Herwina, Wiwin. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Belajar Siswa dan Hasil Belajar dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2). 175-181. http://doi.org/10.21009/PIP.352.10. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pip/article/view/22057
Marlina, (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Universitas Negeri Padang.
Pebriyanti, Diantika. (2023). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pemenuhan Kebutuhan Belajar Peserta Didik Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Kridatama Sains dan Teknologi, 5(1), 89-96. https://doi.org/10.53863/kst.v5i01.692 Retrieved from https://jurnal.umnu.ac.id/index.php/kst/article/view/692
Pratama, A. (2022). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(2), 605-626.
Yustina, Syafii, W., Vebrianto, R. (2020). The Effects of Blended Learning and Project-Based Learning on Pre-Service Biology Teachers’ Creative Thinking Through Online Learning in The Covid-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia (JPII), 9(3), 408-420. http://doi.org.10.15294/jpii.v9i3.24706. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/view/24706/10787
Yusup, I.R., Sani,Q.Z.N., Auliya, Q.M. (2021). Media pembelajaran Berbasis Daur Ulang Sampah Untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 dalam Pembelajaran Biologi. Jurnal Bioeduin, 11(2), 137-147. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v11i2.14730. Retrieved from http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/bioeduin/article/view/14730