PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERDASARKAN GAYA BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SEKOLAH DASAR
Keywords:
Hasil Belajar, IPAS, Pembelajaran BerdiferensiasiAbstract
Hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS masih rendah. Hal tersebut dikarenakan pembelajaran belum mengakomodir kebutuhan belajar siswa sehingga rasa antusias siswa selama belajar menjadi berkurang dan pasif. Untuk mengatasi hal tersebut, peneliti menerapkan pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan gaya belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas V mata Pelajaran IPAS. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan observasi, kemudian refleksi. Dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan gaya belajar siswa meliputi diferensiasi konten, proses dan produk dapat mengalami peningkatan dari hasil belajar kognitif. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan dalam pembelajaran pengkondisian kelas lebih ekstra agar pembelajaran berjalan dengan efisien dan memperoleh target proses pembelajaran yang diharapkan.
References
Al Badriyah, Laily Robiah, Pramono, W. G. P., & Prafitasari, A. N. P. (2023). Penerapan Problem Based Learning Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa kelas X di SMAN 1 Kencong. PANDALUNGAN: Jurnal Penelitian Pendidikan, Bimbingan, Konseling dan Multikultural, 1(2), 171-177. Retrieved from https://jurnal.unipar.ac.id/index.php/pandalungan/article/view/1173
Aslan, & Wahyudin. (2020). Kurikulum dalam Tantangan Perubahan. Bookies Indonesia
Cahyani, R., Komarayanti, S., & Hidayah, L. (2023). PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI SMAN 1 JEMBER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. ScienceEdu, 6(1), 1-5. Retrieved from https://jurnal.unej.ac.id/index.php/Scedu/article/view/39643
Cindika, P. A., Sartika, A. D., Bela, B. S., Anggraini, L. I., Wulandari, P., & Indayana, E. (2023). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN IPAS SD/MI. Journal Development and Research in Education, 3(2), 51-65. Retrieved from https://ejournal.khairulazzam.org/index.php/journey/article/view/73
Khofshoh, J., Zuhri, M. S., Purwati, H., & Wibawa, A. (2023). EFEKTIVITAS MODEL DL BERBASIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DAN MODEL PBL TERHADAP HASIL BELAJAR. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 6(2), 1-7. Retrieved from https://www.journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/5223
Sanjaya, W. (2015). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta: Prenada Media
Setyaningrum, I., Nuraini, A. I., & Savitri, E. N. (2023, July). PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING. In Proceeding Seminar Nasional IPA. Retrieved from https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snipa/article/view/2281
Shafira, I., Rahayu, F. F., Rahman, F. R., Mawarni, J., & Fitriani, D. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Berdiferensiasi berdasarkan Gaya Belajar Peserta didik pada Pelajaran Biologi Materi Ekosistem Kelas X SMA. Journal on Education, 6(1), 48-53. Retrieved from https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/2912
Suhana, C. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama
Nawati, A., Yulia, Y., & Khosiyono, B. H. C. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 6167-6180.
Retrieved from https://www.journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/8880
Agustina, N. I. M., & Miyono, N. (2023, July). 34. Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kerjasama dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi SDN Mijen 2 Demak. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (pp. 286-295).
Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/3910
Miqwati, M., Susilowati, E., & Moonik, J. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 30-38.
Retrieved from https://jurnal.ut.ac.id/index.php/penaanda/article/view/4997
Rasuli, I. P. A., Istyowati, A., & Pratiwi, H. Y. (2023). Menciptakan Hasil Belajar Kognitif yang Tinggi pada Materi Vektor Kelas X dengan Model Pembelajaran Discovery Learning yang Terintegrasi dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 3(7), 565-577.
Retrieved from http://journal3.um.ac.id/index.php/fip/article/view/3840
Undang- Undang (2003) Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional